6 Herbisida Alami untuk Membunuh Gulma, Apa Saja?

Bunuh rumput liar secara alami tanpa membunuh Bumi

Ungkapan tersebut berlaku untuk siapa pun yang menyadari bahwa menjaga Bumi penting dilakukan sejak dini. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan jenis pestisida alami untuk gulma yang dapat dibuat sendiri di rumah.

Terkadang, gulma yang muncul di pekarangan kebun sangat mengganggu pemandangan dan pertumbuhan tanaman. Namun, banyak juga jenis gulma yang berupa makanan, obat-obatan, dan tanaman hias bergantung dari varietasnya.

Oleh karena itu, jika Anda menggunakan jenis herbisida kimia, maka pada penerapannya dapat membunuh segala jenis gulma yang sebetulnya bermanfaat. Namun, Anda dapat mengatasinya dengan mencabutnya, menggali akarnya, atau mengeringkannya di bawah sinar matahari lalu ditambahkan ke kompos atau mulsa.

Akan tetapi, metode tersebut membutuhkan waktu cukup lama, sehingga tidak cukup efektif. Salah satu metode yang direkomendasikan akan dengan memanfaatkan herbisida alami yang ramah lingkungan. Selain mengatasi efek negatif dalam jangka panjang, herbisida alami juga meminimalkan masalah pencemaran lingkungan dan degradasi lahan.

Baca juga: Cara Menanam Anggrek dengan Sabut kelapa

Herbisida alami yang bisa buat sendiri

Beberapa herbisida alami dapat dibuat dari bahan yang mudah didapat dan bisa dicampur sendiri. Herbisida didefinisikan sebagai zat yang beracun bagi tanaman, khususnya gulma. Oleh karena itu, Anda mungkin harus berhati-hati untuk memanfaatkan beberapa jenis bahan untuk membaut herbisida alami.

1. Air mendidih

campuran air panas dan detergen sebagai herbisida alami
Campuran air mendidih dengan detergen cair cukup efektif untuk membasmi gulma tertentu (sumber: pexels)

Herbisida alami adalah yang paling sederhana, baik dari bahan maupun persiapan. Paling tidak, air mendidih tidak berbahaya bagi manusia dan lingkungan.

Caranya, cukup bawa panci besar berisi air mendidih di atas kompor Anda, lalu tuangkan di atas daun dan batang rumput liar yang ingin disingkirkan. 

Menggunakan air mendidih adalah metode yang efektif untuk membunuh gulma di tempat-tempat seperti trotoar atau retakan jalan masuk, atau di area yang lebih luas yang ingin ditanami kembali.

Jenis herbisida alami ini dikenal sangat aman karena tidak meninggalkan residu atau memiliki efek jangka panjang yang berbahaya.

2. Alat pemanas

alat pemanas cukup efektif sebagai herbisida alami
Mengaplikasikan alat pemanas cukup efektif membuat layu rumput liar (sumber: pixabay)

Mengaplikasikan panas langsung ke dedaunan gulma dapat membuat tanaman segera layu, dan aplikasi berulang akan membunuh daun yang mungkin tumbuh dari akar. 

Alat pemadam api tersedia dari toko peralatan rumah dan kebun. Alat ini memungkinkan Anda untuk menerapkan api dan panas langsung ke gulma tanpa membuat seluruh lingkungan terbakar.

Gulma dan rumput kering dapat dengan mudah terbakar selama penyiangan api. Jangan gunakan metode ini selama musim kemarau, dan tanyakan kepada pemadam kebakaran setempat untuk memastikan bahwa praktik tersebut apakah legal dilakukan.

Baca juga: Apa perbedaan antara efek rumah kaca pemanasan global dan perubahan iklim?

3. Garam

herbisida dari garam
Natrium klorida (NaCl) dapat langsung diaplikasikan untuk membunuh gulma (sumber: pexels)

Natrium klorida (NaCl), atau garam meja biasa adalah salah satu jenis herbisida yang cukup efektif. Penggunaannya sebaiknya langsung diaplikasikan ke daun gulma dan tidak di tanah, terutama di bedeng kebun. Hal ini dilakukan karena garam dapat memperburuk salinitas tanah.

Untuk membuat semprotan herbisida alami dari garam, lakukan langkah berikut:

  1. Larutkan 1 bagian garam dalam 8 bagian air panas. (Dapat dibuat lebih kuat dengan 1 bagian garam hingga 3 bagian air.)
  2. Tambahkan sedikit sabun cuci piring cair, yang membantu campuran menempel pada permukaan daun.
  3. Tuang larutan ke dalam botol semprot. Untuk mengaplikasikannya, semprotkan daun gulma, pastikan untuk menutupi atau mengikat kembali tanaman terdekat yang tidak ingin Anda bunuh.

4. Cuka Putih

semprotan gulma
Semprotan cuka putih mengandung sekitar 5% asam asetat (sumber: africarising.tv)

Semprotan cuka putih merupakan salah satu jenis herbisida yang cukup efektif untuk membunuh gulma. Umumnya, cuka putih yang dijual di toko bahan makanan mengandung sekitar 5% asam asetat, di mana biasanya cukup untuk mengeringkan sebagian besar gulma.

Cuka dapat diterapkan dengan menyemprotkan cuka pada daun gulma dengan hati-hati untuk meminimalkan penyemprotan berlebih. Penyemprotan dapat diulang berdasarkan kebutuhan dengan penambahan sedikit detergen cair untuk meningkatkan efektivitasnya.

5. Campuran garam dan cuka

larutan garam
Larutan garam dengan cuka putih cukup efektif membasmi gulma (sumber: morphemeremedies.com)

Larutan herbisida alami buatan sendiri lainnya adalah gabungan garam dengan cuka putih. Umumnya proporsi yang disarankan adalah satu cangkir garam dengan 1 botol cuka.

Larutan yang telah dicampurkan kemudian disemprotkan pada dedaunan tanaman gulma. Anda juga dapat menambahkan sabun cair atau minyak tertentu, seperti minyak jeruk atau cengkeh, untuk meningkatkan kekuatan herbisida.

Baca juga: Nama Latin Anggrek

6. Boraks

campuran boraks
Larutan dari campuran boraks adalah herbisida alami yang sangat kuat (sumber: pixabay)

Senyawa yang biasanya hadir dalam bentuk serbuk ini rupanya juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan herbisida alami.

Untuk membuat jenis herbisida alami dari boraks, Anda cukup menambahkan 10 ons boraks bubuk ke 2,5 liter air, aduk hingga homogen. Gunakan penyemprot untuk mengaplikasikannya pada gulma yang ingin dibasmi.

Hindari penyemprotan berlebihan, tanah yang jenuh dengan larutan, serta hati-hati kontak dengan kulit telanjang.

Itulah beberapa rekomendasi bahan pestisida alami untuk gulma yang dapat Anda coba di rumah. Dengan menggunakan bahan ramah lingkungan, maka Anda juga turut serta menjaga Bumi dari kerusakan!

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar cara menanam dan merawat anggrek, serta tanaman hias lain sekaligus melakukan jual beli dengan aman bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot. Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *