Gambar Bunga Anggrek Termahal di Dunia

  • by
Anggrek Langka di Dunia

Bunga Anggrek Termahal

Jenis Anggrek termahal di dunia menjadi perhatian kami sekarang. Kemarin, kami telah memosting daftar 10 Anggrek Paling Langka di dunia.

Sekarang, giliran kami mereview anggrek paling mahal di dunia. Jenis anggrek termahal ini berlaku untuk kawasan Eropa karena keberadaannya yang masih langka di wilayah sana.

Kenapa? Karena ada beberapa informasi yang kami dapatkan bahwa anggrek ini masih tersedia di pasaran Indonesia. Bagaimana rupa anggrek termahal di dunia ini?

Jenis Anggrek Termahal di Dunia sekarang ini

Pegunungan tertinggi Kinabalu yang menjadi taman nasional  di Sabah, Malaysia, rupanya menjadi rumah alami bagi spesies tanaman karnivora dan anggrek.

Dan di antara banyak spesies unik yang ditemukan di sana, ada satu jenis anggrek yang pantas disebut “Emas Kinabalu”. Jenis anggrek yang dinobatkan sebagai anggrek termahal di dunia ditemukan tumbuh di dataran pegunungan itu.

Nama latin anggrek ini Paphiopedilum rothschildianum. Di kawasan Eropa, anggrek ini lebih dikenal dengan nama Rothschild’s Slipper.

Sebenarnya ada beberapa jenis anggrek yang hampir mirip dengan bunga anggre termahal ini. Mungkin, itulah jenis anggrek yang selama ini beredar di pasaran Indonesia.

Bunga anggrek terlangka ini sebenarnya cukup mudah tumbuh dengan perawatan. Jenis media tanaman juga hanya membutuhkan spagnum moss.

Mungkin, hal yang menyebabkan bunga anggrek ini mahal karena proses perkembangbiakannya yang sangat lama.

Bunga anggrek ini memiliki serpihan lingkaran bagian dalam, yang miring beberapa derajat di bawah garis horizontal, berwarna putih gading atau kuning, dengan urat kastanye.

Baca juga: Mini Short Story from Orchid years ago

Kelopak bunga ini terbuka lebar, dan di pangkalnya terdapat bintik-bintik hitam kecil dengan bulu pendek. Tepian mereka bergelombang dengan silia tebal. Bibir bunga mungkin berwarna hijau keemasan cerah mengilap dengan bintik-bintik ungu atau kastanye yang besar.

Cara Reproduksi

Bunganya memiliki kelopak berbintik-bintik hijau dan merah yang akan menarik lalat parasit karena mengira itu adalah kumpulan kutu daun tempat mereka bertelur.

Saat mereka mencoba melakukannya, lalat akan terpikat pada kepala putik, melepaskan serbuk sari yang terkumpul sebelumnya. Kemudian, lalat akan membantu pernyerbukan dengan adanya fertilisasi antara putik dan serbuk sari.

Apa yang membuat anggrek ini istimewa?

Alasannya adalah kamu harus bersabar untuk bisa melihat kelopak bunganya mekar. Diketahui anggrek Rothschild adalah spesies langka yang dapat memakan waktu 15 tahun untuk berbunga. Anggrek langka ini dapat diidentifikasi dari kelopak bunganya yang unik berwarna loreng. 

Anggrek termahal di dunia ini dapat kamu lihat pada area perbatasan Pegunungan Kinabalu, antara Sabah dan Kelimantan. Jika kamu ingin pergi melihatnya, waktu paling tepat melihatnya adalah sekitar bulan April dan Mei.

Paphiopedilum rothschildianum Anggrek termahal di dunia
Paphiopedilum rothschildianum

Harga satu batang Paphiopedilum rothschildianum dapat mencapai $5000.

Paphiopedilum rothschildianum atau Anggrek Rothschild Slipper’s tidak tahan terhadap embun beku. Embun beku adalah tetes uap air yang masih berupa titik-titik es. Inilah mengapa bunga ini menjadi mahal di Eropa karena faktor iklim dan cuaca yang tidak mendukung.

Bunga anggrek termahal yang sekaligus langka ini memang sudah jarang dijumpai di Kawasan Eropa. Mungkin, ini bisa kita jadikan peluang baru untuk memelajari penangkaran anggrek langka ini.

Bunga anggrek langka ini juga bisa ditanam di luar ruangan di daerah bebas es. Bunga ini membutuhkan kisaran suhu rata-rata 18-24 ° C pada siang hari dan 13-18 ° C pada malam hari untuk berkembang dengan baik.

Paphiopedilum rothschildianum termasuk dalam kelompok anggrek cahaya rendah dan dapat dengan mudah ditanam sebagai tanaman hias.

Di dalam ruangan, bunga anggrek ini dapat ditanam di bawah suhu sedang dan cahaya terang. Untuk menginduksi supaya bunga cepat mekar, kurangi penyiraman di musim semi dan musim dingin. Bunga anggrek Paphiopedilum rothschildianum (Anggrek Sandal Rothschild, Anggrek Emas Kinabalu),

Bunga anggrek langka ini juga mekarnya tahan lama, sekitar 2-3 bulan. Periode pembungaan sangat panjang, mulai dari musim semi hingga musim dingin. Bahkan, bisa mekar selama satu tahun hingga 18 bulan dengan lonjakan yang sama, membuatnya hampir berkembang biak terus-menerus.

Setiap bunga bertahan sekitar 3-4 minggu, kemudian gugur dan digantikan dengan yang baru. Ketika pertumbuhan baru memulai lonjakan bunganya dan pertumbuhan yang lebih tua masih berbunga, yang terbaik adalah memotong lonjakan bunga yang lebih tua untuk memberikan lebih banyak energi ke dalam tanaman untuk pertumbuhan dan pembungaan yang lebih baik.

Leave a Reply