Keunikan Tanaman Bonsai Gaya Bunjin

Bonsai gaya bunjin atau literati adalah bonsai yang memiliki pendekatan atau interpretasi gaya pertumbuhan pohon tertentu yang terbentuk secara alami. Bonsai gaya bunjin menjadi salah satu jenis bonsai yang banyak dijadikan pedoman estetika dalam acara penghargaan bonsai.

Gaya pohon bonsai bunjin memiliki karakteristik alami karena dipengaruhi lokasi habitatnya. Umumnya bonsai gaya bunjin sering terlihat di pantai atau daerah di mana pohon-pohon lain telah mati atau ditebang yang pada akhirnya terjadi persaingan untuk mendapatkan cahaya matahari. Penyebab inilah yang membuat bentuk batang pohon bunjin unik akibat proses adaptasi terhadap lingkungan.

Bonsai gaya bunjin

Nama bonsai bunjin berasal dari frasa Jepang, bunjin-gi. Namun, bonsai gaya bunjin mengakar kuat dalam tradisi dan budaya China sehingga dikenal juga sebagai gaya literati.

Dalam sebuah buku China tentang bonsai – Penjing: Worlds of Wonderment, secara umum mengakui bahwa Ahli Qingyuan Zhao mendeskripsikan 4 konsep yang dipercayai merepresentasikan kualitas dan perasaan pohon bonsai, yakni:

  1. Gugao: keacuhan
  2. Jianjie: kekurangan
  3. Ya: elegan
  4. Pingdan: kesederhanaan

Bentuk bonsai bunjin dalam sebuah pertunjukkan umumnya mengikuti prinsip estetika yang ditetapkan berdasarkan lukisan literati yang pertama kali muncul selama masa Dinasti Song (960 – 1279 M).

Begitu banyak macam gaya pohon bonsai yang dapat dieksplorasi. Pohon bonsai gaya bunjin juga dikenal memiliki berbagai macam kisah meskipun pada umumnya terlihat seperti pohon yang didapatkan dari alam liar.

Deskripsi mengenai sejarah dan filosofi bonsai gaya bunjin terekam dalam buku yang ditulis oleh John Naka yang bertajuk “Bonsai Techniques.” Baca juga: Pestisida Alami untuk Bunga Mawar

Beberapa cuplikan kisah dalam bukunya:

“The Bunjin style of bonsai is so free that it seems to violate all the principles of bonsai form.
The indefinite style has no specific form and is difficult to describe, however its confirmation is simple, yet very expressive.”
“No doubt its most obvious characteristics are those shapes formed by old age and extreme weather conditions.”

– John Naka
bonsai gaya bunjin
Bonsai Pohon Pine Skotlandia oleh Walter Pall

Terjemahan Pestisida Alami

Gaya bonsai bunjin sangat bebas sehingga tampaknya melanggar semua prinsip bentuk bonsai.
“Gaya tak tentu tidak memiliki bentuk khusus dan sulit untuk dijelaskan, namun konfirmasinya sederhana, namun sangat ekspresif.”
“Tidak diragukan lagi karakteristiknya yang paling jelas adalah bentuk-bentuk yang terbentuk oleh usia tua dan kondisi cuaca ekstrem.”

~ Terjemahan

Cara Membuat Bonsai Bunjin

Bonsai gaya bunjin sebetulnya tidak memiliki peraturan khusus mengenai bentuknya, tetapi ada beberapa ketentuan yang dapat Anda perhatikan terutama untuk perlombaan.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah bahwa pohon bonsai gaya bunjin tinggi dan ramping, jarang ada pohon yang memiliki batang berbentuk lurus.

Bonsai bunjin
Bonsai bunjin pine oleh Walter Pall, Jerman

Lenggok pohon bonsai dapat dipertimbangkan, paling sering modifikasi di bagian akar. Batang dibentuk sedemikian rupa dengan kawat sehingga bentuknya dapat memelintir, berbelok, atau berliku.

Permukaan akar (nebari) umumnya tidak terlalu penting memengaruhi gaya bonsai yang lain. Beberapa cabang di atas batang dapat terbentuk dua hingga tiga yang seharusnya dapat dipangkas tipis sehingga relatif jarang bercabang.

Bonsai gaya bunjin memperlihatkan hasil dari kondisi ekstrem yang dihadapi pohon semasa hidup sebelumnya. Kondisi seperti luas permukaan tumbuh atau badai yang membinasakan kehidupan di garis pantai. Terkadang, dari bentuk bonsai bunjin kita dapat merasakan kesulitan apa yang dihadapi pohon itu sebelumnya.

bonsai gaya bunjin
Bonsai Juniper oleh Mike Sullivan

Bonsia gaya bunjin dapat dibentuk sedemikian rupa secara alami karena faktor dari lingkungan tempat ia berasal. Anda mungkin hanya perlu melakukan modifikasi pertumbuhan batang menggunakan kawat.

Bonsai gaya bunjin masih cukup populer dan memiliki banyak penggemar ketika penghargaan bonsai diadakan. Oleh karena itu, jangan ragu mencoba membuat bonsai gaya bunjin dengan melakukan beberapa modifikasi terhadap akar dan cabangnya.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar cara menanam dan merawat anggrek, serta tanaman hias lain sekaligus melakukan jual beli dengan aman bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot. Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *