Gambar Bunga Anggrek Cattleya Spesies Terpopuler

Koleksi Gambar Bunga Anggrek Cattleya


Gambar Bunga Anggrek Cattleya
Cattleya dengan Warna Totol


Bunga Anggrek Cattleya mungkin sudah tidak asing lagi didengar oleh pecinta anggrek. Baik pemula mungkin nama inilah yang didengar awal kali pertama.

Genus bunga anggrek Cattleya merupakan genus dengan spesies terbesar bersamaan dengan anggrek Dendrobium. Bunga anggrek Cattleya memiliki tampilan bunga dengan mahkota yang menawan, sehingga membuat siapapun yang melihatnya bisa saja jatuh cinta. Bunganya memiliki beragam bentuk, bau, dan warna yang mencolok, yang membuatnya mudah untuk diidentifikasi.

Tipe bunga anggrek dan gambar bunga anggrek Cattleya tidak luput dari sejarah penemuan oleh sejumlah ahli botani di masa lalu. Untuk menambah wawasan kamu, adakalanya kamu perlu tahu bagaimana sejarah bunga Anggrek Cattleya dinamakan demikian.

Kuy, Kenalan dulu dengan Bunga Anggrek Cattleya!


Nama cattleya mengacu pada seluruh genus Cattleya spp. dalam keluarga Orchidaceae.

Bunga Anggrek Cattleya
Cattleya Kuning dengan Tengah Ungu

Kolektor tanaman dan hortikultura, William Cattley, secara tidak sengaja membawa "anggrek korsase" yang terkenal (Cattleya labiata) ke Inggris pada tahun 1818 ketika ia mengimpor sekelompok tanaman tropis dari Brasil melalui pakar satwa liar William Swainson. Ini adalah pertama kalinya diadakan pameran bunga-bunga indah pada tahun 1818.

Pada tahun 1821, ahli taksonomi tanaman, John Lindley, menggambarkan anggrek di salah satu bukunya dan memberinya nama “cattleya” setelah William Cattley.

Karakteristik Bunga Anggrek Cattleya


Seperti yang telah banyak diketahui, warna-warna bunga anggrek cattleya sangat mencolok, meskipun bagian bunga yang harus hanya sedikit. Beberapa bunga cattleya memiliki bunga yang kecil, tetapi cukup menarik dengan beberapa kelopaknya yang malah cukup besar.

Anggrek Cattleya termasuk dalam kategori tumbuhan yang tumbuh lambat. Ditambah jika kamu menanam cattleya dari biji, maka kamu harus menunggu 5-7 tahun untuk melihat bunganya. Bunga Anggrek Cattleya dewasa bisa tumbuh hingga setinggi 2 kaki.

Bunga Anggrek Cattleya


Ciri khas dari bunga Cattleya adalah mahkota bunga yang ganjil, biasanya berjumlah tiga yang menutupi kelopaknya yang besar. Bibir bunga yang terletak di pangkal bunga biasanya diwarnai oleh tanda atau bintik-bintik warna yang berbeda dari warna dominan.

Di atas bibir bunga, setelah kelopak terdapat tiga sepal, dua mengarah ke bawah dan satunya mengarah ke atas. 

Bunganya dapat tumbuh hingga 8 inci dengan warna bervariasi dari putih ke merah muda, oranye, ungu, merah, kuning, dan biru. Anggrek Cattleya ini biasanya berbunga setahun sekali, tetapi beberapa hibrida menghasilkan bunga lebih dari sekali setahun.

Rhizoma dan Pseudobulb Anggrek Cattleya


Cattleya adalah epifit sympodial, artinya mereka tumbuh pada struktur tertentu, seperti pohon, dengan kebiasaan pertumbuhan horizontal. Mereka memiliki rimpang yang membentuk tunas baru untuk pertumbuhan tanaman, dan pseudobulb atau batang menebal yang tidak hanya mendukung pertumbuhan tanaman tetapi juga menyimpan dan memasok nutrisi ke tanaman.

Daun


Daun Cattleya sedikit berdaging dan hijau. Bentuknya bisa lonjong, lanset, atau elips, dan dengan margin halus.

Foto Bunga Anggrek Cattleya Spesies Paling Populer


Untuk genus Cattleya, saat ini ada 46 spesies yang diakui dan 35 hibrida alami. Anggrek ini berasal dari daerah tropis, seperti Amerika Tengah dan Selatan.

Berikut adalah beberapa spesies cattleya yang paling dikenal di antara banyak yang dikenal.

Cattleya labiata

Cattleya labiata
Cattleya labiata


Nama umum: Anggrek Cattleya musim gugur, Anggrek Cattleya bibir rubi.

Jenis anggrek cattleya ini dikenal sebagai salah satu anggrek yang paling potensial dan mudah untuk tumbuh. Anggrek musim gugur ini berasal dari wilayah tropis dari daratan timur laut Brazil. Anggrek ini biasa dijumpai tumbuh di area bebatuan atau pohon di pegunungan yang berada di ketinggian 500 dpl.

Bunga anggrek ini termasuk dalam kelompok anggrek unifoliatdengan rhizoma berukuran sedang dan psudobulb yang terbentuk tepat di bawah daun.
Bunga Cattleya labiata mekar pada musim gugur hingga 7 kelopak dengan 2-5 bunga yang mengeluarkan keharuman.

Varietas Cattleya labiata yang populer:


  • Cattleya labiata var. semialba
  • Cattleya labiata var. tipo
  • Cattleya labiata var. coerulea 
Baca juga: 10 Jenis Anggrek paling langka di Dunia

Cattleya intermedia

Cattleya intermedia
Cattleya intermedia


Nama umum: Anggrek Cattleya intermediet

Seperti namanya, jenis anggrek ini adalah hasil persilangan anggrek cattleya. Anggrek ini berasal dari Brazil tengah dan selatan, juga tumbuh di sepanjang pantai Argentina dan Uruguay.

Spesies anggrek cattleya ini berukuran kecil hingga sedang dan memiliki pseudobulb silindris pendek. Bunganya harum dan biasanya berwarna putih, merah muda, lavender, merah muda dengan bibir berwarna magenta.

Biasanya, bunga anggrek ini memiliki kelopak dan mahkota yang sempit dan berjumlah 3 atau 5 buah. Di habitat aslinya, bunga cattleya intermediet biasanya mekar pada musim semi atau musim panas.

Varietas Cattleya intermediet yang populer:

  • Cattleya intermedia var. alba (putih bersih dengan sedikit warna kuning di bibir)
  • Cattleya intermedia var. aquinii (kelopak totol)
  • Cattleya intermedia var. coerulea (biru)
  • Cattleya intermedia var. punctatissima (ungu)

Cattleya bicolor

Cattleya bicolor
Cattleya bicolor


Nama umum: Anggrek Cattleya Bicolor

Diperkenalkan pada tahun 1836, Cattleya bicolor, atau yang biasa dikenal dengan bicolored cattleya, adalah spesies anggrek yang tumbuh di pohon-pohon dan bebatuan di dekat daerah pantai di Brazil.

Anggrek ini biasanya memiliki bunga berukuran sedang hingga besar. Bunga ini memiliki batang yang tumbuh sekitar 18 sampai 30 inchi. Juga memiliki pseudobulb yang memanjang, bergaris, dan silindris, ditutup dengan dua daun berbentuk lonjong.

Ada tiga subspesies Cattleya bicolor di alam liar. Jenis pada gambar adalah C. bicolor spp. bicolor, yang ditemukan di Sao Paulo dan Rio de Janeiro, C. bicolor spp. Minasgeraisensis dari Minas Gerais, dan C. bicolor spp. brasiliensis dari Brasil Tengah, Minas Gerais, Goias, dan Distrik Federal.

Perbungaan yang tegak menghasilkan dua sampai lima bunga yang mekar dengan indah di musim semi hingga pertengahan musim panas dan terkadang gugur di musim gugur. Setiap bunga berukuran hingga 4 inci, dengan bibir berbentuk baji atau sepal dan kelopak berdaging. Tidak seperti cattleya lainnya, cattleya bicolor tidak memiliki lobus lateral pada bibir.

Varietas Cattleya bicolor terpopuler:


  • Cattleya bicolor var. grossii
  • Cattleya bicolor var. brazilensis
  • Cattleya bicolor var. crassifolia
  • Cattleya bicolor var. coerulea
  • Cattleya bicolor var. canastrensis

Cattleya aurea

Cattleya aurea
Cattleya dowiana var. aurea


Nama umum: Anggrek Cattleya kuning emas

Anggrek ini merupakan jenis anggrek dengan bunga berukuran sedang dan berasal dari wilayah Columbia. Mereka biasanya dijumpai tumbuh liar di wilayah dataran tinggi.

Seperti Cattleya labiata, anggrek ini memiliki pseudobulb tegak yang menghasilkan satu daun hijau. Cattleya kuning keemasan yang cuku dewasa biasanya menghasilkan 5 hingga 6 bunga besar yang dapat berukuran hingga 7 inci.

Mereka biasanya mekar di musim sumi (sekitar bulan April) dan berumur pendek. Ciri khas yang mencolok untuk membedakannya antar varietas adalah dari bibir bunga yang lebar atau tidak.

Cattleya Hybrid

Cattleya hybrid
Cattleya hybrid

Disebut juga Cattleya hasil persilangan. Tidak mengherankan, sebab anggrek cattleya adalah jenis anggrek yang sering digunakan sebagai percobaan persilangan. Ada dua jenis umum hibrida cattleya: hibrida interspesifik dan hibrida antargenerasi.


Hibridisasi cattleyas yang terjadi antara spesies dalam genus yang sama mengacu pada hibrida inter-spesifik. Hibrida intergenerik, di sisi lain, merujuk pada spesies anggrek cattleya yang disilangkan dengan genus lain.

Cattleya x dolosa
Cattleya x dolosa

Contohnya termasuk Cattleya x Laelia atau Laeliocattleya, Cattleya x Epidendrum atau Epidcattleya, Cattleya x Brassavola x Laelia atau Brassolaeliacattleya, Cattleya x Brassavola x Laelia x Sophronites atau Potinara, dan Cattleya x Brassavola x Laelia x Dialaelia atau Iwanagara.

Itulah beberapa jenis gambar Anggrek Cattleya yang populer di dunia . Jika mungkin kamu berniat mencari bunga anggrek di toko terpercaya, kamu bisa mempercayakannya pada kami. Kamu bisa kunjungi halaman contact us atau melalui sosial media kami.


No comments for "Gambar Bunga Anggrek Cattleya Spesies Terpopuler"