5 Tips Perawatan Janda Bolong Tanaman Hias Unik supaya Cepat Berdaun Banyak!

Janda bolong termasuk tanaman hias yang memiliki nama latin Monstera andansonii atau kadang disebut Swiss Cheese Plant. Janda bolong kini cukup banyak diminati karena keunikan yang dimilikinya.

Pamor bunga hias ini naik karena harga janda bolong yang akan semakin mahal mengikuti jumlah daun yang dimilikinya. Salah satu varietas janda bolong yang paling banyak digemari di era saat ini adalah janda bolong variegata yang diketahui memiliki harga hingga 6 juta di pasaran.

Dapatkan janda bolong harga grosir hanya Rp15.000 dengan potongan hingga Rp5000. Kunjungi di sini untuk klaim bonus!

Angphotorion Store

Tentang Janda Bolong

Harga janda bolong kian mahal
Monstera adansonii

Berdasarkan namanya, bunga ini merupakan tanaman hias yang memiliki daun berbentuk hati berukuran cukup besar akan membentuk lubang mengikuti pertambahan usia tanaman. Kemampuan ini disebut sebagai fenestration, di mana hal tersebut membuat daunnya menyerupai keju swiss.

Bunga janda bolong berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, merupakan tanaman tahunan tropis yang biasanya ditanam sebagai tanaman hias.

Seperti halnya spesies Monstera deliciosa,bunga ini cepat tumbuh dan tidak membutuhkan banyak perawatan yang rumit sehingga cocok untuk pemula.

Selain itu, tanaman hias ini juga dapat ditanam dalam rumah dengan menggunakan pot mini minimalis. Kamu bisa melihat katalog-katalog pot cantik dengan harga terjangkau dalam katalog grosir kami. Ada diskon untuk setiap pembelian grosir, lho!

Tabel Informasi

Nama BotaniMonstera adansonii
Nama yang umumPabrik keju Swiss, Adanson monstera, tanaman anggur keju Swiss, tanaman lima lubang
Jenis TanamanTropis
Ukuran DewasaTinggi 6–8 kaki (di dalam ruangan), lebar 1–3 kaki (di dalam ruangan)
Paparan MatahariMatahari penuh, teduh parsial
Jenis tanahTurf
PH tanahNetral sampai asam
Waktu MekarMusim semi (jangan mekar di dalam ruangan)
Warna Bungaputih
Zona Kekerasan10–12 (USDA) saat berada di luar ruangan
Area AsliAmerika Tengah, Amerika Selatan
ToksisitasBeracun untuk anjing dan kucing

Perawatan Bunga Janda Bolong

Bunga janda bolong adalah tanaman hias tropis yang memiliki akar udara yang tumbuh ke bawah dari batang. Akarnya menyangga tanah sehingga terlihat seperti tanaman merambat.

Monstera adansonii bunga hias

Di habitat alaminya, bunga ini menggunakan akarnya untuk melekat pada pohon dan tanaman berkayu sehingga tumbuh menjulang ke atas.

Ketika kamu memulai menanam bunga janda bolong, kamu perlu memerhatikan hal-hal berikut!

1. Cahaya

Janda bolong termasuk tanaman tropik sehingga paling baik ditanam di tempat yang teduh, tetapi cukup menerima cahaya.

Mereka terbiasa tumbuh subur di bawah naungan pohon besar di hutan, dan mungkin tidak dapat tumbuh dengan baik jika terkena terlalu banyak menerima sinar matahari secara langsung.

Jika sinar matahari langsung tidak dapat dihindari, batasi paparan sinar matahari hanya dua atau tiga jam di pagi hari. Salah satu tanda bahwa tanaman kamu kelebihan menerima cahaya adalah daun-daunnya yang menguning.

2. Media tanam

Media tanam yang paling cocok digunakan adalah tanah dengan kelembapan sedang. Kamu bisa menambahkan pupuk kompos sehingga tanaman dapat tumbuh lebih subur.

Selain ramah lingkungan, tindakan tersebut juga dapat mendukung pH tanah tetap terjaga dibandingkan kamu menggunakan pupuk organik sintesis.

Janda bolong tumbuh paling baik di tanah pot berbahan dasar gambut yang akan membantu memerangkap kelembapan di dalam tanah tanpa membuatnya tergenang air.

Untuk pertumbuhan bunga yang baik, targetkan tingkat pH tanah antara 5,5 dan 7,0, dan pilih pot dengan lubang drainase besar di dasarnya.

3. Air

Janda bolong menyukai lingkungan yang terjaga kelembapannya secara konsisten, tetapi juga tidak terlalu berair. Hal ini memang cukup rumit jika dipikirkan, tetapi sebetulnya cukup mudah diaplikasikan.

Kamu dapat dengan mudah menguji apakah bunga hias kamu membutuhkan air menggunakan trik yang mudah. 

Sebelum menyiram bunga janda bolong, tempelkan jari kamu ke tanah sedalam sekitar 3 cm. Jika tanah terasa hampir kering saat disentuh, inilah waktu yang tepat untuk menyirami tanaman.

Atau jika sesuai jadwal, jika di musim kering, kamu menyiramnya dua hingga tiga kali seminggu.

4. Suhu dan kelembapan

Janda bolong dapat tumbuh subur di lingkungan dengan kelembapan dan suhu tinggi, meskipun kedua faktor tersebut tetap harus dijaga.

Alasan tersebut juga menjadi latar belakang mengapa bunga hias satu ini banyak yang sukses ketika ditanam dalam ruang konservatori atau rumah kaca.

Pilih tempat di kamar mandi atau dapur yang cukup terang, hangat, dan lembap, dan sering-seringlah memeriksa tanaman. Selain itu, Kamu juga bisa meletakkan humidifier di dekat tanaman untuk menjaga kelembapan udara.

5. Pupuk

Setelah kamu meletakkan tanaman dalam pot atau menanam kembali janda bolong, tunggu setidaknya empat hingga enam bulan untuk memupuknya, karena tanah pot umum biasanya sudah memiliki campuran pupuk lepas lambat.

Setelah itu, beri pupuk tanaman janda bolong kamu setiap bulan, menggunakan pupuk cair yang sudah diencerkan setengahnya atau sesuai kebutuhan.

Kami menyarankan supaya pemberian pupuk tidak terlalu sering dan sebaiknya diencerkan lebih dulu dengan air. Namun, pemberian pupuk ini tergantung pada jenis yang kamu gunakan.

Memangkas janda bolong

Memangkas bunga mungkin perlu kamu lakukan, terutama jika tanaman dinilai telah berkembang pesat dan tidak terkendali. Apalagi jika kamu menanam bunga ini di ranting atau batang pohon.

Batang hasil pangkasan tersebut dapat kamu manfaatkan untuk pengembangbiakannya.

Jika kamu perlu memangkas tanaman, lakukanlah saat tanaman bersemi dengan membuang bagian atas serta daun yang mati atau rusak. Potong dekat batang utama untuk menghindari timbulnya kerusakan pada bagian tunggul batang.

Memperbanyak janda bolong

Memperbanyak tanaman atau mengembangbiakkan janda bolong tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Kamu hanya perlu memperhatikan bagian batang mana yang cocok digunakan.

Perbanyakan tanaman paling baik dilakukan dengan cara stek batang yang dibantu dengan hormon pertumbuhan akar. Pilihlah batang yang memiliki mata tunas. Tanam stek di media tanam dan jaga agar tetap hangat dan terlindungi sampai muncul pertumbuhan akar baru. 

Ingat, perlu waktu beberapa saat agar stek baru berakar, jadi bersabarlah dan simpan di tempat yang lembap dan hangat. 

Banyak tukang kebun meletakkan kantong plastik di atas stek mereka untuk menutup kelembapan dan meningkatkan peluang bertahan hidup.

Kamu juga dapat melakukan pembiakan akar ini dengan meletakkan batang janda bolong ke dalam air selama beberapa minggu. Pastikan bahwa hanya beberapa bagian bawah saja yang terendam dalam air. Setelah jaringan akar muncul, tanam stek di tanah pot.

Merepot tanaman janda bolong

menanam janda bolong

Kamu bisa merepot atau menyegarkan media tanam janda bolong sesuai kebutuhan untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Biasanya dilakukan cukup setahun sekali.

Hal ini mungkin dilakukan untuk menghindari kegagalan dalam campuran tanah yang bergizi untuk tanaman sehingga mengganggu pertumbuhan secara keseluruhan dalam jangka panjang.

Hama dan penyakit umum

Seperti banyak tanaman hias lain, bunga janda bolong mungkin dapat terserang hama umum, seperti kutu putih, tungau laba-laba, dan kutu kebul. Untungnya, hama ini jarang berakibat fatal dan dapat diobati dengan insektisida tidak beracun.

Selain itu, kamu harus memperhatikan tanda-tanda penyakit umum pada tanaman, seperti busuk akar, karat, embun tepung, dan hawar.

Langkah yang harus diambil ketika muncul tanda-tanda tersebut adalah memberikan penanganan sesuai gejalanya. Namun, jika kamu ragu, kamu dapat memberikan insektisida alami yang tidak membahayakan meskipun tidak mengetahui penyebabnya.

Apakah tanaman janda bolong beracun?

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengenai tanaman atau bunga di sekeliling kita yang ternyata beracun? Yah, janda bolong termasuk salah satu tanaman beracun khususnya untuk hewan kecil, seperti kucing dan anjing.

Alasan mengapa janda bolong beracun adalah karena kristal kalsium oksalat yang tidak larut ditemukan di semua bagian tanaman, termasuk daun, batang, dan akarnya. 

Meskipun jarang berakibat fatal, tetap penting untuk menghubungi dokter hewan jika hewan peliharaan kamu mengalami salah satu gejala di bawah ini setelah tidak sengaja memakan bunga kamu Adapun gejala keracunannya, antara lain:

  • Iritasi mulut
  • Air liur yang berlebihan
  • Kesulitan menelan
  • Mengais di mulut
  • Muntah

Kesimpulan

Sebetulnya, harga janda bolong termasuk terjangkau apabila kamu menjumpainya masih memiliki satu daun. Harga janda bolong akan meningkat apabila memiliki daun yang rimbun dan lebat.

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah daunnya dalam kondisi sehat. Misal, berwarna hijau segar, tidak memiliki bentol putih atau hitam, atau layu. Hal-hal tersebut dapat menjadi salah satu tanda tanaman tidak sehat.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

2 thoughts on “5 Tips Perawatan Janda Bolong Tanaman Hias Unik supaya Cepat Berdaun Banyak!”

Leave a Reply