15 Manfaat Bunga Anggrek yang Jarang Diketahui

Bunga anggrek biasanya tumbuh di batang pepohonan. Selain memiliki bentuk yang indah, bunga yang sering dijumpai tumbuh di wilayah iklim tropis ini juga menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat bunga anggrek

manfaat bunga anggrek

Manfaat bunga anggrek pada umumnya digunakan sebagai simbol cinta akan keindahan atau kemewahan. Selain berfungsi sebagai simbol cinta keindahan atau kemewahan, anggrek juga memiliki berbagai manfaat sebagai berikut:

1. Mengatasi kejang

Bagi seseorang yang sering mengalami kejang-kejang, maka kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan bunga anggrek. Di dalam bunga anggrek memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi kejang-kejang yang sedang kamu derita.

2. Mengatasi gangguan saraf

Kandungan yang terdapat dalam anggrek dapat membantu kamu terhindar dari berbagai gangguan saraf sehingga dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh gangguan syaraf. 

Bagi kamu yang tidak ingin mengalami gangguan saraf yang menyebabkan penyakit saraf lainnya, kamu bisa menggunakan anggrek bunga ini sebagai salah satu solusi termudah dengan menjadikannya teh atau aroma herbal.

3. Mengatasi gangguan fungsi otak

Anggrek memiliki akar di mana akarnya mengandung minyak atsiri, pati, gula, damar, dan bahan lainnya. Senyawa tersebut bermanfaat dalam mengatasi berbagai penyakit, salah satunya penyakit fungsi otak.

4. Menyembuhkan sakit perut

Tahukah Anda bahwa bunga anggrek juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit perut? Bunga anggrek dipercaya dapat digunakan sebagai obat yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam gangguan sakit perut.

Dengan menggunakan daun anggrek kita bisa menyiapkan obat untuk gangguan pencernaan dan sakit maag.

Bahan yang dibutuhkan adalah daun anggrek, jahe, gula merah.

Bagaimana membuatnya?

Kamu cukup haluskan daun anggrek dan ambil 10 sampai 20 ml, tambahkan jahe, gula merah, dan segelas air, kemudian didihkan selama beberapa waktu. Saring dan minum setiap hari.

Teh ekstrak campuran bunga anggrek dapat membantu menyembuhkan sakit maag, gangguan pencernaan, dan membunuh cacing perut.

5. Menyembuhkan masalah menstruasi

Manfaat bunga anggrek salah satunya adalah mengatasi masalah haid, baik nyeri haid atau siklus haid yang tidak teratur.

Baca juga: 3 Kesalahan saat Menyemai Biji Anggrek

Untuk membuatnya, kamu membutuhkan beberapa bunga anggrek, kemudian direbus dengan gula merah dan air selama beberapa waktu. Saring dan minum setiap hari untuk menyembuhkan masalah menstruasi dan rahim.

6. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat bunga anggrek yang kamu mungkin belum menduganya selama ini adalah bisa untuk menurunkan berat badan.

Untuk membuatnya, kamu cukup mengambil beberapa akar anggrek, kemudian tambahkan secangkir air dan rebus sampai menjadi setengah cangkir. Minum teh herbal ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Mengobati gangguan pencernaan

Bunga anggrek juga memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan pada anak-anak. Umumnya, anak-anak akan menderita sakit perut yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

Jika kamu ingin mencoba mengetahui khasiat bunga anggrek untuk mengobati gangguan pencernaan, maka kamu dapat membuat teh bunga anggrek dengan 10 daun pegagan India, serta biji fenugreek.

Kamu dapat memberikannya kepada anak-anak dua kali sehari. Teh herbal ini dapat menenangkan perut dan mengendalikan diare.

8. Menyembuhkan gangguan tiroid

Penurunan hormon tiroksin dapat mengakibatkan kenaikan berat badan, menstruasi yang tidak teratur, pengencangan kulit, rambut rontok, sembelit, nyeri tubuh, kecemasan.

Sebaliknya, peningkatan tiroksin menyebabkan penurunan berat badan, detak jantung tinggi, marah, depresi, sulit tidur, masalah menstruasi.

Salah satu manfaat bunga anggrek yang mungkin tidak diketahui banyak orang ternyata memiliki banyak sifat pengaktif dan pengatur tiroid sehingga membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Biasanya, bunga anggrek dikonsumsi dengan cara diseduh.

9. Menyembuhkan infeksi saluran kemih

Manfaat bunga anggrek yang jarang diketahui adalah dapat menyembuhkan infeksi saluran kemih. Kamu cukup ambil 2 kg kuncup bunga anggrek tambahkan dua gelas air dan rebus hingga menjadi satu gelas.

Minum air rebusan anggrek dua kali sehari secara teratur. Teh ini dapat menyembuhkan banyak masalah perut terutama infeksi saluran kemih, menyembuhkan wasir serta bisul pada organ ekskresi.

10. Meredakan sembelit

Bunga anggrek yang berwarna merah dapat dikeringkan, kemudian dihaluskan dan dicampur dengan madu. Seduh dan minum sekali sehari.

Teh dari bunga anggrek juga memiliki sebagai pencahar dan sangat membantu untuk meredakan masalah sembelit.

11. Menyembuhkan masalah pernapasan

Untuk membantu menyembuhkan masalah pernapasan, kamu dapat menghaluskan gading anggrek dan direbus hingga matang untuk mendapatkan ekstraknya,

Jika kamu meminum ekstrak ini setiap hari, tidak hanya meningkatkan sistem pernapasan, tetapi ekstrak ini dapat menyembuhkan infeksi bahkan menyembuhkan alergi, asma, batuk, demam, disentri, dll.

12. Merangsang aktivitas sel

Daun anggrek mengandung quercetin, astragalin, isoquercetin, amphoral glucono oxide, asam amino dan alkaloid yang ada dalam biji dan senyawa kimia ini yang merangsang aktivitas sel.

Anthocyanin, nutin, apigenin juga hadir di tanaman dan menyembuhkan pembekuan darah.

13. Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Tunas kering dari anggrek yang diseduh dapat menghilangkan cacing di perut dan menyembuhkan infeksi jamur, mengontrol diare dan wasir.

Akar yang diambil dicampur dengan dadih dapat menyembuhkan pembekuan darah.

Akar yang dihancurkan dengan jahe kering yang diambil akan mengatur masalah yang menyebabkan kekurangan nada.

Gading anggrek dapat menyembuhkan luka nanah yang terbentuk pada otot atau saraf. Daun anggrek diketahui adalah obat terbaik untuk sakit lutut, radang sendi, dan kram otot.

Secara keseluruhan, masing-masing bagian bunga anggrek memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan dengan membuat tubuh menjadi tenang dan memperkuat folikel rambut.

14. Mencegah penuaan dini

Manfaat bunga anggrek salah satunya adalah untuk mencegah penuaan dini. Bunga anggrek digunakan sebagai salah satu bahan kosmetik karena bunga anggrek dapat menyimpan air.

15. Disajikan sebagai makanan

Bunga anggrek di beberapa negara biasa digunakan sebagai bahan makanan, seperti di daerah Singapura atau Thailand. Anggrek dapat dijadikan salah satu produk olahan menjadi produk snack yang lezat.

Sedangkan di Eropa, anggrek bisa digunakan sebagai hiasan pada kue. Pada suku Aborigin, anggrek juga dapat dijadikan sebagai makanan alternatif ketika suku Aborigin mengalami kondisi darurat.

Bunga anggrek juga bisa digunakan sebagai acar. Negara yang memanfaatkan anggrek sebagai acar adalah Negara Nepal.

Itulah beberapa manfaat bunga anggrek yang jarang diketahui oleh banyak orang. Umumnya untuk memanfaatkan khasiat bunga anggrek, batang, akar, atau bunganya diseduh dengan bahan-bahan lain.

manfaat anggrek untuk kesehatan

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Leave a Reply