Apakah Aluminium Foil Dapat Didaur Ulang? Ini Faktanya!

aluminium foil

Aluminium foil adalah lembaran tipis berwarna keperakan yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan. Namun, pada penerapan di lapangan bahan dari lembaran aluminium ini dapat menjadi sumber limbah dan pencemaran lingkungan karena proses penguraiannya yang hampir tidak mungkin.

Permasalahan tersebut umumnya dapat diselesaikan dengan alternatif daur ulang. Pertanyaannya, apakah aluminium foil dapat didaur ulang? Jika demikian, aluminium foil dapat dibuat apa saja? Simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga: Kasus Kebakaran Hutan Terbesar di Dunia

Apa itu aluminium foil?

apa itu aluminium foil

Aluminium foil, atau kertas timah, adalah lembaran logam aluminium yang sangat tipis dan reflektif berbentuk gulungan atau lembaran dengan ketebalan hingga kurang dari 0,2 mm.

Aluminium foil banyak digunakan untuk keperluan industri, seperti pada pengepakan, isolasi, dan transportasi. Selain itu, biasanya tersedia di toko kelontong untuk keperluan rumah tangga.

Jumlah keluarga yang menggunakan aluminium foil juga cukup banyak, terutama untuk keperluan mengemas makanan, memanggang daging, dan hidangan lainnya. Manfaatnya antara lain adalah untuk mencegahnya kehilangan kelembapan saat memasak, untuk melapisi nampan kue, dan untuk menyimpan makanan. Orang umumnya menggunakannya untuk membungkus dan melindungi makanan yang lebih halus, seperti sayuran, saat memanggangnya.

Kaleng aluminium digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman seperti susu dan sup tetapi juga untuk produk seperti minyak, bahan kimia, dan cairan lainnya. Kaleng aerosol aluminium, kaleng, botol, stoples dibuat untuk menyimpan barang.

Terakhir, lembaran tipis ini dapat diterapkan pada nampan panggangan untuk menjaga semuanya tetap rapi dan untuk membersihkan panci atau kisi panggangan untuk menghilangkan noda dan residu yang persisten.

Fakta tentang aluminium foil

fakta tentang aluminium foil
Secara alami, foil aluminium terdapat dalam bahan makanan, tumbuhan, maupun tersedia secara bebas di Bumi
  • Aluminium adalah salah satu jenis logam yang melimpah di Bumi. Ia terikat dengan unsur-unsur lain, seperti fosfat dan sulfat di tanah, batu, dan tanah liat.
  • Secara alami, aluminium juga terdapat di sebagian makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, daging, ikan, biji-bijian, dan produk susu.
  • Aluminium juga dikonsumsi melalui obat-obatan yang memiliki kandungan aluminium tinggi, seperti antasida.
  • Aluminium foil dapat melindungi hilangnya aroma dari suatu bahan sehingga bertahan lama dan menjamin kualitas bahan dengan cara menghalangi kelembapan, cahaya dan oksigen sehingga dapat menjaga aroma di dalamnya.
  • 1,5 gram aluminium foil dapat menghemat satu liter susu selama berbulan-bulan tanpa perlu didinginkan.
  • Hampir 75% aluminium foil digunakan untuk pengepakan dan keperluan rumah tangga.
  • Aluminium foil menghemat lebih banyak sumber daya daripada yang digunakan dalam produksinya di seluruh supply and value chain.

Bahaya aluminium foil

bahaya aluminium foil
Penggunaan foil aluminium yang sering dapat memicu Penyakit Alzheimer

Bahan yang sering digunakan sebagai pelapis bahan makanan ini rupanya menyimpan beberapa bahaya apabila tertelan dalam jumlah besar, terutama terhadap kesehatan.

Baca juga: Penyebab dan Solusi Kebakaran Hutan

Selain itu, menurut salah satu penelitian mengungkapkan bahwa memasak daging merah dalam aluminium foil dapat meningkatkan kandungan aluminiumnya antara 89% hingga 378%.

Studi tersebut memberikan gambaran bahwa penggunaan aluminium foil secara teratur dalam memasak dapat membahayakan kesehatan. Namun, saat ini masih belum ada bukti kuat terkait penggunaan kertas aluminium dengan peningkatan risiko penyakit.

Memasak dengan aluminum foil dapat meningkatkan jumlah aluminium dalam makanan, tetapi jumlahnya sangat kecil dan dianggap aman oleh peneliti.

Ringkasan

Potensi risiko dari mengonsumsi aluminium terlalu banyak adalah memicu penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer adalah kondisi gangguan neurologis akibat sel-sel otak (neuron) atau sering dikenal sebagai penyakit pikun.

Oleh karena itu, asosiasi dokter dunia telah menyarankan diet aluminium sebagai upaya menghambat perkembangan penyakit otak, seperti Alzheimer. Beberapa studi telah menemukan bahwa orang-orang dengan Alzheimer memiliki gangguan aluminium yang tinggi di otak.

Namun, peran pasti aluminium terhadap perkembangan dan peningkatan risiko Alzheimer masih belum ditentukan. Meskipun beberapa penelitian menyinggung korelasi, belum ada penelitian yang menemukan hubungan definitif antara asupan aluminium dan IBD

Diet aluminium telah disarankan karena kadar aluminium yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit Alzheimer dan IBD. Namun, peran pasti Aluminium dalam kedua kondisi tersebut masih belum jelas.

Ringkasan

Daur ulang aluminium foil

manfaat aluminium foil
Foil Aluminum dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kerak panggangan

Selain berdampak pada kesehatan, aluminium yang berserakan bebas di lingkungan sekitar tidak mudah diuraikan, atau bahkan mustahil. Oleh karena itu, daur ulang dapat menjadi solusi untuk mengurangi produksi limbah aluminium foil.

Barang-barang yang mengandung aluminium foil seperti tutup botol kaca, stoples kaca, harus dibuang secara terpisah. Bersihkan aluminum foil dengan air mengalir. Selama dapat dipakai kembali, kamu dapat memisahkan bagian foil dari bungkusnya.

Jika pelapis menjadi satu paket dengan wadah yogurt, kaleng minuman, maka kamu dapat melepaskan foil dari bungkusnya sehingga proses daur ulang lebih mudah. Bersihkan bagian foil yang kotor, sedangkan bungkus yang tersisa bisa kamu buang ke tempat sampah.

Setelah aluminium foil tidak terkontaminasi, gulung menjadi bola. Lembaran aluminium foil dapat digunakan kembali menjadi beberapa ide berikut.

Menyingkirkan lemak

Sebagai alternatif bantalan wol baja baru, kamu dapat mencoba gosok aluminium foil bekas dan gosok semua lemak yang bertatahkan. Kamu dapat menggunakannya di atas kompor atau panggangan.

Melindungi tanaman

Apakah kamu suka berkebun, tetapi hama dan serangga sering datang mengganggu? Coba tempatkan aluminium foil di sekitar pangkat tanaman.

Selain itu, kamu dapat menjuntai serpihan kertas timah di kebun sehingga menjadi dekorasi baru. Kebun akan terlihat berkilau menakuti hewan yang mungkin datang untuk memakan sayur dan buah beri yang kamu tanam.

Baca juga: Pestisida Alami untuk bunga Mawar

Pelindung peralatan perak

Penggunaannya cukup mudah, yaitu letakkan perak di atas aluminium foil untuk menghambat keausan logam. Cara tersebut dapat mengembalikan barang-barang perak yang sudah usang dan bernoda lebih terlihat baru. Selain bahan ini, kamu juga membutuhkan soda kue serta air.

Pelengkap alat berkemah

Aluminium foil bekas daur ulang dapat menjadi peralatan persiapan makanan untuk perjalanan, berkemah, dan berbagai manfaat lainnya berdasarkan fungsi waterproof-nya.

Ada banyak sekali kegunaan kertas pelindung yang terbuat dari aluminium ini, tetapi karena bahan ini sukar terurai di alam, maka daur ulang adalah solusi yang sangat disarankan. Apabila kamu tidak memiliki waktu untuk mengolahnya, kamu dapat menyumbangkannya ke bank sampah mitra kami di halaman ini. Gulir hingga ke paling bawah halaman, klik logo Butik Daur Ulang.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar cara menanam dan merawat anggrek, serta tanaman hias lain sekaligus melakukan jual beli dengan aman bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot. Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *