Kenapa daun anggrek menguning?

Penyebab daun anggrek menguning adalah karena faktor lingkungan di mana ia tumbuh serta faktor usia di mana daun akan menguning secara alami.

Selain itu, penyebab daun anggrek kuning juga dapat disebabkan oleh perawatan bunga yang tidak tepat atau sebab anggrek yang sedang berusaha untuk menyesuaikan dengan lingkungan hidup barunya.

Dalam kebanyakan kasus, daun anggrek yang menguning adalah bagian dari siklus hidup alami tanaman anggrek, dan hal ini tidak menunjukkan bahwa ada yang salah dengan bunga anggrek kamu.

Ada beberapa faktor kenapa anggrek daunnya menguning dan kamu bisa menganalisis berdasarkan faktor-faktor penyebab daun anggrek menguning berikut ini.

1. Siklus alami hidup bunga anggrek

kenapa daun anggrek berubah kuning

Semakin tua, maka daun anggrek maupun tanaman lain akan berubah kuning, kecokelatan, kemudian akan mengering. Ketika tanaman akan menumbuhkan beberapa tangkai daun baru, maka daun anggrek paling bawah akan menguning.

Alasan anggrek melakukan ini adalah karena anggrek memprioritaskan pertumbuhan baru, sehingga tanaman percaya bahwa daun bagian bawah tidak diperlukan.

Secara alami kenapa daun anggrek menguning tepat di bagian bawah sendiri adalah mereka memotong suplai air ke daun tersebut dan daun akan rontok dengan sendirinya.

Hal ini wajar dan sebaiknya biarkan daun anggrek yang menguning tersebut lepas dengan sendirinya setelah benar-benar kering dan kecokelatan.

Beberapa orang yang tidak mengerti mungkin akan membuangnya karena tampilan daunnya yang menguning tidak sedap dipandang. Memotong daun secara manual dari bunga anggrek dapat meningkatkan risiko penyakit.

Mengapa demikian?

Pada dasarnya, saat kamu memotong tangkai daun yang menguning, maka ibaratnya kamu telah membuat luka terbuka pada bunga anggrek.

Sebaiknya tunggu hingga daun terlihat layu dan menguning, yang merupakan tanda bahwa tanaman memulai proses perontokan. Kemudian, gunakan pisau tajam dan steril untuk membuang daun di pangkalnya.

2. Terlalu banyak terpapar sinar matahari langsung

kenapa daun anggrek menguning

Di alam, anggrek merupakan tumbuhan tropis yang biasanya tumbuh di bawah sinar matahari tidak langsung di bawah kanopi pohon.

Mereka tidak terbiasa dengan paparan sinar matahari langsung, jadi jika ditempatkan di lokasi yang menerima terlalu banyak sinar matahari langsung, daunnya bisa menguning.

Semua tanaman membutuhkan cahaya, tetapi paparan sinar matahari secara tidak langsung adalah pilihan yang lebih disukai untuk anggrek.

Jika terlalu banyak sinar matahari langsung menjadi masalah, kamu akan menemukan penyebab daun anggrek menguning dan memudar. Kamu mungkin juga menemukan bekas hangus, retakan pada daun, dan ujung daun yang terbakar.

Oleh karena itu, penting untuk kamu mempertimbangkan lokasi di mana harus meletakkan bunga anggrek yang sesuai. Kenapa daun anggrek menguning secara garis besarnya adalah karena intensitas paparan sinar matahari yang tidak sesuai.

Jadi, jika kamu merasa tanaman anggrek kamu menerima terlalu banyak sinar matahari langsung, coba tambahkan tirai tipis atau pindahkan lebih jauh dari jendela apabila anggrek ditaruh dalam rumah. Tambahkan dudukan pot pada bunga anggrek sebagai gantinya.

3. Suhu terlalu rendah atau tinggi

penyebab daun anggrek menguning
Daun anggrek berubah kuning

Suhu wajar untuk menyimpan tanaman anggrek adalah 60 hingga 70 derajat Fahrenheit, atau sekitar 24 hingga 34 derajat Celsius.

Sebagian besar suhu di tempat tinggal kita mungkin sudah cocok untuk habitat tumbuh bunga anggrek. Namun, jika tanaman anggrek tumbuh pada suhu yang terlalu ekstrem, maka bunga anggrek dapat mengalami stres.

Kamu mungkin menjumpai daun anggrek yang menguning secara progresif, serta daunnya berguguran. Tekanan suhu juga dapat menjadi penyebab daun anggrek menguning, berubah coklat atau menghitam atau bahkan tanaman mati.

Jika kamu menjumpai penyebab daun anggrek menguning karena faktor suhu, maka kamu dapat berusaha untuk membuat fluktuasi udara lebih mengalir, misalnya dengan membuat ventilasi.

Namun, kenapa daun anggrek menguning umumnya tidak banyak disebabkan oleh suhu, dan hanya beberapa kasus saja kejadian karena faktor ini terjadi.

4. Terlalu banyak penyiraman (overwatering)

alasan daun anggrek berubah kuning

Terlalu banyak penyiraman bisa menjadi salah satu penyebab daun anggrek menguning, bahkan bisa menjadi penyebab busuk akar, yang berujung pada matinya akar. 

Menyiram tanaman memang penting dilakukan, tetapi cukup dilakukan secara tidak berlebihan. Terlepas dari pengalaman kami, anggrek hanya membutuhkan sedikit air, terutama dari genus Dendrobium.

Kamu bisa mulai menyiram tanaman anggrek kamu saat media tanam sudah mulai tampak kering. Kamu bisa menyiramnya dua atau tiga hari sejak penyiraman sebelumnya.

Waktu penyiraman ini dapat dipengaruhi oleh musim, misalnya saat musim hujan, kamu mungkin lebih memerlukan sedikit penyiraman.

5. Perubahan tempat hidup

penyebab daun anggrek berubah kuning

Penyebab daun anggrek kuning dapat disebabkan karena perubahan tempat hidup secara mendadak, yang dapat berujung bergugurnya dedaunan anggrek.

Terkadang, pernahkah kamu heran menjumpai kenapa anggrek daunnya menguning setelah baru saja membelinya? Hal ini wajar karena bunga anggrek mencoba untuk menyesuaikan dengan lingkungan hidupnya yang baru.

Saat pertama kali akan memindahkan anggrek, sebaiknya jangan memberikan pupuk apapun lebih dulu selama seminggu. Penyiraman anggrek dilakukan awal kali memindahkan anggrek dan diukur dari kekeringan media tanamnya.

Pastikan kamu memilih lokasi yang bagus untuk tempat hidup baru buat bunga anggrek kamu dan tanaman secara bertahap akan berhasil beradaptasi dengan sendirinya.

Sulit untuk mencegah jenis masalah ini, dan satu-satunya hal yang dapat kamu lakukan adalah menyediakan iklim pertumbuhan yang tepat untuk bunga anggrek.

6. Pupuk terlalu banyak

Salah satu pengalaman yang tidak pernah kami lupakan adalah kesalahan yang kami lakukan, yakni terlalu over dalam memberikan pupuk. Alhasil, bunga anggrek bulan kami, yang memiliki jenis langka, mati karena berlebihan dalam pemupukan.

Sebetulnya, anggrek hanya cukup diberikan pupuk dua kali seminggu. Cara pemupukan anggrek ini dapat juga sekali seminggu bergantung pada jenis pupuk yang kamu gunakan.

Setelah kamu memberi terlalu banyak pupuk pada tanaman, kamu tidak dapat menariknya kembali. Sebaliknya, luangkan waktu untuk mempelajari cara yang tepat untuk memberi nutrisi dan pemupukan anggrek yang tepat.

Anggrek adalah pengumpan cahaya, jadi pemberian makan yang jarang sangat ideal, dan kamu mungkin perlu mengencerkan pupuknya.

Kamu bisa mengencerkan pupuk sebesar ¼ menjadi ½  jika dibandingkan dengan pupuk yang akan digunakan pada tanaman hias lainnya. Pilihan lainnya adalah mencari pupuk khusus anggrek dan ikuti petunjuknya dengan cermat.

Kamu juga harus memastikan tidak selalu menyiram anggrek dengan air yang telah terlarut pupuk di dalamnya. Yang terbaik adalah bergantian dengan memberi jeda waktu untuk mengalirkan garam nutrisi ke dalam pot tanah.

Ingatlah untuk tidak memberi nutrisi atau pupuk saat bunga anggrek mekar penuh. Saat bunga jatuh, mulailah memupuk untuk mendorong pertumbuhan tanaman dan perkembangan bunga baru.

7. Infeksi mikroorganisme

daun anggrek berubah kuning

Alasan kenapa daun anggrek dapat berubah kuning juga dapat disebabkan oleh infeksi mikroorganisme tertentu, seperti bakteri, jamur, atau virus.

Ciri khas paling dapat dikenali apabila bunga anggrek kamu sakit adalah daunnya menguning disertai bercak hitam.

Untuk menangani apabila penyebab daun anggrek menguning adalah karena infeksi, maka kamu bisa mengobatinya dengan memberikan pestisida khusus berdasarkan penyebab penyakit.

Penting juga bagi kamu untuk memindahkan bunga anggrek ke media tanam setelah akar anggrek disterilkan.

a. Infeksi jamur

Kenapa daun anggrek menguning dapat disebabkan karena infeksi jamur yang diketahui dapat menyebabkan area kuning, dimulai di bagian pangkal hingga bawah daun.

Jika tidak diobati, bercak daun jamur akan menyebabkan bercak menjadi lebih besar, berubah menjadi coklat atau hitam.

Untuk infeksi ringan, kamu bisa menyemprot atau menyeka daun dengan fungisida. Biasanya disarankan untuk membuang semua daun yang terinfeksi dan kemudian kamu bisa mulai merawat daun yang sehat.

b. Infeksi bakteri

infeksi jamur dan bakteri pada tanaman anggrek
infeksi jamur dan bakteri pada tanaman anggrek

Jika kamu melihat bintik-bintik kuning atau coklat yang tampak basah pada daun, kemungkinan penyebab daun anggrek menguning karena infeksi bakteri.

Jika kamu menanam anggrek di daerah yang panas dan lembap, infeksi bakteri lebih umum terjadi. Semakin buruk, hal itu dapat menyebabkan daun menguning dan dapat menjadi tanda stres yang dialami tanaman.

Rencana perawatan terbaik adalah membuang semua bagian daun atau seluruh daun yang terinfeksi. Gunakan selalu gunting steril!

Setelah kamu mencabut bunga anggrek dari potnya, kamu dapat mencoba semprotan bakteri atau fungisida berspektrum luas untuk mencegah spora jamur menginfeksi lebih banyak tanaman.

8. Akar anggrek membusuk

akar anggrek membusuk tanda anggrek tidak sehat

Jika kamu menemukan kenapa daun anggrek menguning adalah karena penyakit apa pun, kemungkinan besar hal ini ditandai juga dengan pembusukan akar karena paling umum terjadi.

Busuk akar adalah infeksi jamur pada akar, yang biasanya terjadi jika kamu terlalu banyak menyiram, menggunakan pot tanpa lubang drainase, atau media tanam yang memiliki drainase air yang buruk.

Busuk akar adalah masalah utama yang serius karena dapat membuat anggrek mati dengan segera. Jadi, jika kamu menjumpai daun anggrek berubah kuning, segera periksa akarnya.

Kamu akan tahu bahwa tanaman kamu mengalami busuk akar jika akarnya berwarna coklat atau hitam, lunak, dan rapuh.

Jika tanaman memiliki akar yang sehat, tanaman dapat diselamatkan, tetapi kamu perlu menggunakan gunting yang tajam dan steril untuk menghilangkan semua akar yang telah membusuk.

Kesimpulan

kenapa daun anggrek berubah kuning

Alasan kenapa daun anggrek menguning dapat disebabkan oleh berbagai faktor, di mana faktor paling umum adalah intensitas penyiraman dan pemupukan anggrek yang berlebihan.

Ketika kamu menjumpai daun anggrek menguning secara tidak wajar, maka kamu dapat memeriksa bagian akar terlebih dahulu.

Sumber Penulisan. Angphotorion.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.