Menyemai Biji Anggrek untuk Pemula, Apakah Mudah Dilakukan?

Pasti kamu berpikir untuk menyemai biji anggrek begitu mendapati bunga anggrek memiliki buah. Dalam buah anggrek terisi biji berwarna kekuningan halus yang sangat kecil, hampir dapat dikatakan seperti serbuk.

Menanam anggrek dari biji biasanya membutuhkan lingkungan dengan tingkat kontrol yang tinggi dan harus steril. Mengapa demikian? Pernahkah kamu menjumpai hasil kultur jaringan biji anggrek memutih kemudian bagian atas agar berubah kecoklatan mirip ragi?

Itulah salah satu tanda kultur jaringan yang kamu lakukan gagal karena terkontaminasi oleh cendawan. Beberapa penyebab penyemaian biji anggrek dalam botol gagal salah satunya adalah saat metode penyeterilan botol dan pergantian media agar (jika diperlukan).

Umumnya menanam anggrek dari biji dari proses penyemaian hingga menjadi bibit botol dilakukan dalam laboratorium, sehingga jarang dilakukan oleh pelaku florikultur tanpa pengalaman.

Jika kamu berniat melakukan penyemaian biji anggrek secara mandiri di rumah, maka bisa saja dilakukan. Namun, tentunya hal ini akan menghabiskan banyak waktu dan membutuhkan kesabaran hati mendalam, mengingat persentase kegagalan yang membayangi masih cukup besar.

Itulah salah satu alasan mengapa bibit anggrek menjadi cukup mahal di pasaran!

Apakah menanam biji anggrek bisa dilakukan?

Jika pertanyaannya begitu, dan kamu membutuhkan jawaban atas rasa penasaran yang kian membutuhkan penyelesaian, maka kamu dapat membaca artikel kami mengenai cara menyemai biji anggrek tanpa sterilisasi.

Kami akan merangkum beberapa kisah pengalaman kami selama ini, sekaligus juga cerita dari beberapa pelaku usaha kultur jaringan anggrek. Biji anggrek yang berhasil disemai pun harus dilakukan aklimatisasi, yaitu penyesuaian bibit anggrek dengan lingkungan baru sehingga dapat beradaptasi.

Pada dasarnya, untuk menanam biji anggrek dengan cara yang paling memungkinkan adalah dengan teknik kultur jaringan. Namun, untuk dapat mendalami dan mempraktikkan langsung proses semai biji anggrek tidak semudah yang terlihat di grub-grub kultur jaringan yang mungkin salah satunya kamu cukup mengenalnya di Facebook.

menyemai biji anggrek untuk pemula
Contoh biji anggrek yang gagal disemai karena terkontaminasi cendawan

Oleh karena rumit itulah, kami tidak cukup merekomendasikan penyemaian bibit anggrek dari biji, terutama untuk pemula yang hanya ingin coba-coba. Bisa-bisa hanya menguras modal kantong saja, tetapi hasil bibit penyemaian biji anggrek hanya tinggal jamur saja dalam tempatnya.

Kenapa kami katakan demikian? Bukan tanpa alasan, karena kami pun menjumpai banyak kegagalan dalam prosesnya. Oleh karena itu, untuk dapat menyemai biji anggrek melalui teknik kultur jaringan, maka setidaknya kamu harus benar-benar menyiapkan kesungguhan diri akan kegagalan dan memiliki tingkat kesabaran yang tinggi.

Menimbang biaya dan waktu yang akan dibutuhkan untuk itu, maka kami tidak menyarankan untuk pemula mencoba metode ini, kecuali apabila bersungguh-sungguh ingin memperdalam mengembangkan produk kultur jaringan bunga anggrek.

Membeli bibit botol akan lebih menguntungkan dibandingkan memulai penyemaian dari biji anggrek. Ditambah akumulasi waktu dan biayanya yang tidak sedikit, mungkin akan membuat kamu sedikit kesal jika menjumpai kegagalan.

Namun, bukan berarti tidak bisa, tetap bisa dilakukan dengan beberapa pertimbangan biaya, tempat, dan tentunya pengalaman. Pengalaman ini bisa kamu dapatkan dari beberapa pelatihan.

Beberapa tempat budidaya anggrek, khususnya daerah Malang – Batu kini banyak yang telah membuka training kultur jaringan anggrek dengan biaya yang cukup terjangkau. Kami bisa membantu kamu untuk konsultasi mengenai pelatihan kultur jaringan ini secara gratis melalui diskusi online.

Jadi, kesimpulannya jika kamu hanya ingin coba-coba saja tanpa ada niat untuk mendalaminya, maka saran kami adalah tidak melakukannya. Meskipun ada pepatah, “Lebih baik mencoba dan gagal daripada tidak pernah gagal karena tidak pernah mencoba,” kami memahami bahwa untuk pemula memang akan sangat sulit dilakukan.

Lakukan penyemaian bibit dengan menanam anggrek dari biji melalui pertimbangan yang matang sehingga setidaknya tidak ada penyesalan di belakang.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajarcara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot. Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Leave a Reply