15 Jenis Tanaman Bonsai Unik yang Sering Diperlombakan

miniatur tanaman bonsai

Tanaman bonsai gaya bunjin adalah salah satu jenis pohon bonsai yang banyak menjadi tema penghargaan pohon bonsai. Tidak hanya praktis, tetapi proporsi miniatur bonsai menjadi pertimbangan mengapa Anda akan menyukainya sebagai salah satu pelengkap interior rumah atau taman.

Tanaman bonsai juga dapat mengalihkan penat sepulang bekerja atau beraktivitas yang menjemukan seharian, serta memberikan ketenangan dalam hidup.

Selain itu, beberapa jenis tanaman bonsai juga banyak dijadikan sebagai tema utama penghargaan pohon bonsai, baik skala Nasional maupun Internasional. Berikut beberapa gaya bonsai unik yang dapat menjadi inspirasi bonsai perlombaan.

Inspirasi tanaman bonsai

Beberapa bonsai dapat ditumbuhkan berdasarkan kemampuan adaptasi pohon induk. Beberapa tanaman dapat diletakkan sebagai bunga hias indoor dan outdoor, tetapi beberapa yang lain hanya dapat dipelihara di luar rumah.

Jika kamu ingin menjaga tanaman bonsai tetap tumbuh di dalam rumah, maka pastikan bahwa tanaman menerima cukup cahaya matahari dari jendela yang berukuran cukup besar. Namun, jika tidak memadai, maka kamu dapat meletakkan lampu spektrum LED di dekat tanaman sebagai sumber cahaya.

Jika Anda adalah seorang pemula yang ingin mencoba beberapa gaya unik tanaman bonsai, maka berikut ini ada beberapa pilihan yang dapat Anda coba.

1. Beech Bonsai Tree

tanaman bonsai beech

Tanaman bonsai tipe ini memiliki habitat di negeri empat musim sehingga cukup sulit jika dikembangkan di negara tropis. Namun, Anda tetap dapat memeliharanya dengan menjaga kelembapan secara teratur.

Stuart MacKenzei mengatakan, “Macam tanaman bonsai cukup beragam, tetapi Ia sangat menyukai jenis pohon bonsai Beech dengan daun dewasa yang telah mekar sempurna. Ia tampak menawan dengan warna daun yang seperti mengundang suasana tenang ketika senja di musim gugur.”

Sementara gaya bonsai pohon Beech cukup menawan, jenis tanaman bonsai ini rupanya cukup temperamental daripada jenis pohon bonsai lain. Anda harus memperhatikan bahwa media tanam bonsai Beech tidak boleh kekeringan sehingga memerlukan metode pembabatan, perawatan media tanam, dan penyiraman yang tepat.

Baca juga: Cara Menanam Anggrek Tanpa Akar

2. Gaya Bonsai Pohon Ficus

bonsai ficus

Seperti namanya, tanaman bonsai ini merupakan inspirasi pohon bonsai dari jenis tanaman Ficus. Jenis tanaman bonsai dari pohon Ficus cukup populer di luar negeri karena keunikan batangnya.

Salah satu karakteristik pohon Ficus adalah tumbuhnya akar aerial (akar udara) ketika ia berada di kondisi lingkungan yang lembap. Tanaman bonsai Ficus, termasuk retusa biasanya memiliki batang yang berbentuk S dengan daun oval yang sangat gelap.

Pohon Ficus harus disiram secara teratur meski ia dapat beradaptasi dan menyimpan air di bawah akar. Pohon bonsai Ficus dapat tumbuh baik di lingkungan dengan kelembapan tinggi sehingga perhatikan kebasahan media tanam.

3. Gaya Bonsai Pohon Maple

tanaman bonsai pohon maple

Gaya bonsai pohon maple selalu menjadi bintang di ajang penghargaan bonsai. Gaya bonsai maple sangat unik karena membentuk miniatur hutan mini yang khas dengan warna daun yang menebar nuansa musim gugur.

Pohon maple cukup tahan dengan udara beku ketika suhu udara berada di -10°C sehingga cocok untuk diletakkan di taman terbuka sebagai bunga hias. Namun, jika suhu naik hingga 30°C, kamu perlu memindahkannya ke tempat yang lebih teduh atau di bawah naungan.

4. Gaya Bonsai Chinese Elm

tanaman bonsai elm china

Gaya bonsai ini cukup populer di kalangan pemula. Bonsai Chinese Elm memiliki proporsi yang sesuai apabila disesuaikan dengan miniatur hutan kayu kecil.

Bonsai ini juga cukup sering dikenal sebagai gaya bonsai tertiup angin karena ia membutuhkan cukup aliran udara di sekitar cabang dan dedaunannya.

Pohon ini cukup sulit didapatkan meskipun dapat menghadapi berbagai macam bentuk iklim, tetapi membutuhkan perawatan dan penyiraman yang lebih sering dibandingkan jenis pohon bonsai lain.

5. Gaya bonsai Satsuki Azalea

tanaman bonsai satsuki azalea

Gaya bonsai Satsuki Azalea tampak cantik ketika pohonnya berbunga yang menampilkan berbagai warna kemerahan. Kesan tenang terpancar ketika bunganya mekar yang kaya warna merah muda.

Pohon bonsai Azalea menyukai sinar matahari, tetapi ia akan tumbuh dengan baik di tempat yang teduh dengan suhu harian rata-rata 15°C hingga 25°C.

Azalea menyukai tanah yang sedikit masam sehingga penyiraman akan sangat berdampak pada keseimbangan pH tanah. Anda mungkin perlu memerhatikan media tanam ketika hendak menanam pohon bonsai Azalea.

6. Pohon Bonsai Birch

tanaman bonsai birch

Pohon Birch dapat tumbuh 3 hingga 4 kaki dan memberikan kesan seperti woodland mini. Pohon Birch adalah pohon yang ideal dimanfaatkan sebagai penghias taman.

Jenis tanaman ini dapat adaptasi dengan baik di wilayah beku ekstrem. Namun, di musim panas, ia membutuhkan cukup banyak air, tetapi media tanam diharapkan tidak sampai tergenang.

Baca juga: Anggrek Dendrobium Mini

7. Pohon Bonsai Juniper

pohon bonsai juniper

Jenis pohon bonsai Juniper adalah salah satu gaya bonsai yang populer di luar negeri maupun berbagai penghargaan bonsai.

Jenis bonsai ini memiliki sejarah yang berkaitan erat dengan Japanese shimpaku. Pohon juniper memiliki bagian reproduksi jantan dan betina sehingga ia dapat melakukan fertilisasi sendiri.

Juniper dapat tumbuh dengan baik dengan pencahayaan terang dan lingkungan yang cukup lembap. Perhatikan supaya media tanam tidak terlalu kering atau terlalu basah untuk menghadapi infeksi jamur yang mungkin terjadi.

8. Pohon Bonsai Cemara

tanaman bonsai cemara

Bonsai pohon cemara adalah satu dari berbagai jenis bonsai yang populer dikenal di seluruh dunia. Perawatan bonsai cemara juga tidak menyulitkan karena hanya membutuhkan pembabatan batang dan akar yang spesifik.

Pada umumnya, untuk menumbuhkan jenis bonsai cemara ini, kamu harus memahami proses pembabatan cemara secara spesifik. Pohon bonsai cemara tumbuh sangat lambat dan membutuhkan pembabatan dengan sangat hati-hati.

9. Bonsai Carmona

tanaman bonsai carmona

Dikenal juga sebagai teh Fukien, terkenal karena kemampuan berbunga meskipun diletakkan dalam ruangan dengan bunga warna putih yang mekar sepanjang tahun.

Pohon Carmona dapat tumbuh dengan baik dengan pencahayaan yang cukup. Anda dapat meletakkan pohon bonsai Carmona tiap pagi dan sore hari di ruangan terbuka.

Perhatikan supaya media tanam tetap lembap, tetapi tidak terendam, serta lakukan pemupukan secara teratur tiap musim tumbuhnya.

10. Pohon Bonsai Bald Cypress

tanaman bonsai cemara botak

Bonsai cemara botak (Bald Cypress) dapat hidup dalam waktu yang sangat lama, bahkan ada beberapa pohon yang konon berusia lebih dari 1000 tahun.

