Anggrek Dendrobium Mini (Dendrobium enobi)

dendrobium mini

Dendrobium mini ungu (Dendrobium enobi) merupakan salah satu jenis anggrek Dendrobium hybrid yang memiliki julukan ‘evergreen‘. Habitat Dendrobium mini berasal dari Asia yang menyukai iklim hangat dan lembap.

Dendrobium mini ungu banyak dijadikan sebagai salah satu spesies persilangan dengan ciri khas warna ungu di tepian mahkota dan lidah bunga.

Ringkasan

Dendrobium enobi

Dendrobium enobi Komachi merupakan nama latin dari bunga anggrek Dendrobium khusus kelas Dendrobium hybrid. Anggrek ini ditemukan oleh Komachi Karasawa pada 1994 dari persilangan Dendrobium petit Cake x Dendrobium bigibbum.

Anggrek Dendrobium enobi memiliki bulb yang menggelembung saat tumbuh, kemudian akan memenuhi pot dari waktu ke waktu. Saat bunga mekar dengan sempurna, jumlahnya akan hampir menutupi keseluruhan tangkai karena banyaknya jumlah bunga.

Ciri-Ciri Anggrek Dendrobium Mini

Jenis anggrek Dendrobium mini

Anggrek Dendrobium mini memiliki ciri yang mirip dari induk persilangannya, yaitu dominan warna putih dengan beberapa garis merah muda keunguan pada bagian pinggir mahkota bunga. Bagian lidah bunga umumnya juga berwarna ungu.

Baca juga: Jenis Anggrek Dendrobium dan Gambarnya

Dendrobium enobi tumbuh dengan rasio warna ungu dan putih yang bervariasi. Semakin tua maka warna ungu dapat semakin dominan. Jenis bunga Dendrobium ini memiliki ukuran yang tidak cukup besar dengan panjang batang hingga 10 inci. Namun, jika Anda menanam bunga pada pot kecil, maka pertumbuhan bunga akan terbatas dan berukuran mini.

Perawatan anggrek Dendrobium mini

Anggrek Dendrobium mini (Dendrobium enobi)

Bunga anggrek Dendrobium mini dapat tumbuh dalam pot berukuran 4 inci. Jenis anggrek dendrobium mini umumnya menyukai cahaya terang, tetapi teduh. Anda dapat mengaplikasikan tutupan jaring sebagaimana umumnya petani anggrek gunakan sebagai tempat penutupan.

Selama pertumbuhan aktif, Dendrobium mini membutuhkan banyak air dan nutrisi secara terkontrol. Anda dapat melakukan penyiraman tiap tiga hari sekali saat musim kemarau dan seminggu sekali saat musim hujan.

Baca juga: Jenis Anggrek Dendrobium Hybrid

Apabila media tanam anggrek Dendrobium mini masih terlihat basah, maka Anda dapat membiarkannya sejenak sebagai “masa istirahat” perbungaan. Batasi pemberian air hingga pertumbuhan bunga yang baru muncul.

Pemberian pupuk sebaiknya dihindari saat masa dormansi (masa istirahat), yaitu ketika anggrek tidak dalam kondisi pertumbuhan aktif. Anda dapat memberikan larutan encer pupuk B1 sebagai penunjang pertumbuhan.

Media tanam anggrek Dendrobium mini dapat menggunakan media tanam anggrek sebagaimana umumnya, termasuk sabut kelapa, pecahan gerabah, sekam panggang, arang dan lain sebagainya.

Saat akar anggrek Dendrobium tumbuh memenuhi pot, kamu dapat melakukan repotting ke dalam medium yang lebih besar dan mendukung pertumbuhan anggrek. Cara ini dapat membantu anggrek tumbuh secara maksimal dan lebih besar.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar cara menanam dan merawat anggrek, serta tanaman hias lain sekaligus melakukan jual beli dengan aman bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot. Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *