Cara Menanam Bibit Anggrek dari Biji Berdasarkan Pengalaman

Menanam bibit anggrek dari biji biasanya dilakukan di dalam laboratorium dalam inkubator khusus yang digunakan sebagai media penyemaian. Selain membutuhkan ruang steril, menumbuhkan biji anggrek juga membutuhkan berbagai media dan teknik yang cukup rumit.

Kami telah mencoba beberapa metode dalam percobaan yang kami lakukan selama ini, entah menanam biji anggrek secara alami tanpa sterilisasi, atau menumbuhkan biji anggrek menggunakan media agar.

Cara menanam bibit anggrek dari biji

Menanam anggrek dari biji membutuhkan kesabaran dan kegigihan. Ingatlah, meskipun kamu berhasil dalam menumbuhkan perkecambahan biji anggrek, tetap dibutuhkan satu atau dua bulan untuk menumbuhkan daun anggrek pertama.

Dan untuk menunggu bunga anggrek mekar, mungkin dibutuhkan waktu setidaknya satu tahun. Oleh karena itu, tidak heran apabila harga bunga anggrek cukup mahal.

Secara umum, cara menanam biji anggrek dapat dibagi menjadi empat metode sebagai berikut:

Teknik bibit

Biji anggrek berukuran sangat kecil. Faktanya, tablet aspirin memiliki berat lebih dari 500.000 biji anggrek, meskipun beberapa jenis mungkin sedikit lebih besar. Tidak seperti kebanyakan bibit tanaman, bibit anggrek kurang memiliki kemampuan penyimpanan nutrisi.

Di lingkungan alaminya, benih tumbuh di tanah yang mengandung jamur Mikoriza, yang masuk ke dalam akar dan mengubah unsur hara menjadi bentuk yang dapat digunakan.

Teknik Perkecambahan

cara menanam bibit anggrek dari biji
Bahan-bahan yang umumnya untuk menumbuhkan biji anggrek menjadi bibit dalam botol

Para petani anggrek biasa menggunakan dua teknik untuk menumbuhkan biji anggrek. Pertama, perkecambahan simbiosis, yakni sebuah proses rumit yang membutuhkan penggunaan jamur Mikoriza, seperti dijelaskan di atas.

Yang kedua, perkecambahan asimbiotik, melibatkan benih berkecambah secara in vitro atau biasa dikenal sebagai teknik kultur jaringan. Teknik ini menggunakan media agar, yaitu bahan seperti jeli yang mengandung nutrisi dan hormon pertumbuhan yang diperlukan untuk kultur jaringan.

Perkecambahan asimbiotik, juga dikenal sebagai flasking, lebih mudah, lebih cepat, dan lebih dapat diandalkan untuk menanam anggrek dari biji di rumah.

Teknik Sterilisasi

Benih (biasanya kapsul benih yang lebih besar dan lebih mudah ditangani) harus disterilkan tanpa merusak benih. Sterilisasi perkecambahan biji anggrek di rumah merupakan proses yang umumnya membutuhkan air mendidih, pemutih, dan lisol atau etanol.

Demikian pula, semua wadah dan alat harus disterilkan dengan hati-hati dan air harus direbus. Sterilisasi memang rumit tetapi mutlak diperlukan meskipun biji anggrek tumbuh subur dalam larutan gel, begitu pula berbagai jamur dan bakteri yang mematikan.

Transplantasi

Bibit anggrek biasanya perlu diaklamasi sekitar 30 hingga 60 hari, meskipun mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk bibit mencapai ukuran transplantasi. Setiap bibit dipindahkan dari wadah aslinya ke wadah baru, juga diisi dengan media, seperti agar-agar.

Akhirnya, anggrek muda dipindahkan ke pot berisi kulit kayu kasar dan bahan lainnya. Namun, pertama-tama, tanaman muda harus ditempatkan di air panas untuk melunakkan agar-agar, yang kemudian dihilangkan dengan mencuci di air hangat.

Menanam bibit anggrek dari biji

Cara menanam bibit anggrek dari biji sebenarnya tidak begitu kami rekomendasikan ketika kamu tidak memiliki cukup pengalaman, kecuali benar-benar memiliki keinginan dan tekad kuat untuk mencobanya.

Jika untuk menanam bibit anggrek, kami lebih merekomendasikan menumbuhkan bibit anggrek yang sudah dalam botol.

Namun, jika kamu ingin mencoba menanam bibit anggrek dari biji, maka kamu dapat membaca mengenai informasinya dalam artikel kami sebelumnya.

Jadi, jika kamu masih pemula, kami lebih merekomendasikan untuk membeli bibit botolnya saja. Atau jika kamu memiliki biji anggrek, kamu bisa menitipkannya pada jasa kultur jaringan untuk membantu menanam bibit anggrek dari biji tersebut.

Biasanya, hanya dikenakan biaya pelayanan saja. Kamu pun bisa mendapatkan sekitar 100 aklim per botolnya, di mana per biji bisa mendapatkan ribuan biji.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Leave a Reply