Pohon bonsai cemara memiliki daun berbentuk jarum yang memiliki warna cukup indah ketika musim gugur. Jenis tanaman ini membutuhkan banyak cahaya dan kehangatan sehingga perlu ditempatkan di lokasi yang cerah.

Cemara botak terbiasa dengan iklim basah, jadi Anda mungkin perlu menyiramnya setiap hari. Cemara botak dapat tumbuh cepat sehingga pemangkasan perlu diperhatikan.

11. Bonsai Crassula

pohon bonsai giok

Pohon berkayu ini berasal dari Afrika Selatan, khas ditandai batang kokoh dan daun seperti semak yang sensitif terhadap dingin. Karena karakteristik tersebut, jenis bonsai Crassula cocok dijadikan bunga hias dalam rumah.

Anda perlu melakukan pemangkasan secara teratur dan mengganti media tanam tiap dua tahun sekali. Berhati-hatilah dalam memasang kawat pada pohon bonsai ini karena kayunya lunak dan rentan terhadap kerusakan.

12. Bonsai Aprikot Berbunga

pohon bonsai aprikot

Gaya bonsai dari pohon Aprikot sangat memikat siapa pun yang memandangnya. Pohon Aprikot berasal dari Vietnam yang umumnya dijadikan sebagai simbol perayaan tahun baru.

Varietas Aprikot kuning cukup sulit ditemukan, tetapi Anda dapat lebih mudah menemukan bunga Aprikot Jepang berwarna merah mudah dan putih.

Pohon bonsai ini cocok untuk pohon hias luar ruangan, dengan wangi semerbak ketika mekar pada bulan Desember. Anda hanya perlu memperhatikan supaya tanah tetap lembap dan melakukan pergantian media tanam tiap beberapa tahun.

13. Pohon bonsai Wisteria Vine

tanaman bonsai wisteria

Bonsai anggur wisteria cocok untuk orang yang suka memotong versi mini dari pohon wisteria dengan cabang-cabang bunga ungu yang terkulai. 

Tidak seperti pohon bonsai lain, pohon bonsai ini cukup tidak dikenal karena struktur batangnya. Mereka terlihat hidup dengan cabang yang lebih kecil dari pohon sebenarnya meskipun ukuran ras tetap sama.

Bonsai ini mungkin membutuhkan waktu tiga hingga lima tahun untuk mekar. Bonsai anggur Wisteria membutuhkan banyak sinar matahari untuk mendukung pemekaran bunga, serta penyiraman dan repotting yang cukup.

14. Pohon bonsai Zaitun

tanaman bonsai zaitun

Zaitun secara alami ditemukan di negara-negara Mediterania. Keindahan dari dedaunan indah ini menginspirasi orang-orang di luar negeri untuk menanamnya sebagai bonsai. 

Dari tiga jenis pohon Bonsai, Olea oleaster adalah jenis spesies zaitun terbaik untuk membuat pohon bonsai yang indah. Spesies ini hidup liar dan sebagian besar ditemukan di sisi pantai negara Mediterania. 

15. Tanaman Bonsai Wooden

miniatur tanaman bonsai

Jenis tanaman bonsai dapat dibentuk sedemikian rupa sesuai miniatur ruangan yang diinginkan. Salah satu gaya bonsai yang banyak dipertimbangkan sebagai finalis penghargaan adalah bentuk miniatur hutan bonsai mini.

Anda dapat memanfaatkan berbagai jenis pohon yang dapat dijadikan bonsai, bahkan dari tanaman liar sekalipun.

Itulah beberapa ide tanaman bonsai yang dapat Anda kembangkan di rumah. Anda dapat menyesuaikan bentuk tanaman dengan memanfaatkan lilitan kawat di sepanjang batang pohon yang akan Anda bentuk bonsai. Selebihnya, Anda hanya perlu memperhatikan cara perawatan bonsai berdasarkan jenis tanamannya.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar cara menanam dan merawat anggrek, serta tanaman hias lain sekaligus melakukan jual beli dengan aman bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot. Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *