10 Gambar Bunga Anggrek Langka Di Dunia

  • by
Anggrek langka

Bunga Anggrek Langka yang Mulai Dicari Dunia

Anggrek langka di dunia menjadikannya anggrek termahal di dunia, benarkah? Hal ini bisa dibenarkan mengingat semakin langka sesuatu, maka harganya juga akan semakin mahal.

Anggrek adalah bunga yang diketahui memiliki kecantikan yang unik, bahkan beberapa spesiesnya diketahui hanya mekar dalam ratusan tahun sekali. Inilah yang menjadikan beberapa anggrek berikut bunga anggrek terjarang di dunia.

Family keluarga Anggrek (Orchidaceae) merupakan keluarga bunga terbesar bersamaan dengan family Asteraceae. Ada antara 21.950 dan 26.049 spesies yang diketahui saat ini. Anggrek adalah tanaman herba parrenial yang struktur batangnya bukan kayu.

Anggrek menjadi salah satu bunga primadona dengan berbagai corak warna, bau, dan struktur yang memikat. Meskipun termasuk salah satu keluarga bunga terbesar di dunia, sayangnya beberapa spesies Anggrek hanya dapat tumbuh beberapa kali dalam rentang waktu yang lama.

Itulah alasan mengapa beberapa daftar bunga anggek langka di bawah disebut bunga anggrek paling jarang di dunia.

Foto Bunga Anggrek Paling Jarang di Dunia

1. Anggrek Hantu

Anggrek Hantu
Anggrek Hantu

Anggrek langka jenis ini ditemukan pertama kali di Britania Raya pada 1954. Nama latin anggrek jenis hantu adalah Epipogium aphyllum (varietas Eropa)

Anggrek ini dikategorikan anggrek langka karena hanya bisa dilihat sebelas kali dalam 100 tahun berikutnya. Jenis anggrek langka pada gambar memiliki nama latin Dendrophylax lindenii.

Dalam perkembangannya, anggrek hantu yang konon menjadi anggrek langka ini memang memiliki varietas berbeda, tergantung dari asalnya. Anggrek hantu diklasifikasikan dua jenis berdasarkan jenisnya, yakni anggrek hantu Amerika dan Anggrek hantu varietas Eropa.

Dinamakan the ghost orchid karena warnanya yang putih seperti krim dan terkadang pink kecoklatan. Rumpun habitat asli mereka di hutan gelap yang teduh. Ukuran batangngnya cukup kecil, biasanya dibawah 15 cm.

Warnanya yang putih merupakan ciri mencolok dari anggrek hantu Amerika, sedangkan varietas Eropa agak sedikit kekuningan.

2. Anggrek Yellow and Purple Lady Slippers

Cypripedium parviflorum
Yellow Lady Slipper Orchid

Dinamakan Yellow Lady Slipper karena bentuknya yang mirip sandal wanita dengan ciri khas warna kuning keunguan. Biasanya Anggrek ini ditemukan di area London dan beberapa wilayah di Eropa.

Anggrek ini termasuk dalam genus Cypripedium dengan nama lain Cypripedium parviflorum. Anggrek langka ini sebenarnya mirip bunga kantong semar dalam hal penyerbukan. Substansi madu yang diproduksi dalam ‘kantung’ bunganya digunakan untuk menarik serangga.

Keunikan ini yang membuatnya agak berbeda dengan spesies anggrek lain. Kombinasi warna kuning dan keunguan yang unik dan jarang ditemui inilah yang membuat bunga anggrek jenis ini mahal, bahkan menjadi bunga anggrek termahal di dunia.

Perbedaan warna pada spesies anggrek ini sebenarnya tidak hanya kuning, tetapi juga ungu dan putih bersih seperti salju.

Keberadaan bunga ini dilindungi secara hukum di London.

3. Anggrek Kupu-Kupu Hochstetter

Anggrek Kupu-Kupu
Platanthera azorica

Anggrek jenis ini diketahui sebagai salah satu spesies terjarang di daratan Eropa dan sudah sangat jarang ditemui di dunia.

Nama latin bunga anggrek ini Platanthera azorica, nama spesies yang disesuaikan dengan tempat terakhir kali ditemukan.

Bunga anggrek langka ini termasuk dalam genus Phalatanthera. P. azorica Schlt memang menjadi spesies sangat langka ditemukan kembali sekarang diidentifikasi sebagai P. azorica.

Umumnya dinamai anggrek kupu-kupu Hochstetter untuk menghormati ahli botani Jerman Karl Hochstetter. Hochstetter awalnya menemukan spesimen pada tahun 1838 selama ekspedisi ilmiah ke enam dari sembilan Pulau Azores, yang tidak dibedakan dari spesies lain. Bunganya “sangat besar” dibandingkan dengan dua spesies lainnya.

Berbicara tentang langka, Anggrek kupu-kupu ini ditemukan kembali di lereng gunung berapi tunggal di Azora. Meskipun pertama kali didokumentasikan tahun 1838, mendekati hampir dua abad sejak terakhir kali ditemukan.

4. Anggrek Akar Koral Koleman

Hexalectris colemanii
Hexalectris colemanii

Anggrek keunguan yang menakjubkan ini adalah salah satu anggrek terlangka dengan misteri yang nyata. Nama latin anggrek langka ini adalah Hexalectris colemanii. 

Hexalectris colemanii (Coleman’s crested coralroot) adalah anggrek myco-heterotrophic terestrial yang kekurangan klorofil dan hidup sepenuhnya dari nutrisi yang diperoleh dari jamur mikoriza di dalam tanah.

Anggrek ini hanya dapat ditemukan di beberapa pegunungan wilayah Barat Daya. Dikatakan misteri karena hingga saat ini, ilmuwan masih belum menemukan bagaimana reproduksi dan model penyerbukan bunga anggrek ini. Di alam liar, anggrek ini hanya ada sekitar 200-an dan masih sangat jarang ditemukan.

Bunga anggrek langka ini adalah spesies yang sangat langka yang endemik di Arizona selatan, yang diketahui hanya dari tiga wilayah (Pima, Cochise dan Santa Cruz). Bunga anggrek akar Coleman berkerabat dekat dengan H. revoluta dan keduanya terkadang dianggap varietas dari spesies yang sama.

5. Anggrek Sandal Rothschild

Paphiopedilum rothschildianum
Paphiopedilum rothschildianum

Paphiopedilum rothschildianum, umumnya dikenal sebagai Anggrek Emas Kinabalu atau Anggrek Sandal Rothschild.

Anggrek langka ini merupakan jenis anggrek berdaun jernih berukuran besar. Bunganya mekar dengan perbungaan tinggi hingga enam bunga besar.

Bunga yang dinobatkan sebagai bunga anggrek termahal di dunia ini termasuk dalam kelompok Corypetalum. Kelopaknya hampir secara horizontal menutupi mahkota, memberikan penampilan bunga yang sangat khas. Periode berbunga puncak dari April hingga Mei.

Anggrek ini juga dikenal sebagai Anggrek Sumazau karena kelopak sampingnya yang panjang tampak seperti lengan penari Sumazau yang terbentang luas, tarian tradisional Sabah yang paling populer.

Apa yang membuat anggrek ini mahal adalah karena anggrek ini sangat langka. Butuh waktu 15 tahun untuk tumbuh, berkembang, hingga berbunga yang tentunya sangat indah.

6. Anggrek Mulut Naga

Equisetum telmateia orchid

Mulut naga atau swam-pink (Equisetum telmateia) adalah anggrek terrestrial yang sangat langka. Anggrek ini dapat ditemukan di wilayah AS Timur, Kanada Timur, dan Amerika Utara.

Bunga ini adalah bunga anggrek tanpa daun yang sangat indah, dapat tumbuh hingga 15 cm membentuk bunga besar berwarna merah muda atau ungu dengan puncak cincin putih dan kuning.

Bunga anggrek langka ini sebenarnya termasuk dalam golongan bunga anggrek liar. Mereka tumbuh bebas di alam liar, di atas tanah yang memiliki salinitas agak basa dan temperatur lembab.

7. Anggrek Matahari Angkasa Biru

Thelymitra jonesii orchid
Thelymitra jonesii 

Thelymitra jonesii adalah genus anggrek Thelymitra yang sangat terancam punah yang juga sangat dikenal dengan Anggrek Matahari.

Bunga ini disebut Anggrek Matahari karena bunganya hanya akan mekar ketika suhu udara panas. Anggrek ini hanya dapat ditemukan di Tasmania.

Daun anggrek ini bersambung dengan batang, berdaging, hijau gelap dengan dasar kemerahan. Bunga ini dapat tumbuh hingga 6 sampai 21 cm. Spesies ini berbunga dari bulan Oktober hingga awal desember.

Anggrek Angkasa Biru memiliki satu daun tegak, berdaging, linier, hijau tua dan hingga enam bunga biru muda yang relatif kecil hingga biru biru dengan urat yang lebih gelap. Bunga ini juga termasuk anggrek langka yang hanya diketahui dari empat lokasi yang tersebar di dataran pantai yang lembab dan tidak tercemar.

8. Anggrek Rawa Hawai

Platanthera holochila
Platanthera holochila

Bunga anggrek berumbai ini dengan ciri khas daunnya hijau pucat berbentuk telur dengan bunga kuning kehijauan.

Nama latin anggrek ini adalah Platanthera holochila yang mana termasuk dalam genus Platanthera. Anggrek Kupu-Kupu juga diketahui berasal dari genus yang sama. Mereka termasuk tanaman terestrial.

Bunga anggrek langka ini tumbuh dari umbi dan menghasilkan batang tegak setinggi 60 sentimeter (2 kaki). Bunga kuning kehijauan muncul dengan batang tegak.

Banyak aspek siklus hidup tanaman ini yang tidak diketahui, termasuk cara reproduksinya, umurnya, dan faktor pembatasnya dalam beradaptasi.

Bunga anggrek ini adalah salah satu dari tiga spesies anggrek endemik di Hawaii, dan yang paling langka dari ketiganya spesies anggrek lain dalam family yang sama. Bunga anggrek ini tumbuh di hutan dan rawa yang lembab dan basah, di pegunungan, dan di zona subalpine di substrat lava.

9. Anggrek Banteng (Dendrobium taurinum)

Dendrobium taurinum
Dendrobium taurinum

Dendrobium taurinum atau dikenal dengan nama Anggrek Banteng karena kelopaknya yang bengkok seperti tanduk.

Warna anggrek jenis ini bervariasi hijau, ungu dan putih. Ukuran bunga berkisar dari 5 hingga 6,5 cm dan ditemukan di Filipina, serta Provinsi Maluku, Indonesia.

Dendrobium taurinum adalah salah satu spesien anggrek dendro yang unik dan sekarang telah semakin langka dijumpai. Bunga anggrek langka ini pun harganya juga semakin mahal.

10. Anggrek Tiga Burung

Triphora trianthophora
Triphora trianthophora

Triphora trianthophora atau umum disebut dengan Anggrek tiga burung. Sebagian besar dapat ditemukan di wilayah Amerika Utara dan London. Sayangnya, keberadaan anggrek satu ini sangat langka.

Anggrek langka ini adalah tumbuhan kecil abadi dengan batang ungu dan daun hijau kecil seukuran kuku.

Saat pagi, bunganya mekar berwarna merah muda pucat dengan rautan hijau di bibir bunga.

Bunga Anggrek ini tumbuh subur di hutan semi kering, di dekat pangkalan akar pohon kayu.


Itulah beberapa foto anggrek paling jarang di dunia sekaligus menjadikannya anggrek termahal di dunia. Keberadaan mereka yang langka itulah menjadikan beberapa anggrek tersebut dilindungi.

Namun, jika anda ingin menambah koleksi tanaman Anggrek anda, anda bisa membeli secara langsung pada kami. Kunjungi saja: Beli Anggrek Murah Gratis Ongkir Jember dan Lumajang

Jenis anggrek yang kami tawarkan juga beragam. Ada banyak seperti Anggrek bulan, tipe lotus, tipe Dendrobium, dkk. Lebih lengkapnya silahkan berselancar di instagram kami, follow @Angphotorion_Jember

Leave a Reply