Beberapa kali kami mencoba mencari tips bagaimana cara jualan laris di shopee, setidaknya supaya toko kami banyak pengunjungnya. Kami memiliki toko online yang sangat ingin kami kembangkan dan dikenal banyak orang.

Setelah banyak trial error, percobaan, dan pengalaman, akhirnya kami memahami beberapa hal penting bagaimana supaya produk laris di toko online, seperti shopee.

Saat kamu sudah membuat akun di shopee, kamu bisa melihat sebuah fitur buat toko. Jika kamu ingin membuat toko dengan nama kamu, kamu bisa langsung mendaftar pada fitur tersebut. Namun, jika kamu ingin membuat toko dengan nama lain, maka disarankan supaya membuat pendaftaran akun baru dengan nama toko yang kamu inginkan.

Alasan menggunakan shopee

cara jualan laris di shopee

Tidak dipungkiri bahwa kini shopee menjadi salah satu marketplace yang banyak disukai berbagai kalangan. Selain karena penggunaannya yang mudah dan menu navigasi yang jelas, shopee juga menawarkan berbagai program menarik, seperti gratis ongkir, voucher belanja, dan sebagainya.

Director of Shopee Indonesia, Christin Djuarto, mengungkapkan bahwa pengguna aktif shopee di Indonesia tercatat sebanyak lebih dari 43 juta yang didasarkan pada jumlah download aplikasi di App Store atau Play Store.

Tentunya hal tersebut menjadi peluang bagi pedagang kecil dan UMKM untuk menjual produknya secara online demi menjangkau pelanggan secara nasional.

Oleh karena itu, memahami bagaimana persaingan dan faktor-faktor apa yang memengaruhi laris tidaknya produk di shopee penting dilakukan, terutama oleh pemula. Berikut kami telah rangkum 9 cara jualan laris di shopee berdasarkan pengalaman kami.

Baca juga: Bagaimana cara memasukkan produk ke Indomaret?

10 Tips cara jualan laris di shopee

Kami telah membangun brand kami secara perlahan di shopee dan menemui banyak tantangan sekaligus proses yang cukup melelahkan. Namun, proses tersebut membuat kami memahami banyak hal dan seluk beluk yang diperlukan dalam dunia jualan online.

Selama kami mencoba berjualan di marketplace shopee, ada beberapa hal yang kami pelajari, termasuk tips bagaimana melariskan dagangan di marketplace oranye ini. Berikut beberapa hal tips bagaimana cara jualan laris di shopee:

1. Pastikan gambar menarik dan berkualitas

produk detail dan menarik di shopee
Gambar produk harus menarik dan detail

Saat kamu akan mencoba memosting suatu produk, posisikan dirimu sebagai pembeli. Saat pembeli melihat gambar produk yang kamu posting, apakah pada pandangan pertama, kamu akan tertarik?

Karena kami tidak memosting sendiri produk kami dan diserahkan pada admin kami yang kebetulan belum mengetahui hal ini, beberapa produk kami di-uploud sembarangan. Saat kami meninjau kembali produk-produk kami, lantas kami putar haluan. Gambar seperti apakah yang menarik?

Jika kamu memosting suatu produk, pastikan untuk mengambil gambar dari beberapa tampilan. Misal, kamu ingin menjual produk buku, maka gambar akan lebih menarik jika kamu menambahkan gambar yang lebih detail, seperti bagian cover, kemudian cover belakang, dan jika bisa isinya juga seperti apa, cukup sebagai testimoni.

Mengunggah gambar yang digayakan estetik juga cukup bagus karena saya masih menjumpai hal seperti ini. Namun, jika di marketplace, pelanggan akan cenderung memilih kategori produk yang memiliki detail.

Gambar estetik akan lebih menarik jika kamu memostingnya di website olshop pribadi atau instagram. Jadi, bagaimana cara jualan laris di shopee yang pertama adalah detail gambar yang menarik. Setidaknya, kamu akan langsung tertarik begitu melihat produkmu pada pandangan pertama.

2. Isi deskripsi yang lengkap

Faktor kedua adalah bagaimana kamu mengisi deskripsi produk kamu. Setelah pelanggan memutuskan untuk melihat produk kamu, maka sebelum membelinya, ia akan melihat detail produk yang kamu jabarkan.

Tidak jarang calon pelanggan memilih meninggalkan lapak kamu karena produk yang kamu unggah tidak memiliki kejelasan atau keterangan yang menarik dan dibutuhkan oleh pelanggan.

Usahakan untuk mengisi deskripsi produk secara detail. Pahami kelebihan dan kekurangan, serta keunikan produk kamu dibandingkan produk sejenis yang sudah ada, apabila memungkinkan.

Buatlah kalimat yang memuji produk kamu secara tidak berlebihan, tetapi dibutuhkan oleh pelanggan sehingga calon pelanggan tertarik untuk membeli produk kamu.

3. Manfaatkan media sosial lain

branding produk di media sosial
Pentingnya sosial media marketing | Sumber: LFStudio.com

Saat ini, penggunaan media sosial lain, seperti instagram, facebook, atau TikTok telah menjamur di kalangan anak milenial. Tentunya hal ini bisa menjadi kesempatan untuk kamu branding produk, terutama apabila target market kamu adalah anak-anak muda.

Bangun merek produk kamu, update konten, baik berupa promosi atau setidaknya manfaat dari produk yang kamu tawarkan. Atau bagikan seputar tips and trik yang berkaitan dengan produk kamu. Hal ini bisa menjadi salah satu cara jualan laris di shopee, terutama jika halaman media sosial kamu menjadi trending di suatu waktu.

Manfaatkanlah TikTok, karena meskipun tanpa followers yang banyak, jika suatu video dianggap menarik dan bermanfaat, maka berpotensi dilihat oleh banyak orang.

4. Manfaatkan iklan

Apabila kamu memiliki budget lebih, kamu bisa memanfaatkan iklan untuk membuat produk lebih dikenal luas oleh pelanggan. Kamu bisa memanfaatkan google Ads yang memiliki jangkauan luas, terutama untuk pelanggan yang sering berselancar di internet.

Atau, kamu bisa memulai menggunakan facebook Ads yang hanya membutuhkan biaya lebih sedikit dan bisa disesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Selain terstruktur, iklan online ini dapat diatur untuk target market tertentu sesuai produk yang kamu miliki. Selain itu, rentang waktu dan jangkauan iklan online juga lebih luas dibandingkan dengan iklan tradisional.

Jika kamu tidak memiliki cukup dana untuk iklan tertentu, maka kamu bisa menggunakan jasa endrosement yang mana sekarang ini banyak jasa erdorsement membuka promo produk tertentu secara gratis.

akun pp gratis di instagram
Beberapa contoh akun erdorsement gratis di Instagram

Kamu bisa mulai mencari di instagram dengan kata kunci pp gratis. Pilihlah mana yang akan kamu kontak untuk bekerja sama, kemudian ikuti persyaratan yang ditentukan oleh mereka. Cara ini akan efektif apabila kamu tepat memilih jasa endorse dengan target market sesuai.

5. Harga dan kualitas kompetitif

Salah satu cara supaya dagangan laris di shopee adalah kamu telah memperhitungkan kualitas dan harga yang ditawarkan oleh kompetitor. Selain kualitas yang juga menentukan, faktor utama dari laris tidaknya produk adalah harga yang bersaing.

Jadi, sebelum up suatu produk, amatilah harga dari kompetitor yang menjual produk yang sama denganmu. Apakah harga yang kamu tawarkan bisa bersaing dengan mereka?

Setelah seorang pelanggan memesan produk kamu, maka kualitas produk yang kamu jual akan menentukan kelangsungan toko online kamu ke depannya. Jika barang yang kamu jual berkualitas, maka pelanggan akan senang dan bahkan bisa menjadi pelanggan tetap.

Selain itu, mereka bisa saja merekomendasikan toko kamu pada teman-temannya yang tentunya hal ini bisa menjadi keuntungan dan proses promosi mouth to mouth yang tidak membutuhkan biaya, alias gratis serta memang terbukti efektif.

6. Update promo di media sosial

Selain memberikan konten yang sifatnya mengedukasi dan memberikan manfaat pada pelanggan, maka kamu bisa menambahkan konten mengenai promo produk yang kamu tawarkan.

Buatlah konten yang menarik, baik di instagram, facebook, atau tiktok, yang setidaknya sesuai dengan kebutuhan market kamu. Jangan lupa juga untuk memperhitungkan waktu di mana konsumen memiliki dana lebih, misalnya pada tanggal 25-27 setiap akhir bulan.

7. Manfaatkan fitur naikkan produk

Shopee memiliki sebuah fitur naikkan produk di mana dengan menggunakan fitur ini, maka produk kamu akan muncul di halaman awal selama 3 jam.

fitur naikkan produk supaya jualan laris di shopee

Kami telah beberapa kali mencoba fitur ini dan bertepatan dengan suasana hari raya, daftar pengunjung yang melihat produk kami terbukti naik daripada saat kami tidak menggunakan fitur ini.

Jadi, kamu bisa memanfaatkan fitur ini dan naikkan produk pada waktu-waktu tertentu yang potensial, seperti saat sore hari di akhir pekan, di mana orang-orang cenderung istirahat dan rebahan.

Dengan memahami kapan waktu yang tepat untuk menaikkan produk akan sangat efektif dan merupakan salah satu cara jualan laris di shopee yang kami coba terapkan secara konsisten.

8. Ikuti seller mission yang tersedia

tips dagangan laris di shopee

Setelah kamu rutin update produk kamu dan memenuhi persyaratan di atas, maka kamu bisa memulai untuk mengikuti program seller mission. Apabila kamu berhasil memenuhi setiap misi yang tersedia, maka kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan, seperti:

  • Program gratis ongkir
  • Program COD
  • Program Star
  • Program promo

Tentunya hal tersebut akan membuat pelanggan lebih tertarik, terutama untuk gratis ongkir. Posisikan dirimu sebagai pembeli, terutama dari luar Jawa, maka akan cenderung membeli produk di toko yang memiliki program gratis ongkir.

Jadi, konsistenlah di awal kamu memulai tokomu di shopee. Hal ini bisa menjadi salah satu bagaimana cara jualan laris di shopee dan dikenal oleh pelanggan.

9. Manfaatkan iklan shopee

fitur iklan shopee supaya dagangan laris di shopee
fitur iklan shopee supaya dagangan laris di shopee

Jika di shopee, kamu juga bisa memanfaatkan iklan yang tersedia untuk membuat produk kamu dapat menjangkau banyak pelanggan. Dengan mengiklankan produk kamu, maka produk kamu akan muncul di barisan awal saat calon pelanggan mencari suatu barang yang berkaitan.

Sistem iklan di shopee lebih terbatas dalam aplikasi ini saja jika dibandingkan dengan Google Ads. Namun, kelebihan dari iklan shopee ini, pelanggan kamu jauh lebih tertarget dan proses checkout tidak memerlukan pihak ketiga.

Selain itu, shopee menerapkan sistem kredit untuk pembukaan iklan yang kamu lakukan. Yakni, kamu akan membayar iklan per klik produk yang dilakukan oleh pelanggan. jadi, kamu tidak memerlukan uang muka di depan saat memutuskan untuk memulai iklan.

Hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai iklan, sebaiknya pelajari mengenai kata kunci potensial dan calon pelanggan yang ingin kamu target. Analisislah kira-kira seberapa besar persentase produk kamu dapat bersaing apabila muncul dalam kata kunci serupa dengan produk lain tertentu.

Dengan menerapkan strategi yang tepat, maka iklan shopee yang kamu lakukan akan mendatangkan potensi yang besar pula untuk kelangsungan toko kamu ke depannya.

10. Beranilah bakar modal

Hal ini berlaku jika kamu berani dengan risiko, tetapi hasil yang kamu dapatkan juga akan setimpal dengan pengorbanan yang kamu lakukan dengan catatan bahwa strategi yang kamu terapkan benar.

Kamu bisa bekerja sama dengan teman atau siapapun yang berkenan untuk bekerja sama, kemudian melakukan pemesanan di shopee di mana mereka tidak perlu membayar atau mungkin diskon tertentu.

Hal ini berguna untuk membantu kamu meningkatkan rating atau bintang dan menambah testimoni pelanggan, sehingga saat ada pelanggan asing yang berniat memesan, mereka tidak ragu-ragu.

Pastikan bahwa produk kamu benar-benar berkualitas, karena di awal memulai sebuah usaha, ketika pelanggan memesan produk kamu, maka di situlah secara tidak sadar, branding produk kamu akan berjalan.

Kesimpulan cara jualan laris di shopee

Cara jualan laris di shopee yang utama adalah bagaimana kamu berhasil membangun merek produk kamu, atau istilahnya branding. Dalam kesempatan lain, kami akan berbagi beberapa cerita dan pengalaman terkait branding produk supaya dikenal konsumen.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.