Jenis Keanekaragaman Hayati dan Manfaatnya dalam Kehidupan

keanekaragaman hayati

Biodiversitas atau keanekaragaman hayati merujuk pada variasi kehidupan yang ada di Bumi, baik itu tingkat genetik, spesies, maupun ekosistem. Jenis keanekaragaman hayati mencakup keberagaman genetik dalam suatu spesies, jumlah dan jenis spesies yang berbeda dalam suatu wilayah atau ekosistem, serta variasi ekosistem yang mencakup berbagai tipe habitat.

Biodiversitas adalah dasar dari kehidupan dan memberikan manfaat ekologi, ekonomi, dan sosial yang krusial bagi manusia. Dengan menjaga dan melestarikan biodiversitas, kita dapat memastikan kelangsungan hidup dan keseimbangan ekosistem, sekaligus memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan untuk kehidupan masa depan.

“Biodiversity is the variation among living organisms from different sources including terrestrial, marine and desert ecosystems, and the ecological complexes of which they are a part.”

Jenis Keanekaragaman Hayati

Istilah keanekaragaman hayati diciptakan pada tahun 1985. Istilah ini penting dalam ekosistem alami maupun buatan. Ini berkaitan dengan keanekaragaman alam, biosfer. Ini mengacu pada variabilitas antara spesies tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme.

Keanekaragaman hayati mencakup jumlah organisme berbeda dan frekuensi relatifnya dalam suatu ekosistem. Ini juga mencerminkan organisasi organisme pada tingkat yang berbeda.

Keanekaragaman hayati dikelompokkan menjadi tiga tingkat utama, yaitu keanekaragaman genetik, keanekaragaman spesies, dan keanekaragaman ekosistem.

jenis keanekaragaman hayati

Keanekaragaman Genetik

Keanekaragaman genetik merujuk pada variasi gen dalam suatu spesies. Keanekaragaman hayati genetik merupakan keanekaragaman hayati pada tingkat paling dasar. 

Tidak ada dua individu dari spesies yang sama yang benar-benar serupa. Misalnya, manusia menunjukkan banyak keberagaman di antara dirinya. Hal ini memungkinkan organisme beradaptasi terhadap perubahan lingkungan dan bertahan dalam kondisi yang berubah.

Tanaman pangan dan hewan ternak yang memiliki keanekaragaman genetik yang luas lebih tahan terhadap wabah penyakit dan perubahan iklim.

Keanekaragaman Spesies

Keanekaragaman spesies mengacu pada jumlah dan jenis spesies yang berbeda dalam suatu wilayah atau ekosistem. Ini mencakup semua spesies mulai dari tumbuhan hingga mikroorganisme yang berbeda.

Hutan hujan tropis, misalnya, merupakan tempat dengan keanekaragaman spesies tertinggi di dunia. Setiap spesies memiliki peran unik dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

Keanekaragaman Ekosistem

Ekosistem adalah kumpulan organisme hidup dan tak hidup serta interaksinya satu sama lain. Keanekaragaman hayati ekologi mengacu pada variasi spesies tumbuhan dan hewan yang hidup bersama dan dihubungkan oleh rantai makanan dan jaring makanan.

Keanekaragaman ekosistem mencakup beragam tipe habitat dan ekosistem di seluruh dunia, seperti hutan, lahan basah, terumbu karang, dan gurun. Setiap ekosistem memberikan kondisi lingkungan yang khas, mendukung berbagai spesies dan proses kehidupan yang berbeda.

Baca juga: Apa Itu Food Loss and Waste? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Manfaat Keanekaragaman Hayati

manfaat keanekaragaman hayati
Keanekaragaman hayati memberikan dukungan kehidupan dalam ekologi (sumber: Fine Art America)

Keanekaragaman hayati memiliki nilai intrinsik dan ekonomis. Secara ekologis, hal ini menciptakan ketahanan ekosistem, meningkatkan produktivitas tanah, dan menyediakan layanan lingkungan seperti sirkulasi air dan penyerapan karbon. Secara ekonomis, keanekaragaman hayati mendukung sektor pertanian, farmasi, dan pariwisata.

Keanekaragaman hayati dan pemeliharaannya sangat penting bagi kelangsungan kehidupan di bumi. Beberapa alasan yang menjelaskan pentingnya keanekaragaman hayati adalah:

Stabilitas Ekologis

Setiap spesies memiliki peran tertentu dalam suatu ekosistem. Mereka menangkap dan menyimpan energi dan juga memproduksi dan menguraikan bahan organik. 

Manusia tidak akan bisa menjalankan kehidupan tanpa adanya dukungan jasa-jasa dari ekosistem. Ekosistem yang beragam akan lebih produktif dan tahan terhadap tekanan lingkungan.

Kepentingan Ekonomi

Keanekaragaman hayati merupakan sumber daya untuk pembuatan makanan, produk kosmetik, dan obat-obatan.

Tanaman pangan, peternakan, perikanan, dan hutan merupakan sumber makanan yang kaya.

Tanaman liar seperti tanaman Cinchona dan Foxglove digunakan untuk tujuan pengobatan.

Kayu, serat, parfum, pelumas, karet, resin, racun dan gabus semuanya berasal dari spesies tanaman yang berbeda.

Taman nasional dan cagar alam merupakan sumber pariwisata, sekaligus sumber keindahan dan kegembiraan bagi banyak orang.

Baca juga: Regulasi Carbon Capture and Storage (CCS) untuk Keberlanjutan Indonesia

Kepentingan etik

Semua spesies di Bumi mempunyai hak untuk hidup. Manusia tidak seharusnya menyebabkan kepunahan berbagai spesies secara sengaja. 

Keanekaragaman hayati melestarikan budaya dan warisan spiritual yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting untuk melestarikan keanekaragaman hayati.

Keanekaragaman hayati di India

India adalah salah satu negara paling beragam di dunia. Ia menempati urutan kesembilan dalam hal kekayaan spesies tumbuhan. Dua dari 25 hotspot keanekaragaman hayati dunia ditemukan di India. 

Berbagai spesies diketahui sebagai asal mula spesies tanaman penting, seperti kacang gude, terong, mentimun, kapas dan wijen. India juga merupakan pusat berbagai spesies peliharaan seperti millet, sereal, kacang-kacangan, sayuran, tanaman obat dan aromatik, dll.

India juga tak kalah beragamnya dalam kekayaan faunanya. Ada sekitar 91000 spesies hewan yang ditemukan di sini.

Namun, keanekaragaman hayati semakin menipis sehingga berbagai program konservasi keanekaragaman hayati diluncurkan untuk melestarikan alam.

Ancaman terhadap Keanekaragaman Hayati

Perubahan iklim, deforestasi, polusi, dan aktivitas manusia lainnya telah mengancam keanekaragaman hayati. Kepunahan spesies meningkat secara dramatis, merugikan ekosistem dan menyebabkan ketidakseimbangan dalam rantai makanan.

Upaya Pelestarian dan Konservasi

Upaya konservasi melibatkan pembentukan taman nasional, suaka margasatwa, dan kawasan konservasi lainnya untuk melindungi keanekaragaman hayati. Penanaman kembali vegetasi, pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan, dan edukasi masyarakat menjadi langkah penting dalam pelestarian ini.

Kesimpulan

Keanekaragaman hayati adalah aset tak ternilai yang harus dilestarikan untuk generasi mendatang. Dengan memahami dan menghargai keberagaman genetik, spesies, dan ekosistem, kita dapat berkontribusi pada pelestarian alam dan menjaga kehidupan di Bumi agar tetap seimbang dan lestari.

Kamu bisa belajar pertanian modern sekaligus juga berperan sebagai penggerak mitigasi iklim dengan bergabung dalam komunitas Angphot. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog produk pertanian inovasi dari pengelolaan food waste dan hidroponik, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Angphotorion

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading