Pewarisan Poligenik (Poligenic Inheritance)

Banyak sifat dan karakter fenotipe yang ada pada tumbuhan dan hewan seperti tinggi badan, pigmentasi kulit, warna rambut dan mata, produksi susu dan telur diwarisi melalui banyak alel yang ada di lokus yang berbeda. Karakter atau sifat yang diturunkan tersebut dikenal sebagai pewarisan poligenik.

Jika kita mengambil contoh tinggi badan atau pigmentasi kulit pada manusia, kita menemukan banyak perbedaan bentuk dari kedua sifat tersebut. Kami tidak dapat mengategorikan orang hanya dalam dua kategori seperti ‘tinggi’ dan ‘pendek’ untuk tinggi badan atau ‘gelap’ dan ‘terang’ untuk warna kulit. 

Kami menemukan variasi berkelanjutan untuk kedua sifat ini karena sifat-sifat ini dikendalikan oleh banyak gen. Ada sebanyak 400 gen yang mengontrol sifat tinggi badan dan bertanggung jawab atas variasi tinggi yang ada dalam populasi.

Baca juga: Persilangan Dihibrida dan Pewarisan Dua Gen

Definisi Sifat Poligenik

“Pewarisan sifat poligenik didefinisikan sebagai pewarisan kuantitatif, di mana banyak gen independen memiliki efek aditif atau serupa pada satu sifat kuantitatif.”

Warisan poligenik juga dikenal sebagai pewarisan gen berganda atau pewarisan banyak faktor.

Karakteristik Warisan Poligenik

  • Poligen mengacu pada gen yang memberikan sedikit efek pada fenotipe bersama dengan gen lain
  • Efek dari satu gen terlalu kecil, sehingga sulit untuk dideteksi
  • Beberapa gen menghasilkan efek yang sama
  • Setiap alel memiliki efek kumulatif atau aditif
  • Warisan poligenik berbeda dari beberapa alel, seperti pada beberapa alel, tiga atau lebih alel hadir di lokus yang sama di mana dua alel hadir dalam suatu organisme, misalnya sistem golongan darah ABO, yang dikendalikan oleh tiga alel
  • Tidak ada epistasis yang terlibat, yaitu menutupi ekspresi alel dari lokus yang berbeda
  • Tidak ada hubungan atau dominasi, melainkan ada alel yang berkontribusi dan tidak berkontribusi, yang masing-masing dikenal sebagai alel aktif atau nol.
  • Warisan poligenik dicirikan oleh variasi fenotipe suatu sifat yang terus-menerus
  • Pola pewarisan poligenik itu kompleks, sehingga sulit untuk memprediksi fenotipe
  • Analisis statistik dapat memberikan perkiraan parameter populasi

Contoh Warisan Poligenik

Warisan Poligenik pada Manusia

Ada banyak sifat pada manusia yang menunjukkan pewarisan poligenik, misalnya warna kulit dan rambut, tinggi badan, warna mata, risiko penyakit dan daya tahan, kecerdasan, tekanan darah, gangguan bipolar, autisme, umur panjang, dll.

Deskripsi singkat dari beberapa sifat:

  1. Pigmentasi kulit: pewarisan pigmentasi kulit adalah pewarisan poligenik. Sekitar 60 lokus berkontribusi pada pewarisan sifat tunggal. Jika kita mengambil contoh sepasang alel dari tiga lokus yang berbeda dan tidak terhubung sebagai A dan a, B dan b, C dan c. Huruf kapital mewakili alel dominan yang tidak lengkap untuk warna kulit gelap. 
  2. Huruf kapital yang lebih banyak menunjukkan warna kulit ke arah yang lebih gelap dan huruf kecil ke arah warna kulit yang lebih terang. Tetua yang memiliki genotipe AABBCC dan aabbcc akan menghasilkan keturunan berwarna intermediate pada generasi F 1 , yaitu genotipe AaBbCc. Pada generasi F 2 dari dua pasangan heterozigot rangkap tiga (AaBbCc x AaBbCc), mereka akan menghasilkan fenotipe yang bervariasi mulai dari sangat gelap hingga sangat terang dengan perbandingan 1:6:15:20:15:6:1.
Contoh pewarisan poligenik

Kotak Punnett menunjukkan variasi kontinu keturunan F 2 generasi

Dari terang ke gelap→

  1. Tinggi: Ada sekitar 400 gen yang bertanggung jawab untuk fenotipe dan lingkungan sangat mempengaruhi ekspresi gen.
  2. Warna mata: Warna mata ditentukan oleh poligen. Setidaknya 9 warna mata yang diakui pada manusia. Ada dua gen warna mata utama dan 14 gen lainnya yang menentukan ekspresi fenotipe. Jumlah alel yang berbeda berkontribusi pada setiap warna. Ini ditemukan terkait-X.

