Bunga Torenia: Cara Menanam, Perawatan, dan Manfaatnya

Bunga torenia atau kadang disebut sebagai wishbone flower (Torenia fournieri) merupakan tanaman perdu yang dapat tumbuh di tempat teduh. Bentuk bunganya yang unik mirip trompet dengan warna-warni cerah membuat ruangan akan semakin indah. Kamu pun juga tidak perlu memusingkan tempat karena bunga torenia bisa kamu tempatkan di dalam rumah.

Baca juga: Bunga dalam Rumah

Warna bunga torenia yang paling umum dijumpai dan paling banyak diminati adalah warna biru dan merah menyala. Di luar negeri, bunga ini dapat hidup liar di alam dan penyerbukannya dibantu oleh burung kolibri.

Dapatkan bunga torenia dengan harga terjangkai di lama katalog Angphotorion di sini!

Nama latin bunga torenia

Nama BotaniTorenia Fournieri
Nama UmumBunga wishbone, sayap biru
Jenis tanamanTahunan
Ukuran dewasaTinggi 6–12 inci, lebar 6–9 inci
Paparan sinar matahariSebagian, naungan
Jenis tanahLempung, lembab, berdrainase baik
pH tanahAsam, netral
Waktu MekarJuni hingga beku
Warna BungaBiru-ungu, lavender, pink, mawar, putih
Zona tahan banting2–11
Daerah AsliAsia

Bunga torenia dapat tumbuh dengan baik di tempat teduh meskipun kamu tetap harus memperhatikan intensitas cahaya matahari yang sebaiknya didapatkan oleh bunga. Kamu dapat menempatkan bunga di tempat yang sekiranya terpapar sinar matahari dalam durasi yang singkat, misalnya ketika pagi atau sore hari.

Baca juga: Teknik Mananam Urban Farming

Varietas bunga

Ada beberapa jenis bunga torenia dengan tampilan yang beragam, antara lain:

  • ‘Catalina White Linen’: Tanaman ini memiliki bunga putih murni dan tingginya mencapai sekitar 16 inci. 
  • ‘Kauai Rose’: Varietas ini memiliki bunga merah muda dan putih cerah dan terkenal karena toleransi panas dan kelembapannya.
  • ‘Moon Purple’: Varietas ini menampilkan bunga lavender dan ungu tua dan tumbuh setinggi sekitar 10 inci.
varietas bunga torenia
Berbagai jenis bunga torenia berdasarkan varietasnya

Perawatan bunga torenia

Apabila kamu hendak menanam bunga torenia dari biji, maka sebaiknya kamu bisa memulai menyemai enam hingga delapan minggu sebelum musim penghujan. Perhatikan bahwa bunga tidak dapat langsung diaplikasikan langsung pada media tanam tanah. Dengan demikian, kamu dapat memulai dengan memanfaatkan pot atau polybag kecil.

Jangan menutupi benih dengan tanah, karena benih membutuhkan cahaya untuk berkecambah . Jaga agar tanah tetap lembap dan relatif hangat — sekitar 70 derajat Fahrenheit — sampai benih berkecambah. Setelah itu, mereka dapat menangani suhu yang lebih dingin. Menjepit ujung yang tumbuh saat mencapai beberapa inci tingginya akan membantu menciptakan tanaman yang lebih lebat.

Secara umum, sangat jarang menanam bunga torenia dari biji, karena biasanya petani bunga hias menjual dalam bentuk bibit usia muda. Maka perawatan yang dapat diberikan adalah penyiraman ketika media tanam tampak kering.

Kamu dapat mengira-ngira kapan waktu yang tepat untuk menyiram melalui media tanam. Jika merasa kesulitan, maka kamu dapat menggunakan lidi, kemudian benamkan beberapa cm ke dalam media tanam, tarik dan lihat apakah ujung lidi masih terlihat basah. Jika ujung lidi kering, maka kamu dapat melakukan penyiraman.

