Angphotorion

Pestisida alami dari Tanaman Ramah Lingkungan, Bisa Buat Sendiri di Rumah!

Pestisida adalah zat yang beracun untuk membunuh atau membasmi hama (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Pestisida dibutuhkan untuk mengatasi beberapa penyakit hama yang mungkin muncul untuk menghindari kerugian saat panen.

Pestisida yang beredar umumnya memiliki dampak terhadap lingkungan yang dapat merugikan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, penggunaan pestisida alami dapat menjadi alternatif untuk meminimalkan risiko kerusakan lingkungan.

Bandingkan dengan pestisida kimia? Kamu pasti pernah menjumpai bau menyengat di persawahan atau kebun dari hasil penyemprotan bahan-bahan pestisida.

Terkadang, bahan-bahan berbahaya tersebut dapat terakumulasi secara tidak sadar dalam tubuh. Namun, kamu dapat memanfaatkan bahan-bahan berikut sebagai pestisida alami sebagai pengganti pestisida kimia.

Contoh pestisida alami untuk tanaman

Selain aman, bahan-bahan alami yang digunakan sebagai pestisida alami cenderung lebih murah dan mudah didapatkan. Kesegaran buah dan tanaman kamu juga dapat lebih terjaga karena bebas dari bahan kimia.

Beberapa tanaman yang telah diteliti manfaatnya sebagai pestisida alami yang diambil dari tanaman dapat kamu lihat dalam tabel berikut:

NoNama UmumNama IlmiahBagian TanamanPenggunaan
1AglaiaAglaia odorataKulit, batang, daunInsektisida
2BabandotanAgeratum conyzoidesDaun, batang, akarInsektisida, Nematosida
3BalakamaOcimum basilicumDaun, bijiInsektisida
4BawangAllium spp.UmbiInsektisida, Fungisida,
Nematosida
5BengkuangPacchiryzus erosusDaun, bijiInsektisida
6BitungBarringtonia sp.BijiInsektisida, Piscisida
7BrotowaliTinospora sp.BatangInsektisida
8CengkihSyzigium aromaticumDaun, bungaBakterisida, Fungisida
Insektisida
9Daun wangiMalaleuca bracteataDaunAtraktan
10DukuLansium domesticumKulit buah, bijiInsektisida
11GadungDioscore compositeUmbiRodentisida, insektisida
12JarakRicinus communisBiji, daunRodentisida, Insektisida,
Nematosida
13Jarak pagarJathropa curcasBijiInsektisida
14JeringauAcarus calamusRimpangInsektisida, Fungisida
15KecubungDatura sp.Biji, daunInsektisida
16Kembang sungsangGloriosa superbaAkarInsektisida
17KipahitTithonia spDaunRepelen
18KunyitCurcuma domesticaRimpangNematosida, Rodentisida
19LadaPiper nigrumBuah, bijiInsektisida, Nematosida
Fungisida
20LegundiVitex trifoliaDaunInsektisida
21Lempuyang empritZingiber americansRimpangInsektisida
22Lempuyang gajahZingiber zerumbetRimpangInsektisida
23LerakSapindus rarakBuah, bijiPiscisida, Insektisida
24MahoniSwietenia macroplyllaBijiInsektisida
25Jambu meteAnacardium occidentaleKulit bijiInsektisida, Nematosida,
Fungisida, Bakterisida
26MimbaAzadirachta indicaBijiInsektisida, Nematosida
27NangkaArtocarpus heterophylusDaunNematosida
28NilamPogostemon cablinDaunInsektisida, Repelen
29Patah tulangEuphorbia turricalliDaunMolluskisida
30PepayaCarica papayaAkar, daunNematosida
31PicungPangium eduleBuahInsektisida
32PiretrumChrysantemum spp.BungaInsektisida
33SagaAbrus pecatoriusBijiInsektisida
34SecangCaesalpinia sappanDaun, bunga, bijiInsektisida
35SelasihOcimum sp.DaunAtraktan
36SembungBlumea balsamiferaDaunMolluskisida
37SengguguClerodendron seratumDaunRodentisida
38Sereh dapurAndropogon nardusDaunInsektisida, Fungisida
39SirihPiper bettleDaunBakterisida, Fungisida
40SirsakAnnona reticulateDaun, bijiInsektisida
41SrikayaAnnona squamosaBijiInsektisida, Nematosida
42TefrosiaTephrosia vogeliiDaunMolluskisida
43TembakauNicotiana tabacumDaunInsektisida, Fungisida,
Nematosida
44TembelekanLantana camaraBunga, daunInsektisida
45Akar tubaDerris ellipticaAkarPiscisida, Insektisida

Daftar dalam tabel adalah bahan-bahan alami yang dapat kamu gunakan sebagai pestisida alami yang dipastikan ramah lingkungan.

Jauh sebelum pestisida kimia ditemukan, para petani di zaman dulu menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dalam sebagai pestisida. Bagaimana membuatnya?

Cara membuat pestisida alami

Berikut beberapa daftar pestisida alami dari bahan nabati yang sering dimanfaatkan beserta cara membuatnya yang bisa kamu terapkan di rumah.

1. Minyak Neem

Orang India di zaman dahulu banyak menggunakan minyak neem sebagai pestisida alami. Minyak neem diperoleh dari daun memba yang diekstrak kemudian digunakan sebagai pestisida semprotan.