Warisan Poligenik pada Tumbuhan

Warisan poligenik pada tanaman meliputi warna dan bentuk batang, serbuk sari, bunga, hasil, kandungan minyak, ukuran biji, waktu matang atau berbunga, dll.

Baca juga: Manfaat Chlamydomonas

Deskripsi singkat dari beberapa sifat:

  1. Warna kernel gandum: Tiga pasang alel independen terlibat dalam ekspresi warna kernel gandum. Mereka menunjukkan bermacam-macam independen. Ketika kernel gandum merah tua (AABBCC) disilangkan dengan kernel gandum putih (aabbcc), generasi F 1 memiliki kernel warna merah menengah (AaBbCc). Ketika generasi F 1 disilangkan, generasi F 2 memiliki 63 tanaman kernel merah yang memiliki nuansa berbeda dari merah dan 1 kernel putih.

2

1615201561
Merah gelapMerah SedangmerahMerah menengahLampu merahMerah sangat terangputih

63 Merah (banyak warna)::1 (putih)

  1. Panjang mahkota dalam tembakau: Ada sekitar 5 gen yang terlibat dalam ekspresi fenotipe untuk panjang mahkota tembakau. Ada berbagai variasi panjang mahkota dalam tembakau karena pewarisan poligenik.

Pengaruh lingkungan pada Warisan Poligenik

Ekspresi poligen sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Genotipe menetapkan kisaran untuk sifat kuantitatif, tetapi kondisi lingkungan menentukan fenotipe dalam batas genetiknya. Gen berfungsi secara berbeda dalam kondisi lingkungan yang berbeda. Lingkungan mengatur aktivitas gen tertentu dan mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Kisaran fenotipe yang mungkin dalam kondisi lingkungan yang berbeda dari genotipe yang sama disebut sebagai ‘ norma reaksi’. Norma reaksi sempit untuk genotipe tertentu dan luas untuk beberapa genotipe, misalnya genotipe yang terlibat dalam tinggi manusia memiliki norma reaksi yang sangat luas.

Kembar identik yang dibesarkan di dua lingkungan berbeda menunjukkan bahwa individu mungkin memiliki potensi atau kerentanan genetik, tetapi kondisi lingkungan memengaruhi ekspresi genotipe. Karakter manusia seperti kecerdasan, depresi, tinggi badan, warna kulit, skizofrenia menunjukkan pengaruh lingkungan terhadap ekspresi gen. Ekspresi fenotipik tergantung pada alam dan pengasuhan.

Contoh:

  1. Diet dan kesehatan umum sangat mempengaruhi tinggi badan
  2. Bunga, warna semak, Hydrangea, tergantung pada tingkat aluminium yang ada di tanah
  3. Pengaruh suhu pada kulit kelinci himalaya.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa yang dimaksud dengan pewarisan poligenik?

Warisan poligenik mengacu pada pewarisan sifat yang diatur oleh lebih dari satu gen. Umumnya, tiga atau lebih gen mengatur pewarisan sifat poligenik. Beberapa gen independen memiliki efek aditif atau serupa pada sifat kuantitatif tunggal.

Sifat manusia manakah yang merupakan contoh pewarisan poligenik?

Dalam pewarisan poligenik, setiap alel memiliki efek kumulatif atau aditif pada fenotipe sehingga menghasilkan variasi terus menerus, misalnya pigmentasi kulit, tinggi badan, dll.

Sebutkan 3 contoh sifat poligenik?

Tiga contoh sifat poligenik pada manusia adalah tinggi badan, warna kulit dan warna mata. Sifat-sifat ini diatur oleh banyak gen.

Apakah golongan darah merupakan contoh pewarisan poligenik?

Golongan darah ABO adalah contoh alelisme ganda, di mana satu gen memiliki tiga alel atau varian yang berbeda (dalam lokus yang sama) dan seorang individu mengandung salah satu dari dua alel tersebut. Ini berbeda dengan pewarisan poligenik. Gen I memiliki 3 alel I A , I B dan i. Kombinasi dua pasangan alel menentukan golongan darah.

Apakah pewarisan warna mata poligenik?

Ya, warna mata adalah sifat poligenik. Ada dua gen warna mata utama, OCA2 dan HERC2, yang ada pada kromosom 15. Selain itu, ada lebih dari 13 gen yang diidentifikasi yang menentukan ekspresi fenotipe (warna mata). Setidaknya 9 warna mata dikenali pada manusia.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar cara menanam dan merawat anggrek, serta tanaman hias lain sekaligus melakukan jual beli dengan aman bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot. Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Leave a Comment

Your email address will not be published.