10 Fakta Unik Gigi Hewan Yang Kamu Belum Ketahui!

Apakah kamu tahu bahwa terdapat fakta unik gigi hewan tertentu yang menyimpan filosofi menarik di mana kamu mungkin belum pernah mendengar atau mengetahuinya.

Sebelumnya kami telah menulis beberapa informasi menarik mengenai penemuan spesies baru binatang ompong dari keluarga pengerat, spesies tikus yang berasal dari Sulawesi.

10 fakta unik gigi hewan yang jarang diketahui

Informasi unik kali ini mengulas tentang fakta menarik mengenai gigi hewan yang jarang diketahui. Setiap hewan memiliki ciri khusus kebiasaan sendiri-sendiri, dan kadang bisa sangat aneh. Berikut informasinya:

1. Siput memiliki gigi paling banyak dari binatang manapun

gigi siput

Gigi keluarga siput dan bekicot tidak seperti gigi biasa. Gigi siput tersusun dalam barisan di antara lidahnya. Siput taman memiliki sekitar 14.000 gigi sementara spesies lain dapat memiliki lebih dari 20.000 gigi.

Namun, fakta lain yang lebih mengejutkan mengenai gigi siput air yang disebut limpet, ternyata merupakan bahan biologis terkuat yang diketahui di Bumi, bahkan lebih kuat dari titanium!

2. Kamu dapat mengetahui umur lumba-lumba dari giginya

gigi lumba-luma

Seperti halnya lingkar tahun pada pohon, gigi lumba-lumba memiliki cincin di dalamnya yang dapat menunjukkan berapa usia mereka.

Gigi pada lumba-lumba merupakan gigi permanen, tetapi mereka tidak menggunakan gigi mereka untuk mengunyah. Lumba-lumba menelan makanannya secara utuh karena tidak memiliki otot di rahang.

3. Jerapah tidak memiliki gigi depan atas

gigi jerapah

Sama halnya seperti manusia, jerapah memiliki 32 gigi, tetapi kebanyakan gigi mereka ada di bagian belakang rahang mulut.

Mereka menggunakan bibir dan lidah sepanjang 20 kaki untuk mengambil daun dan ranting dan mengunyahnya dengan gigi belakang.

4. Hiu selalu kehilangan giginya

gigi hiu

Gigi hiu diposisikan dalam barisan di dalam mulutnya dan hanya akan bergerak maju saat mereka akan kehilangannya. Biasanya mereka kehilangan setidaknya satu gigi per minggu.

Itulah sebabnya kamu dapat menemukan begitu banyak gigi hiu di pantai dengan populasi hiu yang masih dilindungi.

5. Kelinci, tupai, dan hewan pengerat memiliki gigi yang tidak pernah berhenti tumbuh

gigi tupai

Gigi pada golongan hewan pengerat diketahui tidak pernah berhenti tumbuh karena berkaitan dengan adaptasi jenis makanan mereka.

Mereka harus mengunyah makanan keras, seperti kacang-kacangan, daun, dan kulit kayu untuk mengikis gigi dan mencegahnya tumbuh terlalu lama.

6. Kuda nil memiliki gigi taring terpanjang dari semua hewan

gigi kuda nil

Kamu akan tahu mengenai fakta ini saat melihat kuda nil membuka mulut mereka dan menampakkan kedua taring gigi mereka yang panjang. Dengan panjang tiga kaki, gigi seri kuda nil bisa menggigit perahu kecil.

7. Kuda bisa mengalami penyusutan gusi seperti halnya manusia

gigi kuda

Nyatanya, dari sanalah pepatah populer “long in the tooth,” yang berarti tua, berasal. Seiring bertambahnya usia kuda, gusi mereka menyusut dan lebih banyak memperlihatkan gigi mereka, membuatnya tampak seperti benar-benar seperti gigi tumbuh.

Namun, sebetulnya hal itu tampak karena adanya penyusutan gusi mereka.

8. Tanduk Narwhal sebenarnya adalah gigi

gigi unicorn laut

Narwhal, atau disebut juga unicorn laut, memiliki nama ilmiah, Monodon monoceros, berasal dari istilah Yunani yang berarti “satu gigi bertanduk satu”.

Tanduk narwhal bisa tumbuh lebih dari 8 kaki dan digunakan untuk “merasakan” konsentrasi bahan kimia di air di sekitarnya untuk mencari makanan.

9. Paus biru tidak memiliki gigi

gigi paus

Meskipun mereka adalah mamalia terbesar di dunia, paus biru hanya memakan udang kecil yang disebut krill, jadi mereka tidak membutuhkan gigi.

Sebaliknya, mereka memiliki filter seperti bulu yang disebut balin yang digunakan menyisir air untuk membantu mencari makanan.

10. Kebanyakan hewan tidak mengalami gigi berlubang karena makanannya rendah gula

Hewan juga mengunyah bahan yang lebih keras atau kasar daripada kita, seperti tulang atau kulit pohon, yang membantu menjaga kebersihan gigi.

Namun, hal ini dapat berbeda pada hewan peliharaan yang dapat mengembangkan gigi berlubang jika mereka makan banyak gula. Oleh karena itu, sebaiknya meminimalkan konsumsi makanan manis dan makanan manusia lainnya pada hewan peliharaan.

Bukankah fakta-fakta tersebut menarik? Kami harap kamu mempelajari hal baru. Apakah kamu mengetahui fakta menarik tentang gigi hewan yang tidak ada dalam daftar kami? Bagikan dengan kami di bagian komentar di bawah ini!

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Leave a Reply