Belajar cara menyemai biji anggrek dengan teknik kultur jaringan dapat dilakukan dengan alat-alat sederhana. Biasanya, kamu butuh enkas atau LAS sebagai tempat untuk meletakkan botol tempat menumbuhkan biji anggrek supaya tidak terkontaminasi.

Untuk kali ini, kami ingin berbagai pengalaman kegagalan dari para sahabat pejuang kultur jaringan yang ingin mencoba cara menyemai biji anggrek menjadi bibit botol.

Kesalahan saat menyemai biji anggrek dalam botol

Saat mencoba menyemai biji anggrek dengan teknik kultur jaringan yang dilakukan dalam enkas, kita mungkin menjumpai kesalahan demi kesalahan yang membuat biji anggrek menghitam, alias dihinggapi jamur.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan supaya proses kamu menyemai biji anggrek dalam botol dapat berhasil dengan meminimalkan kesalahan.

Berikut ini beberapa kesalahan saat menyemai biji anggrek yang membuat proses semai biji anggrek menjadi bibit botol tidak berhasil!

1. Proses sterilisasi yang salah

menyemai biji anggrek dalam botol
Biji anggrek yang terkontaminasi jamur setelah biji anggrek ditabur

Foto tersebut merupakan hasil botolan yang telah terkontaminasi jamur sejak hari keempat setelah biji anggrek ditabur. Usia botol telah beranjak tiga minggu dari saat menebar biji.

Jika kamu menjumpai masalah seperti ini, maka perbaikan yang dapat kamu media diamankan selama satu bulan di dalam enkas dan sebisa mungkin tidak terkontaminasi.

Selain itu, kesalahan lain yang mungkin kamu pernah lakukan adalah tidak merendam biji dengan pemutih atau cairan sterilisasi, tetapi hanya dicuci dengan sabun dan semprot alkohol.

Jika demikian, maka ada kemungkinan spora jamur masih ada di kulit buah anggrek dan terbawa masuk dalam botol.

Jamur yang tumbuh semakin tumbuh berkembang

Bagian berwarna putih adalah jamur yang semakin tumbuh banyak seiring berjalannya waktu. Jika sudah seperti itu, maka biji anggrek sudah tidak dapat dipanen menjadi bibit botol.

Jika sudah seperti itu, kamu bisa membuat ulang penyemaian biji anggrek dengan mensterilkan botol beserta medianya. Jangan lupa untuk merendam biji anggrek yang sesuai dengan sterilisasi untuk meminimalkan kontaminasi jamur dan bakteri.

2. Buah anggrek terlalu tua

Biji anggrek browning

Biji anggrek menjadi cokelat atau browning yang kami prediksi karena memanfaatkan buah anggrek yang terlalu tua sehingga malah tidak tumbuh atau justru ditumbuhi bakteri serta jamur.

Selain itu, prosedur pensterilan biji yang kurang tepat seperti halnya yang telah dijelaskan pada poin pertama juga menjadi salah satu faktor media menjadi cokelat (browning).

3. Penaburan biji anggrek terlalu banyak

kesalahan dalam menyemai biji anggrek
Terlihat bahwa bakal bibit yang naik dari media tanam anggrek

Saat kamu menaburkan biji anggrek terlalu banyak, maka dapat dilihat bahwa bakal tunas sampai naik dari media anggrek.

Oleh karena itu, perhitungan jumlah biji yang ditabur juga menjadi faktor penting dalam menyemai biji anggrek menjadi bibit botol.

Diketahui bahwa dalam satu biji anggrek, kamu bisa membuat hingga 100 bibit botol. Namun, semua bergantung pada seberapa banyak biji anggrek dari buah yang dipanen.

Kesimpulan

Faktor paling penting dalam proses penyemaian biji anggrek adalah teknik sterilisasi biji anggrek dan meminimalkan kontaminasi bakteri serta jamur.

Kesalahan demi kesalahan akan menjadikan kamu lebih tahu dan mendapatkan pengalaman saat mencobanya, dan semoga tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Selain itu, ada beberapa informasi yang mengatakan bahwa selama proses aklimasi, kamu harus tetap melakukannya dalam enkas dan memastikan tangan tetap steril.

Cara menyemai biji anggrek botol memang cukup rumit sehingga kami kurang merekomendasikan apabila tekad kamu masih belum benar-benar bulat dengan kegagalan.

Atau, jika kamu memiliki bunga anggrek yang istilahnya ‘sekarang’, maka kamu dapat melakukan cara untuk menanam anggrek dari batang bibit yang hampir mati.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.