Cara Memupuk Anggrek Bulan (Phalaenopsis sp.) yang Tepat

Phalaenopsis Orchid
 

Bagaimana cara memupuk anggrek yang tepat?

Apakah pertanyaan semacam ini pernah terbesit dalam pikiran kamu. Selama ini kami selalu mengamati, tipe bunga anggrek manakah yang sangat cocok ditanam indoor atau ditanam dalam rumah.

Dan kebanyakan yang kami temui adalah anggrek spesies Phalaenopsis atau umum juga disebut anggrek banteng. Anggrek banteng ataukah anggrek bulan kamu menyebutnya?

Kelebihan tanaman anggrek banteng Phalaenopsis adalah berumur panjang dan ketika mekar, bunganya begitu rupawan. Inilah yang membuat anggrek banteng begitu populer dan sangat digemari.

Saat ditanam dalam rumah, apakah kamu penasaran cara memupuk anggrek yang tepat, meskipun anggrek-anggrek itu ditanam dalam rumah. Tentunya, perlakuannya akan ada sedikit perbedaan.

Namun, penting untuk mengetahui cara memupuk anggrek phalaenopsis agar tetap sehat dan memastikan mereka mekar kembali berkali-kali.

Apakah anggrek membutuhkan pupuk?

Masihkah penasaran dengan alasan ini. Sebab pada umumnya memang kita tanpa memupuknya, anggrek bisa saja tumbuh segar asal di lingkungan dan kelembaban yang tepat dan terjaga.

Sebenarnya anggrek phalaenopsis atau anggrek banteng ini memang membutuhkan pupuk untuk tetap menjaga keadaan pertumbuhannya tetap optimal. Menjaga kesegaran tanaman ini akan membuat anggrek lebih segar untuk berbunga.

Akan tetapi, bunga anggrek banteng juga tidak mentolerir pemberian pupuk yang berlebihan. Nutrisi yang berlebih akan menyebabkan keracunan nutrisi dan kerusakan pada dedaunan dan akar.

Pertumbuhan semua anggrek akan dibatasi oleh satu atau lebih faktor, apakah itu cahaya, panas, genetika atau ketersediaan nutrisi. 

Setelah anggrek phalaenopsis memiliki nutrisi yang cukup, menambahkan nutrisi lebih lanjut tidak akan mempercepat laju pertumbuhan atau membuat tanaman lebih sehat.

Bacalah tentang 10 Alasan mengapa daun anggrek menguning untuk mengetahuinya lebih mendalam. Apakah faktor-faktor secara umum yang membuat tanaman anggrek dalam keadaan sakit.

Untuk tetap menjaga bunga anggrek kamu tetap segar dan sehat, maka adakalanya memberinya pupuk akan mendukung lebih baik untuk perkembangannya. Hanya saja, yang perlu diingat adalah jangan terlalu sering atau overdosis untuk memberikan pupuk.

Mentang-mentang ingin segera berbunga, kamu beri pupuk satu timba. wkwkwk...


Apakah pupuk yang tepat dibutuhkan bunga anggrek?

Nutrisi pupuk yang tepat untuk membuat bunga anggrek mekar gembira dan tumbuh segar hanya membutuhkan tiga komponen pupuk utama.

Pupuk NPK yang Dibutuhkan dalam Skala Besar | Wikipedia


Ketiga komponen pupuk tersebut adalah nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K). Jadi, ketika kamu mencari pupuk yang tepat untuk anggrek, maka pastikan pada kemasannya terdapat keterangan pupuk NPK.

Selain ketiga unsur hara utama tersebut, semua tanaman termasuk anggrek membutuhkan tambahan 14 mikronutrien untuk dapat tumbuh dengan subur. 

Sebagian besar pupuk tanaman tidak menyertakan 14 unsur hara tambahan ini, karena hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sangat kecil dan tanaman biasanya akan mendapatkan jumlah yang cukup dari tanah atau media pot tempat mereka ditanam.

Namun, kamu juga harus mempertimbangkan bagaimana media anggrek yang kamu gunakan. Sebab biasanya media tanam anggrek cepat mengering dan terkadang kekurangan unsur hara. 

