Cara Merawat Anggrek Dendrobium supaya Cepat Berbunga!

Merawat anggrek Dendrobium mungkin cukup sulit terutama bagi pemula. Selain karena sifat anggrek yang lama tumbuh dan berbunga seperti pada umumnya kadang membuat pening kepala.

Namun, jika Anda memahami apa saja hal yang harus diperhatikan dalam merawat anggrek Dendrobium, maka kemungkinan bunga anggrek Dendrobium dapat lebih cepat berbunga. Berikut ini beberapa aspek cara merawat anggrek dendrobium supaya cepat berbunga.

Baca juga: Jenis Anggrek Dendrobium dan Gambarnya

Cara merawat anggrek dendrobium

cara merawat anggrek dendrobium
Poin penting dalam merawat anggrek Dendrobium adalah membatasi penyiraman berlebihan (sumber: pexels)

Tampilan bunga anggrek Dendrobium cukup menawan ketika mekar. Aroma bunganya juga cukup mengesankan sehingga banyak peminat atau kolektor yang memburu jenis anggrek Dendrobium, apalagi tipe anggrek Dendrobium langka.

Menumbuhkan dan merawat bunga anggrek memang tidak mudah. Namun, ada beberapa tips untuk pemula, khususnya bagaimana cara merawat anggrek Dendrobium.

Pertama, Anda harus tahu bahwa Noble Dendrobium menghasilkan bunga tunggal atau kelompok bunga pada paku pendek. Paku-paku ini akan muncul dari buku-buku di sepanjang batang. Saat Anda melihat bunga memudar, Anda bisa mulai memotong paku dengan gunting bersih.

Lalu, bagaimana prosesnya? Berikut cara merawat anggrek Dendrobium supaya cepat berbunga:

1. Memotong batang

memotong batang anggrek
Memotong atau memangkas batang anggrek dapat mendukung penyemaian bunga (Sumber: pixabay)

Cara merawat anggrek Dendrobium dimulai dari pemangkasan batang dan repotting. Umumnya pemangkasan dilakukan sebagai impuls terhadap bunga sehingga bunga merespons dengan pertumbuhan karena mengira ia telah menggugurkan bagian yang tidak digunakan.

Pastikan Anda memilih satu batang dengan panjang kurang lebih 30 cm dan memotongnya dari tanaman induk. Kemudian, potong menjadi beberapa bagian dengan masing-masing tiga hingga empat simpul.

2. Mempersiapkan baki untuk pertumbuhan akar

perawatan akar anggrek
Pertumbuhan akar perlu diperhatikan, terutama dari buku batang anggrek (sumber: momendeavors.com)

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan baki untuk menunjang pertumbuhan akar yang memadai. Umumnya perawatan diberikan beberapa lapisan media tanam dari sphagnum moss, kerikil, atau arang.

Jika Anda menggunakan lumut basah, maka sebaiknya direndam lebih dahulu dalam air sampai benar-benar basah.  Selanjutnya, pastikan air dapat mengalir dari media dan sebarkan secara merata di nampan. 

Kemudian, tempatkan batang di atas media dan semprot perlahan dengan air. Terakhir, tutup baki dengan bungkus plastik untuk memastikan kelembapannya masuk dan tinggi. Sekarang Anda dapat menempatkan baki di lokasi yang gelap dan hangat.

3. Perawatan stek batang

perawatan anggrek dendrobium supaya cepat berbunga
Pastikan bunga anggrek berada di kondisi lembap dan tidak tergenang air (sumber: pixabay)

Pastikan bahwa baki baki dengan akar harus selalu memiliki suhu 75 hingga 85 derajat Fahrenheit. Pastikan Anda menyemprot stek secara teratur agar selalu lembap, tetapi hindari agar tidak tergenang air. 

Kemudian, Anda harus menyemprotkan sedikit campuran larutan dengan pupuk nitrogen dalam air setiap dua minggu selama dua bulan pertama. Lanjutkan melakukan ini sampai stek mengembangkan daun dan akar.

4. Tanam akarnya dalam pot

perawatan anggrek dendrobium
Anggrek Dendrobium menyukai pot kecil dengan media tanam longgar (sumber: bigamart.com)

Setelah bunga anggrek dendrobium memiliki tunas dan akar baru, maka Anda dapat memindahkannya ke media tanam pot. Caranya adalah potong batang di antara plantlet dengan hati-hati menggunakan pemangkas yang disterilkan. 

Perlu diingat bahwa anggrek jenis Dendrobium lebih menyukai pot yang lebih kecil tetapi Anda harus selalu menggunakan media tanam anggrek yang longgar dari kulit kayu. Sekali lagi, rendam media sampai benar-benar lembap dan tanam plantlet baru dengan batang lama berdiri tegak dan pucuk ke samping.

Baca juga: Cara Menanam Anggrek dengan Sabut Kelapa

5. Rawat anggrek hingga mekar

media tumbuh anggrek dendrobium
Anggrek Dendrobium membutuhkan lokasi yang terang dengan suhu siang hari 65 hingga 75 F.

Beberapa poin penting supaya anggrek Dendrobium dapat cepat berbunga adalah dengan memahami karakteristiknya. Anggrek Dendrobium akan membutuhkan lokasi yang terang dengan suhu siang hari 65 hingga 75 F.

Kemudian, Anda dapat menyiram tanaman saat media tanam terlihat hampir kering. Cara terbaik adalah membawanya ke wastafel atau menyemprotkan air secukupnya. Pastikan bahwa air tidak menggenangi media tanam untuk menghindari busuk akar anggrek.

Untuk anggrek kecil, Anda harus melakukan penyiraman ini dua kali seminggu, dan untuk tanaman yang lebih besar hanya sekali seminggu. Hal lain yang perlu diketahui adalah menjaga kondisi lingkungan ketika kelembapan tinggi. 

Jadi, pastikan Anda tidak menempatkan tanaman di dekat saluran pemanas dan pendingin udara. Sebagai gantinya, gunakan pelembap uap dingin di dalam ruangan untuk sirkulasi udara yang lebih baik.

Itulah beberapa poin penting cara merawat anggrek Dendrobium supaya cepat berbunga. Penting untuk dipahami bahwa kunci utama dalam merawat anggrek dan memahami karakternya. Jika ada pertanyaan, silakan sematkan di kolom komentar.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar cara menanam dan merawat anggrek, serta tanaman hias lain sekaligus melakukan jual beli dengan aman bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot. Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *