Apakah daun anggrek kamu menghitam? Atau mungkin hanya muncul bintik-bintik kehitaman pada daun bunga anggrek kamu?

Jika demikian, maka hal itu bisa jadi menjadi tanda-tanda anggrek tidak sehat yang perlu kamu waspadai. Namun, umumnya penyebab daun anggrek menghitam bisa disebabkan oleh tiga hal berikut:

  1. Anggrek memar selama pengangkutan atau penanganan
  2. Daun anggrek terpapar lebih banyak sinar matahari dari yang mereka butuhkan
  3. Bakteri telah menginfeksi daun.

Karena dua alasan pertama cukup mudah diatasi dan tidak perlu panik, maka pada artikel ini, kami akan berfokus pada infeksi bakteri. 

Baca juga: Kenapa Daun Anggrek Menguning? Berikut Penyebab dan Solusinya!

Namun sebagai pedoman, bintik-bintik coklat bisa timbul saat penanganan yang kasar sehingga daunnya memar akibat stres. Biasanya, anggrek dapat pulih dalam waktu satu bulan setelah diberikan penanganan tepat.

Sedangkan jika daun anggrek menghitam karena terlalu banyak menerima sinar matahari, maka kamu cukup jauhkan anggrek dari sinar matahari langsung. Satu-satunya anggrek yang biasa menyukai sinar matahari adalah jenis anggrek vanda.

Penyebab bintik hitam pada daun anggrek

kenapa daun anggrek menghitam

Bintik hitam pada daun anggrek merupakan akibat langsung dari infeksi bakteri yang disebabkan oleh Acidovorax (misalnya, Pseudomonas) yang dikenal dengan Bacterial Brown Spot

Bintik-bintik karena infeksi bakteri dapat dikenali dengan tanda munculnya noda coklat, ukurannya sangat kecil dan tampak tergenang air. Saat ditekan, daun akan mengeluarkan cairan encer.

Bakteri dapat menempel pada daun anggrek dan mulai menginfeksi, terutama jika anggrek berada di tempat dengan kelembapan dan suhu tinggi.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarkan anggrek dari tempat tumbuh yang memiliki kelembapan dan suhu tinggi. Perhatikan juga apabila ada genangan air di daun atau media tanam anggrek. Hal ini dapat menjadi habitat berseminya bakteri.

Persebaran bakteri penyebab daun anggrek menghitam

Acidrovax, bakteri yang menyebabkan bintik-bintik hitam pada daun anggrek yang tidak sedap dipandang ini, menyebar melalui air. Penting agar air yang kamu gunakan untuk menyiram anggrek tidak digunakan kembali.

Maksud saya, jangan menggunakan kembali air yang kamu gunakan untuk menyirami satu anggrek untuk anggrek lainnya. Pisahkan penyiraman dan jangan merendam banyak anggrek di baskom atau ember yang sama berisi air.

Jaga agar semua alat Anda tetap steril dan bersih.

Perbedaan penyebab daun anggrek menghitam karena over penyiraman dan infeksi bakteri

Tahap awal saat daun anggrek mulai menghitam sering disalahartikan sebagai dampak dari penyiraman bunga yang berlebihan.

Saat penyebab daun anggrek menghitam karena over penyiraman, maka tanda-tanda yang bisa diamati adalah daun anggrek yang mulai membusuk dan muncul bercak kecokelatan lembek berisi air.

Berbeda dengan timbulnya bintik hitam yang disebabkan oleh bakteri. Pada infeksi bakteri, infeksi akan muncul dengan warna hijau, perlahan memudar menjadi lingkaran kuning seperti lingkaran di satu tempat, lalu menghitam.

Bintik hitam adalah tahap terakhir saat melepuhnya infeksi bakteri benar-benar telah masuk ke dalam jaringan daun anggrek.

Cara menghilangkan bintik hitam pada daun anggrek

Daun anggrek yang menghitam bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut kami rangkum beberapa tips dan cara mengatasi daun anggrek menghitam:

  • Jika bintik hitam pada daun anggrek lebih besar dari lingkaran kecil, seperti noda hitam yang menempati 1/3 daun, maka yang kamu hadapi adalah busuk akar, bukan bintik karena infeksi bakteri.
  • Jika bercak ada di pseudobulbs atau akar dan bukan pada daun, maka itu juga bukan karena infeksi bakteri
  • Jika ujung daun berubah kecokelatan, lalu hitam, hal itu juga bukan karena infeksi bakteri. Hal ini lebih sering terjadi pada Anthracnose, Colletotrichum & Glomerella spp.
  • Jika daun memiliki noda memanjang yang menutupi lebih dari ukuran penghapus pensil, maka mungkin hal ini disebabkan karena Guignardia. Lesi ini akan terbentuk seperti garis panjang dan tipis yang memanjang sejajar dengan urat daun.
  • Bintik hitam pada daun anggrek yang disebabkan oleh infeksi Phyllosticta dimulai dari bintik kuning kecil, yang kemudian berkembang menjadi bintik hitam cekung. Perbedaan utama di sini adalah kita berurusan dengan bakteri, bukan jamur. Pada bercak daun, jamur telah berkembang ke keadaan reproduksi, spora akan muncul di tengah bercak tersebut.

Cara untuk menghilangkan dan mengobati flek atau bintik hitam pada daun anggrek bisa menggunakan larutan Hidrogen Peroksida 3% dan kapas, kemudian sentuhlah bagian yang menghitam dengan kapas yang telah dibasahi dengan H2O2.

Kamu juga bisa menggosok bagian atas daun yang terinfeksi, tetapi hindari menggosok bagian bawah daun. Hal ini disebabkan mayoritas stomata daun terletak di bagian bawah daun.

Kamu juga bisa menggunakan kayu manis, yang merupakan salah satu fungisida alami. Untuk membuat fungsida dari kayu manis, kamu cukup menambahkan kayu manis yang telah dipanggang ke dalam campuran air dan aduk hingga membentuk pasta, seperti lem.

Dengan kapas atau sendok, oleskan pasta kayu manis di atas bercak hitam pada daun anggrek. Pastikan kamu tidak menggunakan sendok yang sama saat mengaplikasikan pada daun anggrek menghitam.

Jika flek hitam pada daun anggrek menghitam terlalu banyak dan mencapai pangkal daun tanaman, maka hilangkan seluruh daun. Gunakan alat yang sudah disterilkan dan iris kembali daunnya. 

Oleskan kayu manis dan semprotkan hidrogen peroksida pada daun anggrek menghitam untuk membersihkannya dari kemungkinan bakteri yang tertinggal.

Anggrek apa yang lebih mungkin mengalami infeksi bakteri?

daun anggrek berubah kuning

Phalaenopsis merupakan anggrek yang paling sering terkena infeksi bakteri. Pada anggrek bulan (Phalaenopsis sp.) penyakit ini menyebar dengan cepat, dan jika tidak diobati dapat menyebar ke mahkota anggrek.

Dalam waktu dua hingga tiga minggu, secara perlahan akan menyebabkan kematian anggrek.

Di tempat kedua, ada bunga anggrek jenis  Cattleya. Namun, umumnya infeksi bakteri pada anggrek Cattleya tidak separah pada anggrek bulan untuk beberapa alasan yang tidak saya ketahui. 

Daun anggrek menghitam pada Cattleya karena infeksi bakteri ditandai sebagai titik-titik hijau kekuningan pada daun tua tempat bekas luka. Mereka mungkin juga muncul di tempat kamu membuang daun paku bunga. Umumnya infeksi bakteri pada Cattleya yang parah jarang terjadi.

Kesimpulan

Daun anggrek menghitam dapat berkaitan dengan penyebab anggrek tidak sehat, yang salah satu tanda awalnya adalah menguningnya daun anggrek. Alasan kenapa daun anggrek menguning pun bisa juga disebabkan oleh infeksi bakteri.

Penting untuk kita menjaga kebersihan, kelembapan, dan suhu di sekitar tempat anggrek tumbuh untuk menjaganya tetap sehat.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.