Minyak neem diketahui sebagai pestisida alami yang paling kuat di dunia karena mengandung lebih dari 50 senyawa pestisida yang efektif untuk membunuh berbagai jenis hama.

Untuk membuat semprotan minyak neem, tambahkan 1/2 ons minyak neem organik berkualitas tinggi dan 1/2 sendok teh sabun cair organik ringan ke dalam dua liter air hangat. Aduk perlahan. Tambahkan ke botol semprot, lalu kamu dapat menggunakannya segera.

2. Garam

Pestisida alami dari larutan garam yang disemprotkan dapat digunakan untuk mengatasi tanaman yang diserang hama tungau laba-laba.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan garam kristal Himalaya ke dalam 1 liter air hangat dan semprotkan pada bagian tanaman yang terkena hama.

3. Minyak mineral

Minyak mineral merupakan jenis pestisida alami yang langsung diambil langsung dari alam. Contoh dari minyak mineral yang sering dimanfaatkan sebagai pestisida adalah kriolit, minyak bumi yang telah dimurnikan, dan lain-lain.

Cara untuk membuatnya cukup mudah. Kamu hanya perlu menambahkan 10 hingga 30 ml minyak mineral organik ke dalam satu liter air, kemudian masukkan dalam wadah semprotan. Pestisida organik ini bekerja dengan baik untuk dehidrasi serangga dan telurnya.

4. Minyak jeruk & cabe cayenne

Kombinasi kedua bahan ini cukup efektif untuk membasmi hama semut. Cara membuatnya cukup mencampurkan 10 tetes minyak esensial jeruk dengan 1 sendok teh cabai rawit dan 1 cangkir air hangat. Kocok larutan sebelum menyemprotkan ke tanaman.

5. Sabun, minyak jeruk, & air

Kombinasi ketiga bahan ini sangat efektif untuk membasmi hama siput dan dapat disemprotkan langsung ke semut serta kecoak.

Untuk membuat pestisida alami ini, kamu cukup campurkan 3 sendok makan sabun castile organik cair dengan 1 ons minyak jeruk ke dalam satu liter air. Kocok dengan baik sebelum digunakan.

6. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih merupakan pestisida alami yang bagus dan cukup efektif untuk membasmi lalat, lebah, dan tawon. Cara menggunakan cukup dengan menaburkan beberapa tetes minyak kayu putih pada tempat serangga ditemukan.

Setelah penggunaan secara rutin, serangga-serangga yang mengganggu tanaman dapat pergi dengan sendirinya.

7. Semprotan bawang & bawang putih

Untuk membuat pestisida dari bahan bawang-bawangan, kamu dapat mencincang 1 siung bawang putih dan 1 bawang bombai ukuran sedang. Tambahkan ke 1 liter air. Tunggu satu jam, lalu tambahkan 1 sendok teh cabai rawit dan 1 sendok makan sabun cair ke dalam campuran.

Apabila masih tersisa, kamu dapat menyimpannya dalam lemari es. Bahan larutan pestisida alami dari bawang dapat bertahan hingga satu minggu saat disimpan dalam lemari es.

8. Bunga Krisan

Bunga krisan diketahui mengandung senyawa piretrum yang sering dimanfaatkan sebagai bahan alami dalam pembuatan pestisida. Senyawa ini akan menyerang sistem saraf serangga sehingga serangga tidak bisa bergerak.

Cara pembuatannya cukup dengan merebus 100 gram bunga krisan kering dengan 1 liter air. Rebus bunga dalam air selama dua puluh menit. Saring, dinginkan, dan masukkan ke dalam botol semprot. 

Larutan ini bisa kamu simpan hingga dua bulan. Kamu juga bisa menambahkan sedikit minyak neem organik untuk meningkatkan keefektifannya.

9. Ekstrak tembakau

Ekstrak tembakau biasa dimanfaatkan sebagai pestisida alami karena kandungan senyawa nikotin. Sama seperti halnya pada manusia, senyawa dalam tembakau cukup efektif untuk membunuh hama, ulat, dan kutu daun.

Kamu bisa membuatnya dengan mencampurkan 1 cangkir tembakau organik ke dalam 1 liter air. Biarkan tembakau dalam larutan air semalaman. 

Setelah 24 jam, campuran akan berwarna coklat muda. Jika sangat gelap, tambahkan lebih banyak air. Campuran ini dapat digunakan untuk membasmi hama pada sebagian besar tanaman, kecuali tanaman yang termasuk dalam famili solanaceous, seperti tomat, paprika, terong, dll.

10. Cabai dan tanah diatom

Untuk membuat pestisida dari kedua bahan ini, kamu dapat menggiling 2 genggam cabai kering menjadi bubuk halus dan campur dengan satu cangkir tanah diatom. Tambahkan 2 liter air dan diamkan semalaman. Kocok larutan sebelum digunakan.

Jika kamu memutuskan untuk membuat pestisida alami sendiri untuk merawat tanaman kamu, kami senang mendengarnya. Gerakan kecil ini akan membantu kita untuk lebih menjaga bumi dan lingkungan, jadi jangan lupa untuk berbagi dan menyampaikan hal baik yang kamu dengar, baca, dan simpan.

Salam sukses, Angphotorion!

Penutup

Salam Angphot! Kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Exit mobile version