Pestisida alami untuk bunga mawar biasa digunakan untuk membantu mengurangi penggunaan pestisida kimiawi. Kamu dapat memanfaatkan bahan-bahan alami, terutama bawang sebagai bahan pestisida alami ini.

Banyak hama atau serangga yang mungkin menyerang bunga mawar, terutama saat bunga mawar masih usia muda. Untuk membasmi hama tersebut, tanpa merusak lingkungan dan mendukung gerakan bumi hijau, kamu dapat mencoba menggunakan pestisida alami.

Selain ramah lingkungan, pestisida alami juga lebih aman digunakan dibandingkan pestisida kimiawi. Pestisida alami ini dapat mengandung bahan kimia seperti amonia, minyak esensial dan bahan alami lainnya.

Cara membuat pestisida alami untuk bunga mawar

hama kutu daun pada bunga mawar
Hama kutu daun pada bunga mawar

Membuat pestisida alami untuk bunga mawar membutuhkan tiga bahan alami, yaitu bawang putih, lada, dan bawang. Campuran ketiga bahan tersebut dapat digunakan untuk menghilangkan kutu daun pada bunga mawar dan azalea.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 2 buah cabai pedas
  • 1 buah bawang bombai
  • 1 umbi bawang putih
  • 1/4 gelas air

Metode pembuatan:

Masukkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan menjadi pasta encer. Diamkan campuran itu semalaman.

Di pagi hari, tambahkan satu liter air panas dan aduk rata. Saring ke dalam botol semprot dan semprotkan pada bunga mawar, azalea, dan sayuran lain yang terserang kutu daun.

Kamu bisa mengaplikasikan pestisida alami ini dua kali sehari. Ketika hama sudah menghilang, kamu bisa menghentikan pemberian pestisida tersebut.

Jadi, berikan pestisida apabila diketahui bunga mawar terserang hama kutu daun dan serangga tertentu.

Bahan pestisida alami untuk bunga mawar

Pestisida alami untuk bunga mawar

Selain rekomendasi bahan di atas yang sering kami aplikasikan, ada beberapa bahan alami lain yang bisa kamu gunakan untuk mengontrol hama pada bunga mawar.

Kamu bisa mencoba bahan-bahan berikut untuk beralih dalam gerakan menjaga bumi dengan cara menggantikan pestisida kimia.

1. Sabun mandi

Tukang kebun organik biasa menggunakan sabun dan air sebagai insektisida alami untuk mawar dan tanaman lainnya. 

Untuk membuat semprotan sabun, campurkan sabun murni seperti serpihan sabun atau sabun cuci piring tanpa pewangi dengan air hingga sabun larut, lalu semprotkan pada tanaman atau dioleskan dengan tangan. 

Penting untuk menggunakan sabun murni tanpa bahan tambahan seperti pemutih atau pewangi karena bahan kimia tersebut dapat memengaruhi pertumbuhan tanaman. Gunakan 1 sdm serpihan sabun atau sabun cuci piring cair per liter air.

2. Bubuk soda kue

Soda kue, atau natrium bikarbonat, telah lama digunakan sebagai pelindung dari bintik hitam pada mawar. Untuk membuat semprotan serangga dari soda kue, larutkan 1 sdt soda kue dalam 1 liter air panas. 

Setelah dingin, tuangkan ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada tanaman dan pastikan untuk menutupi kedua sisi daun. 

Untuk membuat semprotan menempel pada daun lebih baik dan menambah daya pembunuh serangga, tambahkan 1 sdt sabun cuci piring cair.

3. Minyak neem

Neem adalah minyak esensial yang diekstrak dari pohon neem Afrika, sebuah pohon yang mirip dengan pohon chinaberry. Selain efektif untuk membasmi hama, minyak nimba juga dapat membasmi beberapa jamur tanaman pada bunga mawar.

Bahan kimia aktif dalam minyak nimba, yakni azadirachtin, dapat membunuh serangga dan menghambat serangga bertelur. Kamu dapat membuat insektisida alami dari daun nimba atau mendapatkannya di beberapa toko terdekat atau toko online kami.

4. Semprotan minyak sabun

Semprotan ini berguna untuk mengendalikan kutu daun, kutu putih, kutu putih, sisik, tungau laba-laba, thrips, dan lalat putih.

Kamu bisa membuatnya dengan menggabungkan dan mencampurkan 1 sdt minyak sayur, 1 sdt cairan pencuci piring atau sampo bayi dan 1 cangkir air – atau 2 sdm minyak dan sabun atau sampo, larutkan dalam satu liter air. 

Biasanya kamu perlu mengaplikasikan larutan pestisida ini pada kedua bagian daun dan batang dan diperlukan waktu setiap lima hingga tujuh hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Setelah beberapa jam kamu menyemprotkan larutan pada tanaman, sebaiknya bagian tersebut disiram untuk menghindari tanaman terbakar. Sebaiknya uji semprotan pada area kecil tanaman dan amati area tersebut selama beberapa hari untuk memastikan tidak merusak bunga mawar.

Kesimpulan

Beberapa bahan lain yang bisa kamu terapkan sebagai insektisida alami bisa kamu baca dalam postingan kami sebelumnya.

Beberapa bahan alami ini mungkin memiliki efektivitas dan respons tumbuhan yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan untuk menguji bahan pada satu tanaman dahulu sebelum menerapkannya pada banyak bunga mawar.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.