Cara Merawat Anggrek yang Hampir Mati

Ketika kamu membeli anggrek secara online, terutama bibit anggrek (seedling) yang terlambat akibat lama terhambat di perjalanan, alhasil bibit yang kamu pesan telah layu dan menunjukkan tanda anggrek tidak sehat.

Kami pernah mengalami hal semacam ini saat awal-awal membangun dan merawat anggrek, tepatnya dari bibit bobot dan seedling.

Merawat anggrek dari seedling memang tidak mudah, bahkan sangat rentan layu dan mati. Namun, perlakuan anggrek bibit hingga dewasa sebetulnya juga tidak terlalu sulit jika kamu memahami poin terpenting dalam perawatan yang diperlukan.

Apa saja?

Cara merawat anggrek yang hampir mati adalah dengan mengetahui penyebab anggrek terlihat tidak sehat. Perlakukan yang diberikan pada anggrek yang layu atau hampir mati berbeda menurut penyebabnya.

Namun, secara umum, perawatan anggrek yang hampir mati, baik dari bibitan (seedling) atau bunga anggrek dewasa dapat dipaparkan sebagai berikut:

Cara Merawat anggrek yang hampir mati

merawat anggrek yang hampir mati
Anggrek yang layu setelah pengiriman paket (delivery) yang terlalu lama

Merawat anggrek yang hampir mati, terutama dari bibitan atau seedling memerlukan ketelitian dan pengetahuan khusus tentang nutrisi apa yang dibutuhkan untuk menanam bibit anggrek dan bagaimana penempatannya.

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan adalah jenis anggrek dan karakteristiknya berbeda dapat menjadi salah satu faktor mengapa anggrek tidak dapat hidup dengan baik.

Saat kamu baru menerima bibit anggrek dan bibitnya telah terlihat layu, maka cara merawat anggrek yang hampir mati tersebut adalah sebagai berikut:

Merawat bibit anggrek (seedling)

Saat bibit atau seedling anggrek baru datang, jangan langsung ditempatkan pada media tanam, tetapi biarkan lebih dulu di ruang terbuka dan terlindungi (tidak terkena hujan dan sinar matahari langsung) serta cukup cahaya.

Untuk penyiraman, kamu bisa menggunakan alat semprot (sprayer) sekali sehari. Kemudian, pemupukan juga dilakukan sesuai dengan tata cara dan jenis pupuk yang digunakan. Misalnya, pupuk lengkap, B1, atau fish emulsion.

Untuk mencegah pertumbuhan jamur, kamu bisa memberikan fungisida yang telah diencerkan dengan air setiap 2 minggu sekali.

Merawat anggrek yang hampir mati

Untuk merawat bunga anggrek yang telah cukup dewasa, tetapi mengalami tanda anggrek tidak sehat, maka ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan.

Anggrek yang hampir mati biasanya memiliki daun yang mulai menguning. Permasalahan utama sebaiknya kamu memeriksa bagian akar anggrek. Mengapa demikian?

Faktor utama mengapa anggrek layu dan kemudian mati, selain karena stres akibat perjalanan jauh, yang utama adalah masalah akar busuk.

cara merawat anggrek yang hampir mati
Busuk akar dapat menjadi salah satu faktor anggrek layu dan mati. Cara merawat anggrek yang hampir mati adalah dengan mengganti media tanamnya secara hati-hati setelah prosedur sterilisasi.

Jika kamu menjumpai masalah busuk akar pada bunga anggrek, maka sebaiknya segera atasi dengan mengeluarkan bunga anggrek dari media tanamnya.

Potong bagian akar anggrek yang membusuk, cuci bersih akar anggrek, kemudian diamkan bunga anggrek di tempat terbuka, atau dalam bahasa jawa, kami menyebutnya “diangin-anginkan“.

Kamu bisa menggantung anggrek secara terbalik dan biarkan semalaman. Pastikan kamu menempatkan bunga anggrek di tempat yang terlindungi dari hujan.

Setelah semalaman, kamu bisa menanamnya kembali dalam media tanam anggrek yang baru. Siram anggrek secukupnya, kemudian biarkan seminggu kemudian kamu dapat menyiramnya kembali.

Apabila bunga anggrek kamu akhirnya benar-benar tidak mampu bersemi kembali, alangkah baiknya jangan dibuang. Kamu bisa membuat bibit anggrek dari batangnya yang telah mati dalam artikel ini.

Itulah beberapa tips merawat anggrek yang hampir mati baik karena layu atau pengiriman lama berdasarkan pengalaman yang pernah kami lakukan.

Beberapa hal yang terlewatkan saat menerima anggrek setelah delivery adalah langsung menanamnya. Padahal, hal ini dapat membuat anggrek stres sehingga menunjukkan tanda-tanda layu dari daunnya yang menguning.

Jika kamu membutuhkan konsultasi, kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Leave a Reply