Jenis, Waktu, dan Cara Memupuk Anggrek yang Benar!

Beberapa waktu lalu, ada sebuah pertanyaan masuk dalam pesan kami yang bertanya mengenai cara pemupukan bunga anggrek, terutama yang masih bibit kecil atau seedling. Bunga anggrek tersebut telah terlihat cukup layu dan kemungkinan besar akan mati jika tidak diberikan perawatan yang tepat.

Salah satu tanda bahwa bunga anggrek tidak sehat adalah kondisi bulb-nya yang layu dan warna daun tampak pucat. Hal mendasar yang dapat membuat anggrek tidak sehat adalah karena cara memupuk anggrek yang salah, dosis yang terlalu banyak.

Ada beberapa alasan lain yang juga dapat menyebabkan anggrek tidak tumbuh dengan baik karena kurangnya pengalaman dalam pemupukan. Oleh karena itu, Angphot akan membahas bagaimana cara memupuk anggrek yang benar, terutama untuk anggrek seedling, remaja, hingga dewasa.

Kapan waktu memupuk anggrek yang tepat?

Tidak seperti kebanyakan tanaman berbunga, yang paling membutuhkan pupuk selama periode berbunga aktif, pemupukan anggrek paling penting dilakukan selama periode pertumbuhan vegetatif.

Cara memupuk anggrek yang tepat adalah pertimbangan waktunya, yakni sebelum kuncup bunga muncul. Begitu tanaman mulai berbunga, pemupukan dapat dihentikan sampai tanaman menyelesaikan siklus dorman berikutnya dan mulai muncul ke dalam siklus pertumbuhan aktifnya sekali lagi.

Sementara pertumbuhan vegetatif sedang berlangsung, petani berpengalaman kadang-kadang menggunakan rutinitas “tiga minggu, satu minggu libur”. Kemudian, seminggu berikutnya libur pupuk dengan memberikan larutan garam yang dilakukan dengan penyiraman sederhana sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Baca juga: 6 Herbisida Alami untuk Membunuh Gulma

Bagaimana cara memupuk anggrek?

Memupuk anggrek tidak dilakukan setiap hari, seperti halnya penyiraman. Baik penyiraman maupun pemupukan tidak boleh terlalu sering dilakukan. Bunga anggrek termasuk epifit sehingga tidak membutuhkan banyak air ataupun nutrisi secara berlebihan

Sering kali sebuah cerita masuk dalam laman Angphot bahwa anggrek mati dengan penyebab yang tidak diketahui. Setelah ditelusuri kembali, ternyata penyiraman atau pemupukannya terlalu sering dilakukan, baik pagi maupun sore hari. Padahal, kedua hal tersebut tidaklah dibutuhkan.

Anggrek perlu diberi pupuk secara teratur. Namun, petani menyarankan menggunakan pupuk “seimbang” seperti 20-20-20 yang mencakup semua elemen yang dibutuhkan dalam pemupukan.

Anda dapat menilai kekuatan pupuk komersial dengan konsentrasi nutrisi utama. Secara umum, cukup aman apabila menggunakan pupuk standar 20-20-20 dengan kekuatan 1/4, dan pupuk 10-10-10 dengan kekuatan 1/2. Jika Anda menggunakan pupuk khusus anggrek, pastikan untuk mengikuti petunjuk label dengan tepat.

Terlepas dari formulasi pupuk yang dipilih untuk digunakan, setidaknya pupuk mengandung urea sedikit atau tidak sama sekali. Jika kamu ragu atau mungkin tidak tahu, maka ada beberapa rekomendasi pupuk yang dapat digunakan.

Yang perlu diketahui bahwa anggrek lebih baik diberi pupuk yang terlalu sedikit daripada terlalu banyak. Pemupukan yang direkomendasikan adalah memberikan pupuk dosis lemah, dalam artian telah diencerkan, dan diberikan mingguan.

Anda dapat mengencerkan pupuk hingga tersisa 1/4 kekuatan dari dosis semula dan dapat diterapkan seminggu sekali, bahkan sebulan sekali. Perlu diketahui! Jangan memupuk tanaman yang benar-benar kering, atau saat musim kemarau. Hal ini dapat menyebabkan akar tanaman terbakar karena pupuk. Selain itu, sebaiknya pupuk dilarutkan lebih dulu dengan air.

Baca juga: Pestisida Alami untuk Bunga Mawar

Jenis pupuk yang digunakan

Jenis pupuk yang diberikan untuk anggrek seedling, remaja, maupun dewasa saat hari Senin (Angphotorion)
Jenis pupuk untuk anggrek yang diberikan saat hari Kamis.

Cara memupuk anggrek yang tepat adalah mengetahui jenis pupuk yang cocok untuk digunakan. Jika Anda mencari jenis pupuk untuk anggrek yang masih kecil, seperti seedling atau remaja, maka Anda dapat menggunakan jenis pupuk Growmore, B1, dan pupuk hantu. Pemberian pupuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan, tetapi tidak berlebihan.

Penggunaan Pupuk Hantu adalah dilarutkan lebih dulu dengan air, kemudian semprotkan ke tanaman secukupnya dengan rentang waktu 7-10 hari sekali. Pupuk hantu juga efektif diberikan untuk bunga aglonema sehingga dapat digunakan sebagai pupuk multifungsi.

Pupuk hantu atau ZPT dapat diaplikasikan untuk menyuburkan semua jenis tanaman palawija, hortikultura, tanaman perkebunan dan tanaman industri dalam upaya. Selain itu, pupuk hantu juga memacu pertumbuhan yang maksimal tetap terjaga melalui keseimbangan perkembangan, juga membantu mempercepat pertumbuhan daun jadi lebat, keras, padat, dan lebar.

Sementara itu, pupuk B1 dapat membantu mempercepat pertumbuhan pada bunga anggrek dan memberikan kecukupan nutrisi. Ia juga berfungsi sebagai pendukung pupuk Growmore.

Itulah bagaimana cara memupuk anggrek yang masih seedling, remaja hingga dewasa yang dapat Anda coba terapkan. Jika Anda masih memiliki pertanyaan, silakan sematkan di kolom komentar.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar cara menanam dan merawat anggrek, serta tanaman hias lain sekaligus melakukan jual beli dengan aman bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot. Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Exit mobile version