Jenis Anggrek Dendrobium Hybrid Stardust

Anggrek Dendrobium Hybrid dikenal memiliki keunikan tersendiri, terutama dari bentuk dan ukuran bunga yang tidak dimiliki bunga anggrek lain, seperti halnya anggrek bulan.

Jenis Dendrobium Hybrid banyak dibudidayakan dengan indukan anggrek berkualitas. Salah satu jenis anggrek Dendrobium hybrid yang cukup terkenal adalah Dendrobium Hybrid Stardust.

Dendrobium hybrid Stardust adalah jenis anggrek dendrobium yang dianakkan dari jenis Dendrobium unicum dan Dendrobium Ukon. Jenis anggrek ini dibuat oleh N. Asai dan didaftarkan secara resmi pada tahun 1986.

Karakteristik Anggrek Dendrobium Hybrid Stardust

Jenis anggrek ini termasuk golongan tanaman epifit dengan batang tinggi dan kurus, memiliki beberapa segmen di bagian batangnya. Anggrek ini dapat tumbuh mencapai panjang hingga 50 cm dan lebarnya tidak lebih dari 1,5 hingga 2 cm.

Anggrek Dendrobium Stardust memiliki warna pseudobulb agak kemerah-merahan, menggantung ke bawah hingga plant membesar kemudian tumbuh lurus ke atas. Panjang pseudobulb tergantung besarnya intensitas penerangan dan cahaya matahari, serta faktor perawatan anggrek yang memengaruhi.

Jenis dendrobium hybrid ini biasa mekar pada bulan Oktober hingga Mei. Spike dapat muncul di antara sekat batang dan mampu berbunga 1 hingga 5 bunga.

Bunganya berwarna kuning pucat hingga merah-oranye dengan urat yang lebih gelap (sering berwarna coklat) di bibir, berdiameter sekitar 6 cm. Lama berbunga sekitar 4-5 minggu.

Baca juga: Jenis Anggrek Dendrobium Keriting

Perawatan dan cara menanam anggrek Dendrobium hybrid Stardust

anggrek dendrobium hybrid
Anggrek Dendrobium hybrid Stardust

Informasi berikut ini kami tulis berdasarkan karakteristik umum dari pertumbuhan yang dibutuhkan oleh bunga anggrek. Ada beberapa faktor lain yang mungkin memengaruhi proses penanaman dan perawatan bunga anggrek.

Namun, kamu dapat mengikuti instruksi berikut karena kami menyesuaikan karakteristik bunga anggrek secara umum. Berikut ini beberapa faktor yang memengaruhi perawatan dan cara menanam Anggrek Dendrobium Stardust.

Cahaya

Bunga Anggrek Dendrobium hybrid Stardust menyukai sinar matahari yang cukup, tetapi tidak secara langsung terpapar. Bunga anggrek ini dapat diletakkan di tempat yang teduh di mana sesekali sinar matahari mengenainya.

Jika kamu menjumpai bahwa hari cukup panas atau kamu meletakkan bunga anggrek di dalam rumah, maka kamu bisa meletakkan bunga anggrek di dekat jendela. Pastikan di dekat bunga ada ventilasi yang cukup untuk keluar masuk udara, terutama di hari yang cukup panas.

Jika bunga anggrek terlalu sering terpapar sinar matahari, maka daunnya akan berubah kuning pucat, dan begitu pun sebaliknya. Oleh karena itu, hal ini juga perlu diperhatikan meskipun tidak terlalu menjadi faktor utama yang memengaruhi tanda kesehatan bunga anggrek.

Temperatur

Jenis anggrek hybrid ini direkomendasikan untuk diletakkan pada temperatur yang tidak terlalu panas, yakni tidak lebih dari 32 derajat Celsius di siang hari.

Untuk menjaga pertumbuhan anggrek, maka pengaturan suhu di malam hari sebaiknya terjaga antara 4 hingga 6 derajat Celsius dari rentang bawah suhu saat siang hari.

Kelembapan

Jenis anggrek Dendrobium hybrid Stardust tidak menyukai kelembapan udara yang cukup ekstrem sehingga harus benar-benar dijaga. Dasar perubahan kelembapan udara sebaiknya antara 40% hingga 60%.

Udara yang terlalu kering dapat memengaruhi anggrek hingga efek yang sangat buruk, seperti pertumbuhan anggrek terhambat, daunnya menguning, atau bahkan kematian permanen.

Semakin tinggi suhu, semakin tinggi kelembapannya, dan semakin tinggi kelembapannya, semakin sering dan lebih lama perlu ventilasi ruangan tempat anggrek diletakkan, jika tidak daun berbagai jenis penyakit jamur.

Substrat dan media tanam

Anggrek Dendrobium hybrid Stardust biasa tumbuh di media tanam substrat yang tercampur dalam pot kecil dan sempit. Untuk menunjang pertumbuhan tanaman, maka disarankan untuk menggunakan pot dengan ukuran yang agak besar. Hal ini perlu kamu perhatikan karena pseudobulb dapat tumbuh besar hingga akarnya keluar dari pot.

Kamu dapat menanam bunga anggrek pada substrat biasa, seperti sphagnum moss atau arang. Bunga Dendrobium Stardust tidak memerlukan perlakuan, terutama media tanam sehingga cukup mudah untuk merawatnya.

Dendrobium Stardust tidak membutuhkan repotting terlalu sering. Kamu dapat melakukan repotting setiap pot bunga terlihat sudah sangat padat sehingga perlu dipindah tempat.

Waktu yang paling tepat untuk melakukan repotting adalah ketika bulan semi, yakni ketika bunga anggrek bertunas (spike) berukuran 5 cm dan mulai menumbuhkan akar-akarnya.

Penyiraman

Selama masa pertumbuhan, bunga anggrek Dendrobium hybrid Stardust perlu cukup banyak disiram secara berkala, bisa setiap dua hari sekali bergantung pada cuaca.

Jika bunga sudah masuk musim berbunga, maka kamu dapat mengurangi frekuensi penyiraman sesuai dengan tingkat basahnya media tanam anggrek yang digunakan. Kamu dapat memasukkan batang lidi (apabila diperlukan) untuk memastikan tingkat kekeringan media tanam.

Yang perlu diperhatikan adalah jika kamu terlalu sering menyiram, maka besar kemungkingan anggrek dapat mengalami busuk akar yang sangat rentan menyebabkan tanaman anggrek mati.

Sebaliknya, jika anggrek kekurangan air, maka ia pun juga akan tumbuh kering di mana jika dibiarkan ia juga akan mati.

Oleh karena itu, penting untuk kamu benar-benar mengawasi pertumbuhan bunga anggrek supaya tetap terjaga pertumbuhannya, terutama tingkat penyiraman yang tepat saat musim kemarau dan musim hujan.

Pemupukan

Siklus pemupukan anggrek hampir sama seperti halnya penyiraman, tetapi pemupukan dilakukan tidak terlalu sering. Kamu mungkin cukup memupuk anggrek dua kali dalam seminggu.

Untuk cara memupuk anggrek dalam kamu baca dalam artikel kami sebelumnya di sini.

Perlu catatan bahwa kamu tidak perlu memupuk bunga anggrek selama masa pembungaan. Kamu dapat kembali memberikan pupuk apabila bunga anggrek sudah menggugurkan bunganya.

Itulah beberapa informasi terkait jenis anggrek Dendrobium hybrid Stardust, mulai dari karakteristik, cara menanam, serta perawatannya. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan membagikannya di kolom komentar.

Salam Angphot! Kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Leave a Reply