Dendrobium ionoglossum merupakan spesies Dendrobium di mana mungkin lebih dikenal dengan nama Dendrobium nindii. Keduanya memiliki bentuk bunga dan warna yang relatif hampir sama.

Namun, yang membedakan adalah jumlah tangkai bunga anggrek Dendrobium ionoglossum lebih banyak dari spesies Dendrobium nindii. Selain itu, spesies ionoglossum juga memiliki ukuran bulb yang lebih pendek jika dibandingkan spesies nindii.

Spesies Dendrobium ionoglossum dideskripsikan oleh Walter Hill pada tahun 1874.

Karakteristik Anggrek Dendrobium ionoglossum

dendrobium ionoglossum

Dendrobium ionoglossum atau Dendrobium Nindii ditemukan di Queensland Utara dan Papua Nugini yang tropis. Bunga anggrek ini tumbuh di pohon-pohon termasuk bakau dan palem, di rawa-rawa pesisir dan hutan hujan dekat pantai pada ketinggian permukaan laut hingga 200 meter.

Anggrek Dendrobium spesies ini memiliki beberapa nama lain, antara lain Anggrek Tanduk Biru, Dendrobium ionoglossum var. pomatophilum, Dendrobium jofftii, Dendrobium tofftii, Durabaculum ionoglossum, Durabaculum nindii.

Biasanya bunga anggrek Dendrobium ionoglossum mekar dua kali dalam setahun, yakni saat musim semi di bulan April dan musim gugur di bulan Oktober.

Bunga anggrek ini dapat berbunga sebanyak 8 hingga 25 bunga, tumbuh tegak, dan bunganya berbau harus serta tahan lama. Oleh karena itulah, bunga Dendrobium ionoglossum cocok dibudidaya sebagai bunga hias di rumah.

Budidaya Anggrek Dendrobium ionoglossum

dendrobium nindii

Beberapa aspek yang memengaruhi pertumbuhan bunga anggrek dendrobium species dapat menjadi faktor yang menentukan tumbuh tidaknya bunga anggrek.

Beberapa faktor yang dapat kamu jadikan patokan dalam menanam dan merawat bunga anggrek Dendrobium ionoglossum adalah sebagai berikut:

1. Cahaya

Bunga anggrek dendrobium ionoglossum dapat tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh (25000-50000 lux). Kamu bisa meletakkan bunga anggrek spesies ini di dekat jendela yang terpapar sinar matahari.

2. Suhu

Suhu rata-rata siang hari pada musim panas biasanya antara 25-26 °C, sedangkan pada malam hari adalah 21 °C. Hal tersebut berarti bahwa antara siang dan malam terdapat perbedaan suhu harian 4-6 °C.

Hal yang harus kamu perhatikan adalah ketika kamu menempatkan anggrek di tempat yang memiliki perubahan suhu ekstrem. Alasannya adalah besar kemungkinan anggrek dapat mengalami masa “stres” akibat perubahan suhu yang tiba-tiba.

3. Kelembapan

Anggrek Tanduk Biru membutuhkan kelembaban 80-90% selama periode pertumbuhan, yaitu dari saat tunas pertama Musim Semi muncul sampai pseudobulb terakhir di Musim Panas telah tumbuh secara maksimal. 

Di musim dingin, kelembapan turun menjadi 65%. Udara yang terlalu kering memiliki efek negatif pada perkembangan tanaman, seperti pertumbuhannya terhambat, daunnya mulai menguning dan mengering. 

Semakin tinggi suhu, semakin tinggi kelembapannya, dan semakin tinggi kelembapannya, semakin sering dan lebih banyak memerlukan ventilasi ruangan tempat tanaman berada.

4. Substrat, media tanam dan repotting

Dendrobium ionoglossum tumbuh paling baik dalam pot dengan media tanam anggrek gambut staghorn atau serat osmunda (tempayan dan arang di bagian bawah pot). 

Setelah ditanam dalam pot, simpan bunga di tempat yang sejuk dan teduh selama beberapa hari sebelum menempatkannya di luar ruangan tempat tumbuhnya. 

Jangan overpot! Gunakan pot terkecil yang akan menampung tanaman sesuai ukurannya. Oleh karena itu, perlu untuk memilih tempat di mana angin dingin terhalang, dan di mana sinar matahari maksimum dapat menyinari tanaman.

Tidak perlu sering di-repoting, kecuali jika benar-benar diperlukan, misalnya, dalam kasus salinisasi atau pemadatan substrat yang kuat, pH yang sangat tinggi atau rendah (normalnya adalah 5,5 hingga 6,5), atau ketika tanaman tumbuh sangat kuat dan pot menjadi sempit (bulb semu mulai menggantung dari tepi pot). 

Repotting paling baik dilakukan segera setelah berbunga ketika akar baru dan pertumbuhan baru mulai tumbuh.

5. Penyiraman

Penyiraman juga penting dilakukan, tidak boleh dibiarkan mengering meskipun pada musim hujan tetap harus dilakukan penyiraman.

Namun, ada seleksi sendiri saat kamu melakukan penyiraman di musim hujan, terutama jika tanaman kamu letakkan di luar ruangan.

Penyiraman secara langsung tergantung pada suhu tempat kamu meletakkan anggrek. Semakin tinggi suhu di lingkungan tumbuh anggrek, maka semakin sering perlu disiram.

Pastikan bahwa pot memiliki sistem drainase yang layak sehingga air yang berlebih dapat mengalir melalui drainase pot dan tidak menyebabkan pembusukan akar.

6. Pemupukan

Dianjurkan untuk menggunakan 1/4-1/2 dosis pupuk anggrek yang diberikan mingguan. Kamu dapat menerapkan sistem cara pemupukan anggrek bulan karena memang pemupukan dilakukan secara umum.

Kesimpulan

Dendrobium ionoglossum merupakan nama lain dari Dendrobium nindii yang telah umum dijumpai di pasaran. Jenis anggrek memiliki wangi yang harum dan bunga cukup tahan lama sehingga cocok dijadikan sebagai anggrek koleksi.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.