Akibatnya, sebuah pertanda awal yang bisa kamu lihat adalah daunnya yang menguning.

Mempertimbangkan wilayah tempat tinggal kamu dengan sumber air yang kamu gunakan. Memupuk anggrek yang tepat adalah dengan memperhatikan air darimana yang kamu ambil. 

Mengapa?
Sebab inilah hal utama yang kamu perlukan untuk diperhatikan. Pupuk anggrek yang tepat adalah yang mengandung NPK, seperti yang telah saya jelaskan.

Jika Anda tinggal di daerah dengan air sadah, kemungkinan besar air keran Anda mengandung setidaknya sebagian dari mikronutrien ini. 

Namun, jika Anda menggunakan air suling, air hujan, atau jika Anda tinggal di daerah dengan air yang basa, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan pupuk yang mengandung 14 mikronutrien tambahan ini.

Langkah-Langkah Cara Memupuk Anggrek yang Tepat

Langkah berikut inilah yang mungkin bisa kamu terapkan dalam proses memilih pupuk yang tepat untuk bunga anggrek kamu.

Memilih Pupuk Anggrek yang Tepat

Pilih pupuk yang sesuai untuk anggrek phalaenopsis kamu dan media pertumbuhannya. Saya akan membahas beberapa rekomendasi khusus untuk pupuk nanti di artikel ini. 

Ada begitu banyak jenis pupuk yang tersedia dan mungkin sulit untuk mengetahui mana yang terbaik untuk digunakan.

Jika kamu seorang pemula atau petani biasa, ada beberapa pupuk anggrek yang sangat bagus dan murah, tetapi jika kamu benar-benar ingin mendapatkan hasil maksimal dari anggrek kamu, atau jika kamu memiliki banyak koleksi, ada baiknya kamu mendapatkan salah satu dari formulasi yang lebih spesialis.

Sebagai contohnya adalah kamu bisa memilih dengan komposisi pupuk NPK atau sekiranya pupuk yang cocok untuk bunga anggrek kamu. 

Bisa juga kamu memilih pupuk bunga anggrek yang telah lengkap dengan komposisi 14 mikronutrien yang dibutuhkan tumbuhan.

Encerkan Pupuk

Bacalah petunjuk pembuatan pupuk dengan seksama. Gunakan sendok takar untuk memastikan Anda menambahkan jumlah pupuk yang benar. 

Untuk sebagian besar formulasi, saya akan merekomendasikan mengencerkan pupuk hingga setengah dari kekuatan yang disarankan atau kurang.

Cara ini adalah cara yang tepat karena anggrek adalah tanaman yang sensitif dengan nutrisi yang berlebihan. 

Pemupukan dengan larutan konsentrasi lemah akan lebih baik untuk anggrek daripada kamu menggunakan pupuk secara langsung tanpa pengenceran.

Tahukah kamu, ada risiko kecil terbakar pada akar jika kamu menggunakan larutan pupuk yang terlalu pekat. Jika kamu menggunakan larutan encer dengan setengah atau kurang dari kekuatan yang disarankan, hal ini tidak mungkin terjadi.

Pemupukan pun kamu hanya dilakukan dengan menyemprotkannya saja. Tidak perlu terlalu kaku seperti layaknya kamu memupuk tanaman lain pada umumnya.

Gunakan semprotan dan encerkan pupuk bersamaan dengan air. Cukup gunakan cara ini sebab cara memupuk anggrek yang tepat tidak membutuhkan banyak pupuk apalagi pupuk dengan konsentrasi yang terlalu pekat.

Pertimbangkan untuk melakukan penyiraman pertama

Saat awal-awal anggrek kamu setelah disemprot dengan pupuk, kamu bisa menyiramnya. Dengan catatan tanah atau media tanam anggrek tidak terlalu basah atau sudah menunjukkan tanda-tanda kekeringan.

Untuk penyiraman pertama kamu bisa menggunakan air yang mengalir tidak terlalu deras, atau menggunakan tembayung air.

Beberapa ahli percaya bahwa dengan membasahi media terlebih dahulu, ini meningkatkan penyerapan nutrisi oleh media tanam dan meningkatkan penyerapan oleh akar.

Bawa anggrek ke wastafel

Jika kamu terpaksa menggunakan pupuk yang padat, maka kamu bisa aplikasikan pada media tanam anggrek.

Pergilah ke wastafel untuk membasahi media tanamnya. Cukup letakkan pupuk dengan dosis sedikit, jangan sampai terlalu banyak karena pengaruhnya justru akan buruk pada bunga anggrek.

Frekuensi Pemupukan

Saya merekomendasikan pemupukan bunga anggrek kamu setiap dua minggu selama tahap vegetatif di antara siklus mekar dan kurangi menjadi setiap 3 hingga 4 minggu sekali selama mekar karena kebutuhan nutrisi akan jauh lebih sedikit selama periode ini.

Perhatikan tanaman anggrek kamu dengan cermat dan pertimbangkan laju pertumbuhan dan kondisi tanaman anggrek kamu, suhu lingkungan dan waktu dalam setahun untuk menyesuaikan seberapa banyak dan seberapa sering memupuk tanaman anggrek itu.

Pertimbangan Lebih Lanjut untuk Memilih Pupuk Anggrek yang Tepat

Umumnya, semua tanaman anggrek akan lebih baik jika menerima pupuk dengan nutrisi yang berimbang, selain komponen NPK.

Karena sebagian besar media pertumbuhan anggrek phalaenopsis bersifat non-retensi, kamu perlu memastikan bahwa pupuk dapat segera diserap oleh tanaman.

Untuk alasan ini, kamu harus memilih pupuk yang mengandung setidaknya setengah dari nitrogen dalam bentuk nitrat dan kurang dari setengah nitrogen dalam bentuk amonium atau urea.

Bentuk nitrogen berbasis urea memiliki sejumlah kelemahan bagi anggrek dibandingkan bentuk nitrogen nitrat. 

Nitrogen berbasis urea tidak segera tersedia untuk digunakan tanaman dan membutuhkan bakteri nitrifikasi untuk mengubah nitrogen menjadi bentuk nitrat.

Banyak pula anggrek yang ditanam di kulit kayu pinus yang merupakan media asam alami. Pupuk nitrat umumnya meningkatkan pH di sekitar akar, sedangkan nitrogen berbentuk amonium dan urea menyebabkan pengasaman lebih lanjut pada zona akar.

Haruskah saya menggunakan bloom booster (pemercepat mekar) untuk bunga anggrek saya?

Terkadang, cara memupuk yang tepat untuk anggrek bulan kurang diperhatikan oleh sebagian orang. Khususnya, mereka mungkin juga menggunakan bloom booster untuk mempercepat mekarnya bunga anggrek.

Beberapa orang merekomendasikan untuk menggunakan bloom booster untuk mempercepat mekarnya bunga anggrek, dibandingkan dengan menggunakan cara pemupukan yang tepat untuk anggrek. 

Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya Bloom Booster ataupun pupuk memiliki peluang akan pengaruh yang tidak terlalu besar.

Saran ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Y.T. Wang, diterbitkan di Scientia Horticulturae pada tahun 1996 dan 2000. 

Penelitian ini tidak menemukan perbedaan yang signifikan secara statistik dalam pertumbuhan dan kesehatan anggrek phalaenopsis saat menguji 6 konsentrasi berbeda dari larutan pupuk yang larut dalam air.
 

Kesimpulannya?


Tidak ada banyak pengarunya, cuma jika dipupuk atau memakai bloom bosster juga tidak buruk. Ditambah bunga anggrek bulan adalah bunga pengumpan cahaya.

Jika ditambahkan pupuk, maka besar kemungkinan masih dapat tumbuh dengan baik. Yang harus diperhatikan adalah, jangan berlebihan, juga tidak boleh kekurangan.

Berilah pupuk jika keadaan lingkungan dan media tanamnya tidak mendukung pertumbuhan untuk bunga anggrek bulan kamu.

pemupukan yang tepat untuk anggrek bulan




No comments for "Cara Memupuk Anggrek Bulan (Phalaenopsis sp.) yang Tepat"