5 Cara Memotong Akar Anggrek yang Mati dengan Aman!

Cara memotong akar anggrek yang mati mungkin bagi sebagian orang masih cukup rumit dilakukan. Ditambah apabila Anda belum cukup pengalaman dalam perawatan anggrek.

Anggrek merupakan tanaman yang peminatnya tidak pernah berubah, semakin meningkat dari waktu ke waktu. Harga bunga anggrek yang stagnan menjadi daya tarik selain keindahan bunganya ketika mekar yang menarik perhatian.

Di balik itu, perawatan anggrek rupanya juga cukup rumit, terutama untuk memisahkan bagian tanaman yang telah mati, khususnya akar anggrek. Namun, Anda tetap bisa melakukannya perlahan saat terdapat akar anggrek yang mengering atau terlihat tidak sehat.

Baca juga: Cara Menanam Anggrek dengan Sabut Kelapa

Penting untuk Anda perhatikan! Mungkin metode ini Anda perlukan saat menjumpai akar anggrek yang tidak sehat. Salah satu ciri utamanya adalah akar anggrek lembek dan membusuk. Maka, pemotongan akar merupakan hal penting karena jika tidak demikian, maka akar sehat yang lain dapat terinfeksi jamur atau bakteri.

cara memotong akar anggrek
Cara memotong akar anggrek yang mati adalah menggunakan gunting steril

Untuk cara memotong akar anggrek yang mati dengan aman adalah sebagai berikut:

1.Mulailah dengan membilas media tanam di pot lama dari akarnya. Anda dapat dengan aman menggunakan air hangat dan membilas akarnya sampai akar anggrek terlihat dengan jelas.

2. Setelah Anda dapat melihat akar secara utuh, periksalah bagian akar anggrek yang mati. Apakah akar terlihat kering, coklat atau basah. Selanjutnya, untuk benar-benar memastikan akarnya mati, tarik perlahan menggunakan tangan. Anda akan melihat bahwa jika kulit luar akar terlepas dengan warna coklat dan lembek, maka akar tersebut sebaiknya dipotong.

3. Untuk mengetahui akar mana yang harus dipotong, mulailah memotongnya menggunakan pisau yang telah disterilkan, kemudian cabut sepenuhnya. Metode ini cukup aman untuk memeriksa akar yang benar-benar mati, kemudian dipotong serta memastikan pertumbuhan kembali yang sehat. Jadi, periksa kembali anggrek dan lihat bahwa Anda hanya memiliki akar hijau montok yang sehat.

4. Kemudian, pindahkan anggrek setiap 3 tahun, ketika tanah pot telah menjadi basah dan lakukan pemangkasan kembali.

5. Kemungkinan penyebab lain dari akar mati adalah jamur. Dengan demikian, Anda dapat mengobati penyakit jamur menggunakan bubuk belerang untuk mencegah infeksi pada akar lain yang sehat.

Itulah beberapa cara memotong akar anggrek yang mati dengan aman. Apabila terdapat pertanyaan, jangan lupa sematkan di kolom komentar.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar cara menanam dan merawat anggrek, serta tanaman hias lain sekaligus melakukan jual beli dengan aman bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot. Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Leave a Comment

Your email address will not be published.