Deadheading (menghilangkan bunga yang sudah mekar) umumnya tidak perlu dilakukan, meskipun dapat membantu mendorong lebih banyak pertumbuhan dan pembungaan. Selanjutnya, jika tanaman terlihat kurus, kamu dapat memotongnya kembali menjadi sekitar setengah tingginya.

Cahaya

Bunga torenia dapat beradaptasi dengan baik di banyak lokasi; Namun, tempat yang ideal umumnya di mana bunga dapat mendapatkan sinar matahari pagi dan sore. Jika kamu tinggal di iklim yang memiliki musim panas yang panas, pilih lokasi yang cukup teduh untuk bunga yang kamu tanam.

Media tanam

Bunga-bunga ini lebih menyukai media tanam tanah liat yang kaya organik dengan pH tanah yang sedikit asam hingga netral. Drainase tanah yang baik sangat penting untuk mencegah busuk akar. Untuk meningkatkan kualitas tanah, pertimbangkan untuk mencampurkan beberapa kompos pada saat penanaman.

Air

Bunga torenia tumbuh paling baik pada suhu sekitar 70 hingga 75 derajat Fahrenheit di siang hari dan 65 hingga 70 derajat Fahrenheit di malam hari. Mereka dapat menoleransi suhu yang lebih dingin, meskipun embun beku dapat menyebabkan tanaman layu dan mati. 

Bunga ini juga tidak menyukai panas atau kelembapan yang berlebihan dan dapat memanfaatkan lapisan mulsa di iklim panas untuk menjaga akarnya tetap dingin.

Pupuk

Agar bunga torenia tetap sehat dan dapat mekar dengan baik, berikan pupuk serbaguna yang seimbang kira-kira setiap beberapa minggu selama musim tanam (musim semi ke musim gugur atau pada saat musim kemarau yang lembap). Kamu dapat menggunakan pupuk cair atau pupuk butiran lepas lambat dengan mengikuti petunjuk label cara pakai.

Pembibitan Bunga Torenia

Untuk membuat bibit bunga torenia, kamu dapat melakukannya dengan cara stek batang yang panjangnya setidaknya 6 inci dari tanaman yang ada. Cobalah untuk mendapatkan simpul (benjolan terangkat) di bagian bawah batang, yang kemungkinan besar akan berakar. 

Buang semua daun di bagian bawah potongan, dan masukkan ke dalam air. Setelah akar mulai tumbuh, tanam potongan di kertas atau pot gambut yang diisi dengan campuran tanah dengan bahan organik yang mencukupi, serta jaga agar tanah tetap lembap. 

Kemudian, bawa tanaman ke luar untuk rentang waktu yang lebih lama selama sekitar satu minggu untuk membiasakannya berada di luar ruangan sebelum menanamnya di kebun.

Baca juga: Cara Menanam Anggrek Tanpa Akar

Hama dan penyakit tanaman

Bunga torenia tidak memiliki masalah besar dengan hama atau penyakit. Namun, mereka dapat rentan terhadap penyakit jamur, seperti embun tepung, yang dapat menghitamkan dan merusak daun dan batang. Kami menyarankan agar kamu dapat menyediakan kondisi pertumbuhan yang optimal dan sirkulasi udara yang baik untuk tanaman akan membantu mencegah sebagian besar masalah hama dan penyakit.

Selain itu, beberapa hama yang umum menyerang termasuk kutu daun dan lalat putih. Apabila tanaman diserang kutu daun, biasanya tanda yang muncul adalah adanya residu lengket yang ditinggalkan serangga saat mereka memakan tanaman. Sedangkan dari lalat putih, kamu mungkin menjumpai serangga terbang kecil muncul ketika tanaman terganggu.

Untuk mengontrol hama dan penyakit ini, kamu dapat memanfaatkan insektisida berdasarkan aturan dosis yang telah ditetapkan pada label kemasan.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar cara menanam dan merawat anggrek, serta tanaman hias lain sekaligus melakukan jual beli dengan aman bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot. Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

1 thought on “Bunga Torenia: Cara Menanam, Perawatan, dan Manfaatnya”

Leave a Comment

Your email address will not be published.