Apa itu Aphelion? Dampak dan Cara Mengatasi Suhu Dingin

fenomena aphelion

Suhu hari ini sangat dingin, lebih dingin dari hari-hari sebelumnya. Suhu dingin di bumi ini diperkirakan akan berlangsung hingga Agustus. Suhu dingin pada tanggal 6 Juli yang terjadi hari ini sebabkan karena fenomena Aphelion.

LAPAN (Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional) telah mengumumkan melalui akun media sosial resminya bahwa fenomena aphelion akan terjadi tepat pada 6 Juli 2021 pukul 05.27 WIB atau 06.27 WITA atau 07.27 WIT.

Aphelion adalah fenomena di mana posisi Bumi berada di titik revolusi terjauh dari matahari. Bumi diperkirakan berada pada jarak 152.100.527 kilometer dari matahari. Saat bumi berevolusi, jalur yang dilalui untuk mengitari matahari tidak sepenuhnya berbentuk bulat, melainkan cenderung lonjong membentuk elips.

Oleh karena itu, saat Bumi berada di titik terjauh dari matahari, maka akan terjadi fenomena aphelion, sedangkan saat Bumi berada di titik terdekat pada matahari akan terjadi fenomena perihelion.

Dikutip dari laman NASA (The National Aeronautics and Space Administration) bahwa saat fenomena aphelion, suhu di bumi dapat turun hingga 4 derajat Celsius.

Namun, fenomena aphelion ini tidak perlu dicemaskan meskipun bumi berada di titik terjauh dari matahari. Distribusi panas yang diterima Bumi di setiap permukaannya tetap sama.

Menurut Emanuel Sungging, Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lapan, menyebutkan bahwa suhu dingin di bulan Juli ini bukan karena sebab langsung fenomena aphelion, melainkan lebih disebabkan karena dinamika atmosfer Bumi yang normal terjadi.

Baca juga: apakah perbedaan efek rumah kaca pemanasan global dan perubahan iklim

Penyebab suhu dingin

Penyebab suhu dingin di setiap pertengahan tahun, tepatnya ketika bulan Juni hingga Agustus disebabkan karena dinamika atmosfer Bumi.

Tutupan awan yang lebih sedikit saat Bulan Juni hingga Agustus menyumbang faktor penyebab penurunan suhu di Bumi. Hal ini disebabkan karena radiasi Matahari yang mampu diserap Bumi jauh lebih sedikit dibandingkan yang dipantulkan kembali.

aphelion dan perihelion

Saat ini posisi Bumi condong dengan kelonjongan 1/60 yang menyebabkan perbedaan tekanan antara belahan Bumi Selatan dan Utara. Bagian Utara yang condong ke arah matahari menjadi lebih hangat sehingga memiliki tekanan yang lebih rendah dari belahan Bumi Selatan.

Akibatnya, udara akan bertiup dari belahan Bumi Selatan yang memiliki tekanan lebih tinggi ke wilayah Bumi Utara. Sementara itu, di wilayah Bumi Selatan, tepatnya Australia, mendekati musim dingin membawa udara dingin ke wilayah Selatan.

Oleh karena itu, beberapa wilayah di Indonesia, khususnya di Selatan khatulistiwa, seperti Pulau Jawa, Nusa Tenggara, dan Bali, memiliki suhu yang lebih dingin dibandingkan di wilayah lain.

Selain penurunan suhu, beberapa dampak fenomena aphelion yang terjadi adalah penampakan matahari yang lebih kecil. Dari Bumi, diameter Matahari tampak 1,68% lebih kecil dari ukuran yang sebenarnya.

Mengatasi suhu dingin

cara mengatasi suhu dingin
Berolahraga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh saat suhu dingin

Ketika suhu sangat dingin, penting untuk menjaga imunitas tubuh karena di cuaca seperti ini, tubuh rentan sakit, baik itu demam atau flu. Beberapa cara mengatasi suhu dingin yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Kenakan pakaian tebal dan menyeluruh

Saat suhu cuaca dingin, alangkah baiknya kamu mengenakan pakaian yang tebal dan menutupi seluruh tubuh, bahkan saat tidur sekalipun. Kamu dapat juga mengenakan sarung tangan dan kaos kaki sebagai pelengkap.

Hindari mengenakan pakaian yang tipis dan terbuka seperti halnya saat musim panas. Beberapa akibat yang mungkin tidak kamu sadari adalah mengalami hipotermia, di mana hal ini bisa sangat membahayakan tubuh.

2. Makan makanan menyehatkan

Mengonsumsi makanan bermanfaat yang menyehatkan tidak boleh diabaikan. Makanan sehat dapat memperkuat kekebalan tubuh terhadap penyakit, terutama di musim dingin.

Sayuran dan buah kaya akan vitamin, terutama vitamin C, dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah penyakit, dan juga memiliki antioksidan yang membantu mencegah tubuh dari infeksi.

3. Meminum minuman hangat

Meminum minuman hangat dapat membantu tubuh lebih mudah beradaptasi terhadap udara dingin. Hal ini juga merupakan salah satu cara mengatasi suhu dingin yang cukup direkomendasikan, terutama untuk relaksasi diri.

Kamu dapat menyeduh jahe susu di kala suhu sangat dingin, duduk bersama keluarga di teras keluarga sambil bercengkerama membicarakan banyak hal.

4. Tetap olahraga

Olahraga dapat membantu tubuh tetap fit dan hangat karena tubuh mengeluarkan racun-racun melalui keringat. Suhu tubuh juga dapat meningkat saat kamu melakukan suatu aktivitas yang membutuhkan tenaga.

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk berolahraga, kamu dapat melakukannya menjelang sore hari, dan cukup dilakukan di rumah saja, seperti push up, back up, sit up, dan sebagainya.

5. Mandi air hangat

Mandi air hangat merupakan cara efektif untuk mengatasi suhu dingin, terutama di bulan Juli ini. Kamu bisa menerapkan kebiasaan mandi air hangat ini saat mandi sore atau di malam hari.

Fenomena aphelion yang masih salah diartikan sebagai penyebab suhu dingin ini mungkin cukup menuai beberapa kekhawatiran terhadap opini Masyarakat. Jika kamu merupakan salah satu yang telah mengetahui faktanya, maka jangan sungkan membagikannya dengan keluarga dan orang-orang terdekat.

Salam Angphot! Kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Leave a Reply