Anggrek rothschild, Anggrek Emas Kinabalu yang Termahal di Dunia!

Anggrek Langka di Dunia

Anggrek termahal di dunia salah satunya adalah anggrek rothschild. Anggrek ini digadang memiliki tampilan yang mirip dengan anggrek jawa.

Saya mengetahui hal tersebut setelah salah seseorang dari grub pecinta anggrek mengatakan hal yang serupa. Saat saya mencoba mencari tahu, tampilan anggrek rothschild memang sama dengan anggrek Jawa, atau Paphiopedilum glaucophyllum.

Keduanya memang berasal dari genus yang sama, tetapi memiliki karakteristik yang berbeda. Secara fisiologi memang memiliki tampilan yang sama. Paphiopedilum glaucophyllum atau dikenal dengan sebutan anggrek selop adalah anggrek endemik Jawa Timur yang memiliki habitat asli di Lereng Semeru.

Namun, bukan tanpa alasan mengapa anggrek rothschild dinobatkan sebagai anggrek paling mahal di dunia. Hal ini disebabkan spesies anggrek emas Kinabalu yang memiliki rentang kembang biak lama.

Paphiopedilum Glaucophyllum Moquetteanum
Paphiopedilum Glaucophyllum Moquetteanum

Anggrek jawa cenderung memiliki kantung berwarna merah keunguan, sedangkan anggrek rothschild memiliki kandung berwarna kecoklatan dengan corak garis-garis cerah.

anggrek rothschild
Paphiopedilum rothschildianum

Identifikasi Anggrek Rothschild

Rothschild’s Paphiopedilum adalah tanaman asli Kalimantan Utara yang memiliki nama latin Paphiopedilum rothschildianum. Bunga anggrek rothschild juga ditemukan di dua tempat hanya di lereng rendah Gunung Kinabalu pada ketinggian 600-1200 m. 

Bunga anggrek ini tumbuh di tanah humus pada tepian batu curam, tebing kapur dan lereng pameran timur laut. Bunga anggrek rothschild sering tumbuh di dekat air mengalir, 6-12 m di atas sungai.

Baca juga: 15 Jenis Bunga Anggrek Termahal

Anggrek Paphiopedilum rothschildianum, juga disebut sebagai Rothschild’s Paphiopedilum, Anggrek Emas Kinabalu, Cordula rothschildiana, Cypripedium elliottianum, Cypripedium neo-guineense, Cypripedium nicholsonianum, Cypripedium rothschildianum, Paphiottianumopedilum aphschildianopedilum, Paphiottianum aphiottianum elliottianum, adalah spesies dari genus Paphiopedilum. 

Spesies ini dideskripsikan oleh (Rchb. F.) Pfitzer pada tahun 1895.

Karakteristik anggrek Paphiopedilum rothschildianum

Anggrek emas Kinabalu adalah anggrek berukuran sedang sampai besar, berdaun jernih, memiliki banyak bunga, hidup di iklim hangat sampai sejuk, tumbuh terestrial, dan memiliki bentuk daun sangat elips atau ligulata sempit. 

Daunnya memiliki panjang 40-60 cm dan lebar 5 cm, berkulit kasar, berwarna hijau cerah hingga hijau kekuningan, dan memiliki rambut kemerahan di bagian pangkalnya. Pada tingkat cahaya yang cukup tinggi, daun akan berwarna kekuningan.

Spesies anggrek Paphiopedilum ini mekar di musim semi dan musim panas berwarna kemerahan, hingga 2 1/2 ‘(75 cm). Bunganya dapat berukuran cukup besar, bahkan ada yang mencapai diameter 30-45 cm. 

Ujung kelopak dorsal yang bulat telur dan tajam dapat berwarna hijau pucat, berwarna krem ​​atau kuning dengan garis-garis ungu. Kelopak bawah serupa tetapi lebih kecil. Serpihan lingkaran bagian dalam, yang miring beberapa derajat di bawah garis horizontal, berwarna putih gading atau kuning, dengan urat kastanye. 

Kelopak bunga ini terbuka lebar, dan di pangkalnya terdapat bintik-bintik hitam kecil dengan rambut pendek. Tepiannya bergelombang dengan rambut-rambut halus yang tebal. Bibir bunga berwarna hijau keemasan cerah mengilap dengan bintik-bintik ungu atau kastanye yang besar.

Pertumbuhan dan perawatan Anggrek Rothschild

Informasi ini hanya berisi panduan secara umum untuk perawatan dan pertumbuhan anggrek rothschild. Beberapa faktor lain dapat berpengaruh sehingga kamu dapat memutuskan metode yang ingin kamu kembangkan.

Cahaya

Anggrek Paphiopedilum rothschildianum membutuhkan tingkat pencahayaan 20000-30000 lux. Cahaya yang tersebar harus cukup sehingga daun memiliki warna hijau cerah, tetapi tidak boleh terlalu lama terpapar sinar matahari. 

Spesies ini agak kesulitan tumbuh, tetapi tetap akan tumbuh dengan baik di tempat teduh. Apabila ia tumbuh di tempat dengan permasalahan cahaya yang kurang atau berlebih, maka akan berpengaruh pada pembungaan.

Suhu

Anggrek Rothschild termasuk tanaman termofilik, sehingga ia akan mengalami dormansi saat berada di tempat yang dingin. 

Di musim panas, suhu rata-rata siang hari adalah 28-29 ° C, malam hari 16-17 ° C, dengan amplitudo suhu harian 12-13 ° C. Pada suhu inilah, bunga anggrek ini biasanya akan berbunga, meskipun harus menunggu selama 15 tahun.

Pada musim hujan, udara malam yang mengalir dari lereng Gunung Kinabalu cukup dingin, sehingga perbedaan suhu yang besar dapat memengaruhi pertumbuhan dan pembungaan anggrek spesies ini.

Kelembapan

Anggrek Emas secara alami tumbuh di sepanjang sungai sehingga ia cenderung memerlukan kelembapan yang tinggi sepanjang tahun. 

Anggrek ini dapat tumbuh di rumah kaca dengan kondisi kelembapan sedang hingga hangat, serta kelembaban tinggi berkisar antara 65-95%.

Substrat dan media tanam

Anggrek Rothschild harus tumbuh pada substrat yang gembur dan memiliki tingkat kekeringan dengan baik yang menjaga kelembapan, tetapi tidak menyerap. 

Penambahan sphagnum moss cincang dapat membuat pertumbuhan anggrek lebih subur, terutama bila tanaman ditanam di tempat dengan kelembapan rendah. 

Dengan bertambahnya usia, tanaman akan tumbuh dan bagian atasnya menjadi keras, sehingga lebih mudah merawatnya jika ditanam di pot keramik dengan alas yang lebar. 

Penambahan kalsium dalam media tanam juga sangat penting karena spesies ini tumbuh di dalam tanah dengan pH biasa. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan cangkang kerang yang dihancurkan ke media tanam kemudian dapat disiram kembali sehingga kalsium larut. 

Cara lainnya, kamu dapat menambahkan batuan alami ke media tanam, yaitu batuan atau serbuk dolomit yang tersedia di toko-toko. 

Untuk menghindari penumpukan garam mineral pada media tanam, Kamu dapat menyiram secara rutin dan berkala. Misalnya, dilakukan sekali sebulan dengan merendam akar dan substrat media tanam, lalu tuangkan di air bersih dalam jumlah dua kali lipat volume pot.

Air dan penyiraman

Bunga anggrek Rothschild harus sering disiram dengan hanya sedikit pengeringan di antara jeda penyiraman, terutama jika iklim tumbuh anggrek berada di lingkungan panas. Pastikan media taman juga tidak terlalu basah.

Pemupukan

Selama pertumbuhan aktif, bunga harus dipupuk setiap minggu atau setiap dua minggu dengan seperempat hingga setengah dari dosis pupuk yang dianjurkan untuk anggrek. Pupuk sebaiknya dilarutkan lebih dulu dalam air untuk menghindari konsentrasi yang terlalu pekat.

Periode istirahat dan direpoting

Pada musim dingin, tanaman yang dibudidayakan membutuhkan lebih sedikit air, terutama jika tingkat cahaya jauh lebih rendah daripada di musim panas. Namun, kamu juga tidak boleh membiarkan media tanam benar-benar mengering. 

Pemupukan harus dibatasi satu per bulan sampai muncul pertumbuhan baru. Tanaman harus dipindahkan segera setelah diketahui apabila muncul pembusukan pada media tanam. 

Anggrek Rothschild membutuhkan air dalam jumlah besar, sehingga repotting mungkin perlu dilakukan setiap tahun, terutama bila komposisi substrat lumut sphagnum banyak dalam media tanam. 

Tanaman dapat direpotting pada waktu yang berbeda sepanjang tahun, tetapi paling baik dilakukan di musim gugur atau musim dingin, yang memungkinkan untuk mendapatkan kembali bentuk akar yang sehat.

Apa yang membuat anggrek Rothschild mahal?

Beberapa informasi yang kami terima bahwa periode pembungaan anggrek rothschild yang lama, yakni membutuhkan waktu 15 tahun, menjadi alasan mengapa anggrek ini menjadi jenis anggrek termahal di dunia.

Selain itu, perawatan dan pertumbuhan anggrek ini juga tidak sederhana seperti halnya spesies anggrek lain. Lingkungan habitat aslinya dengan kelembapan tinggi membuat anggrek ini cukup susah untuk berbunga apabila tidak pada habitat yang sesuai.

Di habitat aslinya pun, populasi anggrek Rothschild hanya tersisa beberapa tanaman saja. Di beberapa wilayah Eropa, terutama Inggris, anggrek ini termasuk dalam spesies anggrek yang dilindungi.

Untuk membudidayakan anggrek spesies langka ini, kamu memerlukan izin khusus. Namun, kami belum menemukan adanya informasi apakah anggrek ini diperjualbelikan, mengingat juga peminat anggrek ini tidak sebanyak anggrek phalaenopsis sp.

Kesimpulan

Anggrek rothschild cukup mudah dirawat, tetapi sulit berbunga. Pembungaan baru pada tanaman dewasa biasanya mekar dalam dua tahun.

Pada tanaman muda, pembungaan mungkin membutuhkan waktu 4-5 tahun, sedangkan pertumbuhan anggrek dari bibit hingga pembungaan mekar terkadang membutuhkan waktu 10-15 tahun.

Salam Angphot! Kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Leave a Reply