Bunga menjadi salah satu benda yang sering dijadikan sebagai hadiah saat pernikahan, ulang tahun, atau dalam acara penting bagi orang yang kita sayang. Faktanya, ungkapan “Katakan dengan bunga” menjadi cukup populer karena alasan tersebut.

Baca juga: Jenis Bunga Anggrek Termahal

Yang lebih menarik, rupanya ada jenis bunga termahal di dunia ini yang membuatnya istimewa dan memang jarang dijumpai atau langka. Bagi seorang kolektor bunga, jenis-jenis bunga tersebut bisa menjadi rekomendasi bunga koleksi.

10 Bunga termahal di dunia

Jenis bunga termahal di dunia mendapatkan predikat istimewa karena keberadaannya yang cukup langka dan memiliki bentuk yang umumnya dinilai unik. Berikut daftar 10 bunga termahal di dunia!

1. Kadupul (tidak ternilai)

kadupul bunga termahal di dunia
Epiphyllum oxypetalum

Bunga kadupul menjadi nominasi bunga termahal di dunia pada urutan pertama karena memiliki harga yang tidak ternilai. Bunga ini cukup langka dan tidak bisa dipanen.

Kadupul sebenarnya merupakan spesies kaktus dan hanya mekar di malam hari sehingga dijuluki sebagai “The Queen of The Night“. Ketika mekar, bunga ini memancarkan aroma yang menenangkan dan indah.

Kadupul hanya dapat hidup beberapa jam setelah dipetik sehingga tidak memungkinkan untuk menjual bunga yang eksotis dan unik ini.

2. Juliet Rose ($15,8 juta)

juliet rose bunga termahal di dunia
The David Austin Wedding Rose Juliet

Bunga Mawar Juliet memiliki nama lain The David Austin Wedding Rose Juliet, merupakan salah satu jenis bunga mawar termahal di dunia. Bunga mawar ini membutuhkan waktu hingga 15 tahun untuk tumbuh dan berbunga.

Selain membutuhkan waktu yang lama dan cukup langka, ia juga hanya bisa dipanen dengan bantuan badai. Jika tidak ada badai, maka bunga mawar ini tidak bisa mekar dan gagal panen.

Penciptanya, David Austin memamerkannya kepada dunia di Chelsea Flower Show pada tahun 2006. Bunga mawar ini bernilai £ 3 juta atau sekitar $ 15,8 juta.

3. Anggrek Nongke Shenzhen ($200.000)

Anggrek ini adalah bunga buatan manusia dan dinamai menurut kelompok peneliti yang membudidayakannya. Para peneliti membutuhkan waktu delapan tahun untuk membiakkan bunga ini dan mengamatinya. 

Harganya yang mahal karena keindahan, kelangkaannya, latar belakang, serta tingkat kesulitan dalam budidayanya. Anggrek membutuhkan waktu sekitar lima tahun untuk mekar dan memiliki penampilan yang lembut dan menenangkan.

4. Anggrek Emas Kinabalu ($6000 per potong)

Anggrek Langka di Dunia
Paphiopedilum rothschildianum

Bunga anggrek emas Kinabalu dikenal sebagai anggrek endemik tropis yang memiliki kantung pada mahkota bunganya. Bunga ini memiliki nama latin Paphiopedilum rothschildianum, yang dijuluki sebagai “Emas Kinabalu”.

Keberadaan anggrek ini cukup langka dan ia juga memiliki bentuk yang cukup unik. Bunga ini dinobatkan sebagai bunga termahal karena sulit untuk membudidayakannya. Ia membutuhkan waktu cukup lama, bahkan hingga 15 tahun untuk berbunga.

Bunga anggrek ini memiliki kelopak hijau yang indah dihiasi dengan titik-titik merah, dan hanya tumbuh di Taman Nasional Kinabalu Malaysia.

5. Saffron Crocus ($ 1200 – $ 1500 per pon)

Crocus sativus
Crocus sativus

Saffron merupakan spesies bunga Crocus sativus yang biasa dikenal dengan sebutan “saffron crocus”. Bunga ini cukup populer dijadikan sebagai pewarna dan bumbu pada makanan istimewa tingkat tinggi.

Bunga saffron berwarna ungu dengan benang sari berwarna kuning. Namun, untuk menyiapkan bumbu dari bunga ini sangat sulit karena membutuhkan sekitar 80.000 bunga untuk mengekstrak 500 gram bumbu. Namun, kerja keras itu tidak sia-sia karena bumbu Saffron ini sangat diminati.

6. Tulip Bulb (dijual seharga $ 5.700 pada abad ke-17)

bunga Lily Tulip

Bunga tulip yang memiliki bentuk sederhana yang umumnya menggelembung dan banyak tumbuh di Belanda dan pernah menjadi salah satu jenis bunga termahal di dunia pada abad 17.

Orang Belanda menyukai bentuknya dan warnanya yang memiliki pesona mengikat lebih kuat dari bunga lainnya. Harganya melonjak hingga 10.000 gulden ($ 5.700) dan tulip tetap menjadi simbol status yang dicari sejak saat itu.

7. Gloriosa ($ 6 – $ 10 per bunga)

Gloriosa

Gloriosa adalah genus dari 12 spesies dalam famili tumbuhan Colchicaceae, dan termasuk genus Littonia yang sebelumnya dikenal. Gloriosa berasal dari Asia dan Afrika Selatan. 

Harga bunga Gloriosa mahal karena merupakan bunga langka dan unik. Gloriosa memiliki kelopak bunga yang mencolok dengan warna yang berubah-ubah dari tengah ke ujung. Kamu bisa menemukan bunga-bunga ini dengan warna kuning-hijau, kuning, oranye, dan merah tua.

8. Hydrangea ($ 6,5 per batang)

Hydrangea
Hydrangea

Hydrangea atau yang lebih umum disebut hydrangea atau hortensia, merupakan salah satu dari 70 – 75 spesies bunga asli Asia dan Amerika.

Hydrangea sebagian besar berwarna putih saat awal kali mekar, kemudian berubah ungu, ungu muda, merah muda, dan biru. Bunga-bunga ini mudah layu, oleh karena itu disarankan untuk membelinya sedekat mungkin dengan acara. 

Bunga ini banyak digunakan dalam berbagai kesempatan, terutama pernikahan. Namun, dibutuhkan banyak kerja keras untuk membudidayakan dan memanen bunga-bunga indah ini.

9. Lily of the valley ($ 15 – $ 50 per bundel)

Convallaria majalis
Convallaria majalis

Lily of the valley, memiliki nama latin Convallaria majalis, adalah bunga yang umumnya tumbuh di hutan, memiliki warna putih berbentuk lonceng, beraroma harum dan biasa mekar saat musim semi.

Lily of the Valley juga memiliki aroma yang manis, tetapi bunga ini juga beracun. Bunga ini memiliki penampilan yang mungil dan halus. 

Lily o f the valley biasanya tumbuh di akhir musim semi dan hanya hidup selama beberapa minggu. Saat memanen bunga ini, pemanen harus memetik bunga-bunga ini dengan sangat hati-hati untuk memperpanjang umurnya.

10. Lisianthus ($ 10 – $ 35 per bundel)

Eustoma

Eustoma, umumnya dikenal sebagai Lisianthus atau padang rumput gentian, adalah genus kecil dalam keluarga gentian. Bunga ini merupakan jenis bunga endemik dari Amerika Serikat bagian selatan, Meksiko, Karibia dan Amerika Selatan bagian utara.

Lisianthus mekar setiap tahun dan dapat tumbuh dengan ukuran diameter sekitar lima sentimeter. Bunga ini memiliki kelopak yang halus, kusut, lebar dan dapat dilihat dalam berbagai warna dari ungu biru, lavender, putih, dan ungu pucat.

Lisianthus menjadi salah satu nominasi bunga termahal karena hanya bertahan beberapa minggu setelah dipotong dari batangnya. Bunga yang telah dipetik akan berwarna halus dan putih sehingga disebut “bunga kertas”.

Itulah 10 jenis bunga termahal di dunia berdasarkan beberapa pertimbangan dan referensi yang kami dapatkan di berbagai sumber.

Salah satu alasan mengapa 10 bunga di atas menjadi bunga termahal di dunia adalah karena keunikan bentuk dan keberadaannya yang langka. Apakah kamu tertarik untuk mengoleksinya?

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.