Cara Merawat Anggrek bagi Pemula

 Cara Merawat Anggrek supaya Tahan Lama

Merawat Anggrek supaya tahan lama mungkin agak gampang-gampang susah. Khususnya, bagi pemula yang tidak mengerti apa-apa.

Namun, saya ingin berbagi pengalaman saya dalam merawat anggrek dalam toko kami, Angphotorion sehingga bisa menjadi seperti sekarang.

Cara Merawat Anggrek bagi Pemula



Beberapa saat yang lalu, saat saya iseng membaca salah satu artikel dan konten di instagram, ada sebuah celetuk yang membuat saya gatal untuk segera menjawabnya.

Cara  saya adalah dengan membuat artikel ini sebagai media untuk menjawab pertanyaanya tersebut. Saya sempat merasakan bagaimana berada di posisinya yang benar-benar pemula dalam merawat anggrek.

Bagaimana pertanyaannya? Kurang lebih seperti berikut ini:

"Saya baru saja diberi bunga anggrek baru oleh saudara saya. Namun, saya sama sekali tidak mengerti bagaimana cara merawat anggrek. Adakah saran yang bisa saya lakukan untuk merawat anggrek saya supaya bertahan lama?"

-- by. Manusia

Pertanyaan ini begitu mengundang saya untuk segera menulis tentang cara merawat anggrek, khususnya bagi pemula. Mengapa? Sebab saya pernah berada dalam posisi tersebut dan pasti sangat bingung jika ada apa-apa dengan bunga anggrek saya.

Karakteristik bunga anggrek untuk menentukan cara merawat anggrek yang tepat? 


Apakah kamu memahami bahwa mengerti karakter bunga anggrek itu juga harus kamu ketahui. Hal ini penting untuk menentukan cara perawatan anggrek yang tepat supaya tidak mudah membusuk dari akarnya.

Saya sendiri sering menjumpai akar bunga anggrek saya membusuk. Perlahan daunnya menguning, kemudian dari batangnya juga ikut menguning. Dari sini, saya mulai khawatir bunga anggrek saya mungkin tidak akan hidupa lama lagi.

Meskipun sebenarnya ada sebab lain mengapa bisa tanaman anggrek kita yang semula hijau segar bisa berubah kunign, yang perlahan layu bahkan mati. Alasan paling sering terjadi dan saya temui adalah overdosis pemupukan.

Mengapa saya tahu? Karena saya adalah seorang pengamat, juga terkadang ibu saya sendiri yang sering salah melakukannya. *Menertawakan diri sendiri--

Ditambah bunga anggrek saya ini harganya cukup mahal. Jika dibiarkan mati, maka akan sulit untuk ke depannya nanti. Akhirnya saya belajar lebih tentang bagaimana mengembalikan anggrek seperti semula. Beberapa referensinya sudah saya rangkum dalam 10 Alasan mengapa daun anggrek berubah kuning.

Misalnya saja, Bunga Anggrek Dendrobium yang tidak terlalu menyukai media lembab, maka penting bagi kamu untuk menjaga supaya akarnya tidak tergenang atau basah.

Bunga anggrek bulan yang menyukai lembab, maka medium yang tepat untuk menanamnya adalah mizukoke atau moss putih atau spagnum moss.

Hal-hal yang harus Diperhatikan dalam merawat Anggrek bagi Pemula


Perhatikanlah beberapa hal berikut ini sebagai indikator kamu dalam menanam anggrek. Sehingga, jika bunga anggrek kamu keadaan buruk, kamu bisa menentukan manakah hal yang harus kamu perbaiki.

Dimana yang tepat untuk meletakkan anggrek jika ditanam dalam rumah?

Saya pengalaman dahulu saat bunga anggrek saya layu, saya siram kemudian saya taruh di bawah sinar matahari langsung. 

Tidak lama, anggrek saya mati. Sedih, sebab bunga anggrek tersebut harganya cukup mahal.

Hal yang harus kamu perhatikan dalam perawatan anggrek adalah tempat. Tempat ini menentukan apakah anggrek kamu bisa tumbuh subur atau sebaliknya.

Seperti pengalaman saya tadi, ternyata bunga anggrek memang tidak baik jika diletakkan berpapasan langsung dengan sinar matahari.

Jika di dalam rumah, maka usahakan beberapa waktu bunga anggrek kamu terpapar sinar matahari.

Penyiraman dan Pemupukan

Penyiraman anggrek sangat berperan penting dalam perawatan anggrek. Pertumbuhan bunga anggrek dipengaruhi oleh cara kamu memupuk dan menyiramnya.

Menyiram anggrek hanya perlu disemprot saja, jangan dialiri air secara langsung. Mengapa? Tentu saja supaya air tidak menggenang dan terakumulasi di akarnya. 

Hal tersebut untuk menghindarkan akar anggrek yang bisa saja membusuk sewaktu-waktu.

Untuk pemupukan, kamu bisa menggunakan cara kami dalam Angphotorion. Bagaimana itu? 

Sebenarnya cara ini sudah kami bagi di instagram kami. Follow saja: Angphotorion. Kamu bisa membaca informasi terbaru kami juga katalog bunga dan medium anggrek yang kamu perlukan dengan harga murah.

Atau kamu bisa juga membaca artikel selengkapnya "Cara Memupuk Anggrek"

Perawatan Anggrek Setelah Bunga Mekar

Saat bunga mekar, berhentilah sejenak dari merawat anggrek. Tinggalkan untuk menyiram bunga anggrek beberapa waktu.

Istirahatkan selama dua hari. Kamu bisa tetap menyiram hanya dengan menyemprot bunga anggrek kamu.

Kamu bisa menggunakan humidifer atau kerikil kecil di bagian bawah akar anggrek. 

Jika kamu menjumpai akar anggrek kamu yang membusuk, jangan dibiarkan! Ambillah bunga anggrek kamu yang akarnya membusuk tersebut.

Cara perawatannya bagaimana?

Kamu potong bagian yang membusuk. Kemudian, siapkan toples kaca dan isilah dengan air, sedikit saja, sangat sedikit. Jangan sampai akar tenggelam!

Taruh bunga anggrek kamu dalam toples dan letakkan di tempat yang teduh. Jangan disiram!

Memangkas anggrek

Setelah bunga jatuh, kamu dapat memangkas anggrek dengan memotong batangnya dari pangkalnya dan mendapatkan set bunga baru yang sehat saat periode berbunga berikutnya tiba. 

Untuk memangkas anggrek, kamu harus memangkas satu inci di atas simpul yang ditemukan pada keikei hijau anggrek, tetapi potong ke pangkal tanaman pada paku yang telah berubah menjadi coklat.

Namun, kamu tidak menginginkan tanaman anggrek tanpa bunga, bukan? Inilah sebabnya mengapa banyak orang bertanya pada diri sendiri: seberapa sering anggrek mekar? 

Bunga anggrek akan muncul kembali di musim penyemian, karena mekar setahun sekali - beberapa spesies lain ada yang lebih dari sekali - Asalkan kamu memelihara bunga anggrek selama pertumbuhannya dengan baik. 

Untuk melakukannya, pastikan Anda menjaga paku tetap rapi dengan memangkasnya sehingga tanaman anggrek Anda memiliki energi yang tepat untuk mekar kembali.

Aspek mendasar lainnya yang harus diperhatikan saat kamu merawat anggrek dengan cermat adalah:

Pilih pot yang cocok sesuai dengan spesies anggrek. Cara terbaik adalah berkonsultasi dengan toko bunga terpercaya mengenai kondisi ideal untuk spesies tanaman yang kamu miliki.

Tanah anggrek harus memiliki drainase yang baik untuk menjamin kesehatan tanaman. Campuran tanah yang dibuat khusus untuk anggrek direkomendasikan karena dapat menyatukan semua kondisi yang diperlukan agar tanaman dapat tumbuh. Hindari menambahkan humus.

Tips

Anggrek adalah tanaman yang sangat indah dan lembut yang membutuhkan kondisi dan perawatan khusus agar tetap sehat dan lebat berbunga. Bersabar, itu kuncinya!


1 comment for "Cara Merawat Anggrek bagi Pemula"

Post a comment