20+ Jenis Anggrek Tercantik di Dunia beserta Gambarnya yang Menawan

  • admin 

Jenis anggrek terindah di dunia

Pernahkah kamu bertanya-tanya tentang jenis anggrek terindah di dunia? Kami pun mengumpulkan beberapa data yang juga kami gunakan untuk melengkapi katalog koleksi anggrek Angphotorion untuk terus mendorong hingga bisa menjadi gerai Pusat Anggrek Murah di Jember, kemudian bisa mencakup Nasional.

Tidak ada pertanyaan mengapa rata-rata orang ingin menanam bunga anggrek. Baik kamu taruh di halaman atau dalam ruangan, kecantikan bunga anggrek tetap bisa membuat hati tenang. Ditambah karena kecantikannya itu bunga anggrek bisa berharga ratusan juta.

Dengan ratusan jenis anggrek yang ada di sekitar kita, kita bisa mengerti bahwa ada banyak macam bunga anggrek. Terkadang harganya yang mahal menjadi daya tarik bagi seseorang untuk merawatnya.

Namun, jangan khawatir, kami telah merangkum beberapa varietas anggrek yang lebih menonjol dan kami lengkapi dengan tips perawatannya.

20 gambar jenis bunga anggrek lengkap dengan spesiesnya

Ketika kamu memutuskan untuk mengembangkan bunga anggrek, maka kamu akan bisa mengamati bahwa bunga anggrek memang memiliki keunikan.

Tidak hanya warna dan bentuknya yang unik, harga bunga anggrek juga cukup mahal di pasaran. Jadi, kamu tidak akan merugi jika memutuskan untuk menjualnya kembali. 

Pengetahuan yang umum jarang diketahui adalah masyarakat awam yang masih memiliki pengetahuan terbatas mengenai anggrek dan cara perawatannya.

Bahkan, mereka hanya membeli varietasnya karena bentuknya yang cantik tanpa tahu jenis apa anggrek itu. Maka dari itulah, kami merangkum gambar bunga anggrek beserta tipe dan namanya. Kami juga berencana untuk membuat katalog khusus bunga yang kami jual.

1. Anggrek Brassavola

Jenis Anggrek Brassavola

Jika kamu memiliki jenis anggrek satu ini di kebun atau dalam rumah, maka kamu pasti sudah mencium bau wanginya bahkan sebelum kamu melihatnya.

Bau yang semakin semerbak ketika malam hari dan ukuran bunganya yang cukup menawan. Penyerbukan bunga ini bergantung pada ngengat, maka ada baiknya jika kita meletakkannya di ruang terbuka yang teduh.

Anggrek ini merupakan spesies asli dari India Barat, Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Mungkin di wilayah Asia Tenggara, khususnya anggrek ini jarang ditemui. Hal inilah yang membuat anggrek ini tegolong anggrek mahal di Indonesia.

2. Anggrek Catasetum

Jenis Anggrek Catasetum

Catasetum merupakan jenis anggrek yang termasuk dalam genus Anggrek epifit mencoloksubfamili Epidendroideae, suku Cymbidieae, sub-suku Catasetinae, dengan 166 spesies.

Jenis anggrek Catasetum asli berasal dari Meksiko hingga Argentina, termasuk sebagian besar Amerika Tengah, Hindia Barat, dan Amerika Selatan. Jumlah spesies jenis anggrek ini terbesar ada dan hidup di Brasil.

Jika kamu memiliki anggrek satu ini dan daunnya mulai menguning, berjatuhan, jangan khawatir. Bunga anggrek ini secara normal melepaskan daunnya sepanjang musim dingin (Desember – Februari) dalam keadaan tanpa aktivitas atau hibernasi. 

Ada terdapat perbedaan variasi antara varietas Catasetum, namun ada satu atribut yang menciptakan perbedaan jantan dan betina. Anggrek varietas jantan memiliki anatomi bunga yang sifatnya mengusir serangga.

3. Anggrek Cattleya

Gambar Bunga Anggrek Cattleya

Mungkin pecinta anggrek sudah tidak asing dengan jenis satu ini, Varietas anggrek yang memang paling umum dijumpai, khususnya di Indonesia. Harga jualnya di pasaran juga cukup mahal. Anggrek Cattleya adalah jenis anggrek hibrid yang paling banyak dijumpai dibandingkan jenis anggrek lain. 

Beberapa Anggrek Cattleya memiliki bintik-bintik warna yang unik dan bicolor. Beberapa Anggrek Cattleya berbau sangat harum dan menjadi varietas yang paling populer di antara jenis anggrek yang lain.

4. Anggrek Cycnoches

Gambar Bunga Anggrek Cycnoches

Anggrek cantik satu ini juga merupakan bagian dari Anggrek Cattleya, sering disebut juga anggrek angsa. Disebut demikian karena bentuk bunga jantan yang mirip leher angsa. Sebanyak 30 bunga yang wanginya semerbak dapat tumbuh dalam satu tangkai yang berumur panjang.

5. Anggrek Cymbidium

Gambar Bunga Anggrek Cymbidium

Anggrek Cymbidium memiliki bentuk bunga yang lebih kurus dibandingkan varietas anggrek yang lain. Namun, warna bunga dan keindahannya mampu mengimbangi kecantikan anggrek satu ini. Anggrek ini termasuk dalam rekomendasi budaya anggrek di Amerika yang tersertifikasi.

6. Anggrek Dendrobium

Selain Anggrek Cattleya, anggrek Dendrobium juga telah umum dikenal para pecinta anggrek. Harga di pasaran juga relatif lebih mahal dibandingkan varietas Cattleya.

Anggrek Dendrobium seringkali disebut sebagai bunga yang berat di bagian atas dan sering dijadikan barang lelang. Dengan lebih dari 1000 spesies, menjadikan varietas bunga Anggrek Dendrobium termasuk salah satu genus anggrek terbesar.

Gambar Bunga Anggrek Dendrobium

Dendrobium juga lebiuh mudah diklasifikasikan karena bentuknya yang cukup umum dan unik. Salah satu yang akan paling umum kamu jumpai dalam perdagangan bunga anggrek adalah varietas warna kuning, putih, dan lavender.

7. Anggrek Encyclia (Anggrek Kupu-Kupu)

Gambar Bunga Anggrek Encyclia

Anggrek Encyclia atau di dunia barat disebut Cockleshell Orchid, dapat tumbuh subur di habitat meniru epifit liar. Beberapa ahli holtikultura mengatakan bahwa anggrek ini mirip gurita karena kelopaknya yang menggantung dan juga sepal.

Meskipun tidak memiliki bau yang semerbak, bunga anggrek ini dapat berbunga berbulan-bulan berturut-turut. Jenis anggrek ini juga dikenal sebagai anggrek yang senang hidup di wilayah kering, tetapi memiliki suhu yang lembap.

Anggrek ini tumbuh subur di wilayah Florida, Karibia, Meksiko, dan wilayah lain di Amerika Latin. Jenis anggrek ini tumbuh di hutan dataran rendah di ketinggian hingga 1000 meter. Sebaran spesies kurang lebih tersebar merata di seluruh wilayah tumbuhnya.

Sebagian besar spesies ini ditemukan di hutan kering musiman di mana kelembapan cenderung tetap tinggi sepanjang tahun, meskipun curah hujan jarang.

8. Anggrek Epidendrum

Gambar Bunga Anggrek Epidendrum

Genus Epidendrum juga merupakan salah satu genus anggrek terbesar selain Dendrobium. Varietas anggrek ini terdapat lebih dari 1000 varietas murni dan persilangan (hybrid).

Jenis anggrek ini berasal dari daerah tropis dan subtropis di benua Amerika, dari Carolina Utara hingga Argentina. Habitat anggrek Epidendrum bisa epifit, terestrial (seperti E. fulgens), atau bahkan lithophytic (tumbuh di atas batu gundul, seperti E. calanthm dan E. saxatile).

Bunganya kecil serta tanamannya membutuhkan cahaya yang kuat untuk tumbuh dan berkembang. Petani Epidenrum biasanya menambahkan cahaya tambahan untuk membuat bunga anggrek ini tumbuh lebih luas di dalamnya.

9. Anggrek Ludisia

Gambar Bunga Anggrek Ludisia

Jenis anggrek ini juga disebut dengan sebutan Jewel Orchid. Jenis anggrek ini memiliki nama latin Ludisia discolor. Perubahan warna Ludisia berasal dari lokasi tropis di Asia Tenggara.

Spesies ini awalnya dideskripsikan oleh John Ker-Gawler pada tahun 1818 sebagai Goodyera, tetapi kemudian dipindahkan ke genusnya sendiri oleh Achille Richard tujuh tahun kemudian. Alasannya untuk nama tersebut masih belum jelas hingga saat ini.

Menanam anggrek Ludisia merupakan suatu hadiah karena anggrek ini terlihat seperti permata ketika mekar. Tanaman ini melahirkan banyak batang bunga putih kecil di musim gugur dan juga musim dingin.

10. Anggrek Lycaste

Gambar Bunga Anggrek Lycaste

Anggrek Lycaste merupakan jenis anggrek yang akan menggugurkan daunnya selama musim dingin. Mereka tidak akan melakukan berbagai aktivitas selama musim dingin atau kerap disebut hibernasi.

Terdapat duri dari tanaman bunga anggrek satu ini yang tidak akan disadari oleh pengagum yang sedang mengamati bunga ini. Warna khas yang dominan ditemui bunga anggrek Lycaste adalah merah, pink, kuning, dan lavender.

11. Anggrek Masdevallia

Anggrek Masdevallia yang tumbuh di musim panas memiliki bentuk bunga yang tidak lazim dibandingkan dengan kategori anggrek lainnya. Bunganya berbentuk segitiga, dan ada juga yang kuning dan kecil, ada yang ramping, memanjang, dan juga memiliki juluran mirip kumis. 

Gambar Bunga Anggrek Masdevallia

Hal yang harus diperhatikan dalam memelihara anggrek jenis ini adalah kepekaannya dalam suhu dan kelembaban. Jadi, untuk petani anggrek yang berinat mengembangkan anggrek ini harus diperhatikan seksama masalah kedua hal tersebut.

12. Anggrek Miltonia

Gambar Bunga Anggrek Miltonia

Anggrek Miltonia tumbuh dari musim semi hingga musim panas atau sekitar bulan Maret sampai Agustus. Saat mekar, bunga ini memiliki daya tarik yang dingin dan sangat misterius. Warna yang sifatnya bicolour dan terfokus pada pusat kelopaknya memberikan kesan seperti itu. 

Anggrek ini termasuk dalam salah satu keluarga anggrek dengan harga pasar yang cukup mahal.

13. Anggrek Onchidium

Jika kamu memiliki anggrek yang bunganya mirip gadis penari, maka kemungkinan besar kamu sedang merawat anggrek ini. Anggrek yang tidak membutuhkan banyak perawatan ini memiliki bau semerbak mirip cokelat. 

Gambar Bunga Anggrek Onchidium

Satu hal yang harus kamu perhatikan saat memelihara anggrek ini adalah kelembaban. Jika kamu gagal untuk menjaga satu faktor utama pertumbuhan anggrek ini, bisa dipastikan anggrek akan mengalami dormansi.

14. Anggrek Paphiopedlium

Di Eropa, anggrek ini lebih dikenal dengan nama Slipper’s Lady atau anggrek sandal wanita. Sekilas, anggrek ini mirip dengan anggrek termahal di dunia.

Gambar Bunga Anggrek Paphiopedlium

Paphiopedilum atau sering juga disebut sandal Venus merupakan jenis anggrek yang termasuk genus subfamili anggrek lady slipper Cypripedioideae dari famili tumbuhan berbunga Orchidaceae.

Jenis anggrek dari genus ini kenyakan berasal dari Asia Tenggara, Anak Benua India, Cina Selatan, Nugini, dan Kepulauan Solomon dan Bismarck.

Spesies dan hibrida mereka dibudidayakan secara ekstensif, dan dikenal sebagai paphiopedilum, atau dengan singkatan paphs dalam hortikultura.Salah satu nama latin dari jenis anggrek genus ini adalah Paphiopedilum insigne.

Warna anggrek jenis ini beragam mulai dari merah, bentol putih, kuning, hingga malarung coklat, dan agak kehitaman. Beberapa bunganya memiliki vegetasi multicolour yang menguntungkan untuk membantunya mendapatkan makanan.

15. Anggrek Rawa (C. Phaius)

Gambar Bunga Anggrek Phaius

Anggrek ini dikenal sebagai anggrek rawa dengan nama latin Colabiae phaius. Anggrek ini banyak ditemukan di wilayah tropis, seperti Afrika tripis, India, China wilayah subtropis, Malaysia, Indonesia, Filipina, serta beberapa nega Asia Tenggara lainnya.

Apakah kamu mengoleksi anggrek ini? Anggrek dengan bunga yang seakan memiliki empat kaki. Hal yang harus diwaspadai adalah ketika musim dingin atau sekitar bulan Desember. Anggrek ini mungkin akan rentan layu atau membusuk saat waktu-waktu dingin.

Di habitat aslinya, jika kelembaban selama bulan itu tidak diperhatikan, maka bunga anggrek ini dapat mengalami dormansi. Saat bunga ini mengalami dormansi, sebaiknya jangan terlalu banyak menyiram air karena metabolisme jenis anggrek ini mungkin tidak terlalu agresif.

16. Anggrek bulan (Phalaenopsis sp.)

Gambar Bunga Anggrek Phalaenopsis

Anggrek satu ini mungkin sudah tidak asing di pasaran anggrek. Cukup dikenal dari namanya yang lebih dikenal sebagai bunga anggrek ngengat. Anggrek ini sangat mudah untuk dibiakkan sehingga sangat cocok untuk dipelihara bahkan oleh pemula sekalipun.

Anggrek ini juga dikenal dengan sebutan anggrek ngengat. Jenis anggrek ini termasuk genus dari sekitar tujuh puluh spesies tumbuhan dalam keluarga Orchidaceae.

Jenis anggrek dalam genus ini termasuk epifit monopodial atau lithophytes dengan akar yang panjang, kasar, pendek, batang berdaun dan tahan lama, bunga pipih tersusun dalam batang berbunga yang sering bercabang di dekat ujung.

Anggrek dalam genus ini kebanyaka spesies asli yang berasal dari India, Taiwan, China, Asia Tenggara, New Guinea dan Australia dengan mayoritas di Indonesia dan Filipina.

17. Anggrek Phragmipedium

Gambar Bunga Anggrek Phragmipedium

Phragmipedium adalah genus dari famili Anggrek dengan Subfamili Cypripedioideae dan satu-satunya genus yang terdiri dari suku Phragmipedieae dan sub-suku Phragmipediinae.

Nama genus ini berasal dari bahasa Yunani phragma yang berarti “divisi”, dan pedium yang berarti “sandal” (mengacu pada kantong). Jenis anggrek ini terdapat sekitar 20 spesies anggrek sepatu wanita yang diketahui berasal dari Meksiko Barat Daya, Amerika Selatan dan Tengah.

Jenis anggrek ini adalah jenis anggrek yang juga tidak ‘rewel’ seperti jenis anggrek yang lain. Hanya masalah kelembaban saja yang harus sewajarnya diperhatikan. Ciri khas anggrek ini adalah memiliki kantong kecil di bagian tengahnya dengan warna yang kalem.

18. Anggrek Pshycopsis

Gambar Bunga Anggrek Pshycopsis

Psychopsis merupakan jenis anggrek dengan genus dari empat spesies anggrek yang diketahui berasal dari Amerika Selatan bagian utara, Amerika Tengah dan Trinidad

Jenis anggrek ini termasuk anggrek epifit dengan pseudobulbs silindris yang di tengahnya muncul dua tangkai bunga dengan bunga kuning keemasan. Bunga jenis anggrek ini cukup besar dengan bintik-bintik ungu pada pita di sepal dan di bibir bunga ujungnya membentuk lipatan.

Psikopsis sangat sering tumbuh di batang dan cabang pohon. Bunganya tampak seperti kupu-kupu besar dengan tubuh berwarna cerah (bibir, kelopak bunga yang dimodifikasi), kelopak bunga seperti antena yang sangat panjang, dan sepal kuning dan coklat belang-belang seperti sayap.

Jenis anggrek ini juga termasuk mudah dibiakkan. Warnanya yang unik sering menjadi daya tarik bagi para pencinta anggrek. Bintik-bintik menjadi ciri khas bunga satu ini, juga sukur yang menjulur seperti kumis.

19. Anggrek Vanda

Sama seperti namanya, anggrek ini tergolong anggrek eksotis. Anggrek ini juga termasuk jenis anggrek yang umum dijumpai di pasaran anggrek. Media tumbuh anggrek ini tidak begitu rumit, hanya media tanam yang sewajarnya: sekam atau sepat kelapa. 

Gambar Bunga Anggrek Vanda

Vanda merupakan jenis anggrek yang termasuk genus dalam keluarga anggrek, Orchidaceae. Terdapat sekitar 80 spesies, dan genus anggrek vanda biasanya dibudidayakan untuk diperjualbelikan.

Genus ini dianggap di antara yang paling spesifik beradaptasi dari semua anggrek di dalam keluarga anggrek (orchidaceae).

Jenis anggrek dalam genis vanda cukup diminati karena bunganya yang mencolok, harum, tahan lama, dan memiliki ragam warna yang menawan.

Spesies Vanda tersebar luas di Asia Timur, Asia Tenggara, dan New Guinea, dengan beberapa spesies menyebar ke Queensland dan beberapa pulau di Pasifik barat.

Hanya saja, jenis anggrek ini benar-benar harus diperhatikan, termasuk pencahayaan dan kelembapan lingkungan tumbuhnya. Anggrek ini memang ‘pilih-pilih’ dalam menentukan tempat ia tumbuh.

20. Anggrek Zygopetallum

Gambar Bunga Anggrek Zygopetallum

Zygopetalum merupakan jenis anggrek yang termasuk dalam genus dari famili anggrek subfamili Epidendroideae, suku Maxillarieae, sub-suku Zygopetalinae. Jenis anggrek ini terdiri dari empat belas spesies yang saat ini telah diakui.

Nama umum anggrek ini, berasal dari kata Yunani zugón, yang berarti “kuk”. Ini mengacu pada pertumbuhan seperti kuk di dasar bibir.

Jenis anggrek ini banyak hidup di hutan lembab di daerah dataran rendah hingga menengah di Amerika Selatan, dengan sebagian besar spesies asli berasal dari Brasil.

Anggrek ini menebarkan harum yang semerbak selama mekar di musim panas hingga musim dingin atau sekitar bulan juli hingga september. Umumnya, warna yang sering dijumpai sebagai ciri khas bunga ini adalah bentol-bentol kehitaman. Dominan warna kekuning-kuningan, ungu, dan merah maroon.

Penutup CTA

jenis anggrek tercantik di dunia

Angphotorion merupakan gerai pusat anggrek murah di Jember. Situs ini dibangun untuk mengusung Angphotorion Go Digital.

Situs berita Angphotorion mengusung visi agrikultur berbasis urban farming dan lingkungan. Misi utama angphotorion adalah menjelajahi dunia agribisnis yang memberikan dorongan untuk berwirausaha secara mandiri dan inovatif.

Gerakan utama bertujuan untuk mendobrak pandangan masyarakat akan stereotip profesi petani yang masih dianggap sebagai pekerjaan kasta ‘rendah’. Padahal, di era modern ini, pertanian dan agrikultur justru menjadi tantangan tersendiri untuk bisa tetap eksis di era pembangunan yang terus menggerus lahan dan lingkungan.

Basis utama angphotorion adalah dengan meneliti, menyampaikan informasi, serta memotivasi produk dan penggerak bisnis lokal untuk bisa ”go” internasional. Untuk itulah, misi kami selanjutnya adalah menopang dunia agribisnis dan beberapa hal terkait sehingga bisa secara utuh bersinergi membangun ketahanan pangan negeri.

Angphotorion juga memberikan wadah bagi UMKM lokal yang bergerak di bidang agribisnis, kultur jaringan anggrek, serta ekowisata untuk saling bermitra di bawah naungan mitra angphotorion yang telah tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Kami juga memiliki misi untuk bisa bersama menjaga sinergisme dunia hijau menjadi lebih baik.

Angphotorion juga memberikan promosi gratis berupa review produk khusus bidang hidroponik, anggrek, serta produk kreatif untuk bisa saling bersaing secara sehat dan memberikan motivasi bagi setiap pelaku usaha untuk memajukan ide bisnis secara efisien dan kreatif.

Jika kamu menemukan masalah dalam merawat atau menanam anggrek, tetapi tidak ada satu pun indikator permasalahan yang dijumpai di tanaman, kamu bisa menghubungi kami secara langsung di halaman facebook kami: Angphotorion_Jember.

Atau kamu cukup menempel komentar di bawah ini dan nyalakan notifikasi untuk komen kamu atau subscribe blog angphotorion sehingga kamu akan menerima informasi lebih lanjut dari kami.

Jika kamu tertarik dan ingin memulai menanam anggrek, kamu bisa kunjungi katalog kami di #anggrek_angphot. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu bergabung dalam grub kami, kamu bisa bertanya secara langsung seputar anggrek, tips-trik menanam anggrek, atau beberapa hal masalah yang mungkin kamu jumpai saat menanam anggrek.

Kami membuka cabang budidaya anggrek. Saat ini kamu telah memiliki grosir budidaya anggrek di Jember, dan budidaya anggrek di Malang, serta Batu. Semoga ke depannya bisa menjangkau banyak mitra dan mengedukasi banyak orang.

Katalog Angphotorion

Jenis anggrek yang kami tawarkan cukup beragam. Ada banyak seperti anggrek bulan, tipe lotus, tipe Dendrobium, dkk. Lebih lengkapnya silahkan berselancar di instagram kami, follow @Angphotorion_Jember

Jika kamu menemukan masalah dalam merawat atau menanam anggrek, tetapi tidak ada satu pun indikator permasalahan yang dijumpai di tanaman, kamu bisa menghubungi kami secara langsung di halaman facebook kami: Angphotorion_Jember.

Atau kamu cukup menempel komentar di bawah ini dan nyalakan notifikasi untuk komen kamu atau subscribe blog angphotorion sehingga kamu akan menerima informasi lebih lanjut dari kami.

Jika kamu tertarik dan ingin memulai menanam anggrek, kamu bisa kunjungi katalog kami di #anggrek_angphot. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu bergabung dalam grub kami, kamu bisa bertanya secara langsung seputar anggrek, tips-trik menanam anggrek, atau bebrapa hal masalah yang mungkin kamu jumpai saat menanam anggrek.

Link whatsapp Angphotorion untuk belajar anggrek bersama sekaligus jual beli anggrek aman. Kami selalu memantau dan mengawasi latar belakang dari masing-masing penjual yang ada untuk meminimalisasi penipuan yang kerap terjadi.

Leave a Reply