11 Inspirasi Pohon Bonsai yang Bisa Anda Coba di Rumah

pohon bonsai

Pohon Bonsai, yang dalam bahasa Jepang berarti “trayplanted” adalah tanaman atau pohon kerdil yang hidup atau seni menumbuhkan dan membentuk tanaman dalam wadah.

Contoh pohon bonsai umumnya dari tumbuhan atau semak-semak yang bukan keturunan kerdil yang sengaja dibuat kerdil oleh teknik pembabatan akar dan batang, serta pembentukan batang yang dibatasi tali atau kawat.

Seni bonsai berasal dari China sekitar 1000 tahun lalu, di mana pohon masih dibudidayakan dalam talam, wadah kayu, atau pot gerabah sehingga tumbuh membentuk suatu keunikan bentuk yang alami.

Baca juga: Bunga dalam Rumah yang Mudah Ditanam

Namun, terlepas dari sejarah, bonsai banyak dikembangkan terutama oleh orang Jepang. Catatan Jepang pertama tentang bonsai adalah Kasuga-gongen-genki (1309), yang diabadikan dalam sebuah gulungan gambar oleh Takahina Takakane.

sejarah bonsai
Sejarah bonsai yang terekam sejarah

Jenis tanaman bonsai

Jenis pohon bonsai secara langsung dapat ditemukan secara alami. Tanaman yang tumbuh di celah-celah berbatu di pegunungan tinggi, atau yang menjorok ke tebing, akan tumbuh kerdil dan berbonggol sepanjang hidupnya.

Dalam Bonsai Japanese Prize, cabang yang menua dan karakter lapuk pada akar atas yang terbuka menjadi kualitas estetika yang terlihat membentuk konsep filosofi dari mutabilitas segala hal terhadap masa hidup pohon.

Pertumbuhan alami tersebut kemudian menjadi inspirasi tanaman bonsai yang mengilhami manusia sehingga dilakukan budidaya pohon bonsai secara mandiri. Berikut beberapa inspirasi gaya bonsai yang bisa Anda coba di rumah.

Baca juga: Media Tanam Keladi Liliput

1. Bonsai bunjin

Bonsai bunjin berasal dari frasa Jepang, bunjin-gi. Bonsai gaya bunjin sangat mengakar dengan budaya dan tradisi China, sehingga diketahui juga sebagai gaya “literati”.

pohon bonsai gaya bunjin
Bonsai bunjin yang memenangkan medali silver dalam acara penghargaan bonsai

Pohon bonsai gaya bunjin umumnya secara alami dapat terlihat di daerah pantai atau kawasan di mana pohon tumbuh bersaing dengan pohon lain yang telah mati atau ditebang untuk mendapatkan cahaya.

Secara karakteristik, terdapat garis-garis batang mengalir atau berkelok-kelok melalui beberapa kurva. Beberapa pohon tumbuh dengan cara ini seiring bertambahnya usia, seperti pinus Skotlandia.

pohon pinus skotlandia
Pohon pinus Skotlandia

2. Bonsai pulutan

bonsai pulutan

Pulutan (Urena lobata) adalah tumbuhan annual yang tumbuh tegak dengan tinggi 50 sampai 250 cm. Tumbuhan ini memiliki bunga warna ungu dengan bentuk mirip bunga sepatu.

Cara menanam tanaman bonsai pulutan cukup mudah tanpa harus sungkup dan dapat menggunakan media tanah biasa. Tanaman pulutan sendiri cukup mudah dijumpai di sawah atau wilayah dengan kondisi tanah tegalan.

tanaman pulutan
Bunga Urena lobata

3. Bonsai Ficus microcarpa

bonsai ficus microcarpa
Gaya bonsai Ficus microcarpa

Ficus microcarpa, juga dikenal sebagai banyan Malaya, banyan China, gajumaru, pohon salam India, atau tirai daun ara. Pohon ini termasuk dalam keluarga Ara Moraceae.

Bonsai Ficus microcarpa merupakan jenis gaya bonsai yang sering dijumpai sebagai furnitur rumah. Gaya bonsai Ficus microcarpa juga cukup mudah ditanam di dalam rumah dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

Baca juga: Jenis-Jenis Urban Farming

4. Bonsai Flacourtia rukam

pohon bonsai rukam

Flacourtia rukam adalah tanaman buah-buahan asli Nusantara dari keluarga Sulicaceae. Tanaman ini juga dibudidayakan untuk diambil buahnya.

Nama pasar yang umum lebih dikenal untuk menyebut buah ini termasuk rukam, plum gubernur, prem India, plum India. Spesies ini dapat tumbuh dengan ketinggian 5 hingga 15 meter.

5. Bonsai Kimeng on the Rock

Bonsai Kimeng on the Rock adalah bonsai dari beringin kimeng (Ficus microcarpa) yang juga dikenal sebagai Bonsai Kimeng. Selain dijadikan sebagai tanaman hias, pohon kimeng rupanya juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Pohon ini berasal dari Sri Lanka, kemudian ke India hingga Kepulauan Melayu.

pohon bonsai beringin kimeng

Letak keunikan Bonsai Kimeng ada pada pembentukan akar di mana pembelahan biasa dilakukan secara sengaja apabila diperlukan.

6. Bonsai Lantana

Bonsai lantana berasal dari pohon tembelekan atau saliara, yaitu jenis tanaman asli Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tanaman ini tumbuh di wilayah tropis dan biasanya memiliki bunga tumbuh bergerombol berwarna cerah.

bonsai lantana

Tanaman saliara memiliki bunga yang bervariasi warna dalam satu pohon sehingga cukup indah dan unik ketika dijadikan sebagai inspirasi gaya bonsai.

7. Bonsai Murbei

Seperti namanya, bonsai murbei berasal dari tanaman mulberry atau murbei. Tanaman ini merupakan genus bunga dari keluarga Moraceae. Di Jawa, buahnya lebih dikenal dengan sebutan besaran atau blackberry.

bonsai murbei

Pohon bonsai murbei adalah salah satu jenis tanaman bonsai yang cukup unik karena ia tetap dapat berbuah walau tumbuh dalam keadaan kerdil. Buah-buahan yang matang tampak membuat pohon bonsai ini semakin memikat untuk dilihat.

8. Bonsai Sancang Mame

Pohon bonsai sancang mame merupakan jenis bonsai tanaman liar yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman ini memiliki daun hijau tebal yang mengkilat serta agak lebar dengan ukuran mencapai 7 hingga 15 cm.

Pohon bonsai sancang mame dapat tumbuh dengan mudah di media tanah biasa dan perawatan yang diberikan juga tidak rumit. Selain itu, bonsai sancang dapat diaplikasikan di media tanam agak berbatu sehingga Anda dapat membuat gaya bonsai on the rock layaknya miniatur.

9. Bonsai palem

bonsai palem

Pohon bonsai palem merupakan tanaman bonsai yang berasal dari keluarga yang sama dengan bonsai pohon kelapa. Pohon palem umumnya dapat dijumpai di daerah pantai sehingga terbiasa tumbuh dengan paparan sinar matahari langsung.

Pohon bonsai palem tidak memiliki cukup cabang untuk dipangkas. Pertumbuhan akarnya cukup masif sehingga tidak memungkinkan untuk menempatkannya dalam wadah atau pot dangkal.

bonsai palem

Dalam menanam pohon bonsai kelapa atau palem, yang perlu Anda perhatikan adalah jumlah paparan sinar matahari cukup dan kelembapannya terjaga.

Selain itu, hindari pemberian pupuk dan penyiraman berlebihan dengan menyesuaikan jumlah kebutuhan berdasarkan kondisi basah tidaknya media tanam.

10. Bonsai Boxus

bonsai boxus

Bonsai Boxus (Inggris: Buxus) adalah jenis pohon bonsai dari salah satu 70 genus Buxaceae yang juga dikenal sebagai boxwood. Pohon Buxus merupakan tanaman asli Eropa Barat dan Timur, Asia, Afrika, Madagaskar, Amerika Tengah, dan Meksiko.

Pohon Buxwood merupakan jenis semak cemara yang tumbuh lambat dan memiliki ketinggian 2 hingga 12 m. Bentuk daunnya membulat hingga lanset dan kasar, memiliki bunga kecil berwarna kuning kehijauan.

bonsai buxus

Spesies Buxus dapat diaplikasikan sebagai jenis pohon bonsai yang menarik karena ia mampu membentuk akar menggelembung dengan tambahan bunga warna-warni saat dewasa.

11. Bonsai Juniper procumbens

bonsai juniper

Pohon bonsai Juniper procumbens adalah jenis semak cemara dari keluarga Cupressaceae. Pohon asli dari Jepang ini termasuk jenis tanaman pertumbuhan lambat yang sering disebut sebagai tanaman konifer evergreen.

Pohon bonsai Juniper bukan termasuk bonsai yang dapat diletakkan dalam rumah karena ia membutuh pencahayaan matahari penuh yang hampir setiap hari.

Itulah beberapa ide pohon bonsai yang dapat Anda coba di rumah. Beberapa jenis pohon bonsai dapat ditemukan sebagai tanaman liar sehingga Anda tidak perlu membeli, tetapi cukup membuatnya.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Anda bisa belajar cara menanam dan merawat anggrek, serta tanaman hias lain sekaligus melakukan jual beli dengan aman bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot. Anda juga dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa Anda lihat di Katalog Angpot.

1 thought on “11 Inspirasi Pohon Bonsai yang Bisa Anda Coba di Rumah”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *