Apakah produk UMKM bisa masuk dan bersaing dengan produk-produk branded di minimarket retail terkenal, seperti Indomaret dan Alfamart? Bagaimana cara memasukkan produk ke Indomaret dan gerai yang sejenis?

Di Indonesia, cabang minimarket retail, terutama Indomaret sudah mencapai lebih dari 10.000 yang tersebar di berbagai wilayah, bahkan hingga pelosok kota. Tentunya hal ini menjadi sebuah kesempatan tersendiri untuk bisa mengenalkan produk dan menjangkau konsumen lebih luas.

Selain itu, kamu juga dapat lebih leluasa dalam mengevaluasi perkembangan usaha produk kamu karena sistem retail yang sudah terintegrasi mulai dari pemasok (supplier), distributor, dan gudang pengiriman.

Konsumen cenderung memilih membeli barang ke Indomaret atau Alfamart karena telah memiliki gambaran jelas mengenai harga dan sesuai dengan perkiraan budget yang dimiliki.

Dengan kata lain, orang-orang tidak akan ragu untuk membeli barang karena sistem pelayanan dan standar harga sudah sesuai dan beberapa faktor lain yang membuat masyarakat lebih memilih belanja di minimarket.

Bukankah hal tersebut menjadi peluang lebih untuk bisa memasarkan target konsumen yang lebih luas? Ditambah jaringan retail Indomaret yang luas akan memudahkan distribusi produk kamu di berbagai kota.

Namun, Bisakah produk UMKM lokal masuk dan berjejer di etalase modern Indomaret? Bisa, asal kamu tahu cara memasukkan produk ke Indomaret.

Cara memasukkan produk ke Indomaret, khususnya bagi UMKM adalah dengan memenuhi 6 persyaratan utama dalam beberapa segmen produk dan pemasaran berikut:

Bagaimana cara memasukkan barang ke Indomaret?

Cara memasukkan produk ke Indomaret

Ada beberapa gambaran di mana kamu harus menilai apakah produk yang kamu miliki memenuhi persyaratan untuk bisa masuk Indomaret. Secara garis besar, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut berkaitan dengan produk yang kamu miliki.

1. Memiliki segmen pasar

Beberapa persyaratan utama agar sebuah produk dapat masuk etalase Indomaret adalah memiliki target market/segmen Indomaret. Artinya, barang yang kamu jual benar-benar dibutuhkan oleh pembeli.

Dengan kata lain, kamu menyebutnya sebagai produk kategori convenience goods, yakni barang yang umumnya sering dibeli pelanggan atau memiliki frekuensi penjualan yang tinggi, sering dibutuhkan, dan tidak membutuhkan pertimbangan lebih untuk membelinya. Misalnya, alat-alat yang dibutuhkan sehari-hari, seperti sabun mandi, sabun cuci, kosmetik, pasta gigi, dan sebagainya.

Jika kamu bertanya apakah produk kamu memiliki segmen pasar Indomaret? Kamu bisa menganalisis dengan melihat apakah ada produk sejenis dengan produk yang kamu miliki. Jika ada, artinya produk kamu telah memenuhi syarat ini.

2. Produk memiliki value dan keunikan

Syarat yang paling menentukan sebuah produk dapat masuk etalase Indomaret adalah produk tersebut memiliki nilai dan keunikan jika dibandingkan dengan produk lain. Mungkin produk kamu sejenis, tetapi Masyarakat akan cenderung memilih produk kamu jika sesuai dengan selera mereka.

Keunikan inilah yang akan memberikan value kepada produk kamu. Kamu bisa menentukan, dari segi apakah produk saya bisa bersaing dengan produk yang sudah ada? Oleh karena itu, keahlian branding produk sangat diperlukan untuk menunjang hal ini.

Selain itu, produk yang kamu miliki setidaknya juga harus memiliki kemasan yang rapi, modern, dan higienis. Ketiga persyaratan inilah yang juga menjadi acuan dalam seleksi produk Indomaret. Persyaratan ini telah dicantumkan dalam website resmi Indomaret untuk persyaratan supplier yang ingin menjadi pemasok.

3. Produk memiliki harga dan kualitas kompetitif

Persyaratan ini mutlak dan berkaitan dengan poin yang kedua. Kamu pasti melihat bahwa harga barang-barang sejenis di Indomaret memiliki harga yang hampir sama. Berbeda pun pasti tidak memiliki selisih yang terlampau jauh.

Itulah mengapa, saat kamu berniat memasukkan produk ke Indomaret, analisis lah, apakah harga yang kamu patok untuk produk kamu bisa bersaing dengan produk lain? Dan perlu diingat bahwa masyarakat rata-rata akan memiliki produk yang baik dengan harga terjangkau.

Meskipun kamu memberikan harga yang mungkin lebih murah, pastikan kualitas produk kamu tetap high class, atau setidaknya sesuai dengan kompetitor produk kamu. Kamu juga bisa menawarkan produk yang lebih menarik dengan harga lebih terjangkau.

4. Distribusi produk terintegrasi

Gerai Indomaret yang telah tersebar di berbagai wilayah pasti akan menuntut sistem distribusi produk yang terintegrasi. Bahkan, Indomaret telah memiliki sistem otomatis untuk memperkirakan (estimasi) order barang saat akan habis.

Oleh karena itu, setidaknya kamu harus memiliki distributor yang siap mendistribusi produk kamu. Terlebih jika kamu ingin memasuki market skala nasional.

Kamu juga memiliki kewajiban untuk memenuhi tiga komitmen sebelum memasukkan produk ke Indomaret, yaitu antara lain pemenuhan order, jadwal pengiriman, dan sistem pembayaran.

Artinya, kamu harus mempersiapkan segala kebutuhan untuk distribusi produk secara berkala dan setiap saat dibutuhkan. Kamu pasti pernah melihat truk besar yang membawa stok Roti S*ri Roti, bukan? Itulah salah satu persiapan distribusi yang harus kamu penuhi sebelum memasukkan produk ke Indomaret.

5. Memiliki marketing plan yang jelas

Syarat ini juga termasuk dalam salah satu yang dicanangkan dalam persyaratan di situs resmi Indomaret. Saat kamu akan memasukkan produk ke Indomaret, pastikan produk kamu memiliki marketing plan yang jelas.

Marketing plan atau rencana pemasaran ini termasuk promosi untuk meningkatkan branding suatu produk. Jika kamu telah memiliki budget lebih, hal ini jelas bisa kamu lakukan. Promosi ini dapat dilakukan di berbagai iklan media, termasuk televisi, atau yang lebih digital adalah iklan dari google, youtube, facebook, instagram, dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga harus bersedia untuk melakukan evaluasi penjualan produk. Hal ini penting dilakukan untuk menentukan apakah strategi pemasaran dan produk kamu benar-benar sesuai dengan target pasar.

6. Produk memiliki izin edar

Syarat ini termasuk syarat utama untuk sebuah produk dapat masuk dalam etalase Indomaret. Tidak mungkin sebuah produk tidak berizin dapat lolos seleksi produk Indomaret.

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan terkait izin edar ini adalah sebagai berikut:

  • Produsen dan distributor tertera di kemasan
  • Terdapat ukuran berat (mg/kg) dan atau volume (mL/Liter)
  • Nomor registrasi dari BPOM Indonesia
  • Tanggal pembuatan dan kedaluwarsa
  • Keterangan halal untuk produk makanan
  • Barcode

Barcode peting untuk dicantumkan karena scan produk di Indomaret untuk memeriksa ID produk. Selain otomatisasi produk, hal ini juga dapat mengoordinasi keluar masuk barang secara terstruktur.

Izin standar dan legalitas perusahaan biasanya juga diperlukan untuk memasukkan sebuah produk ke Indomaret. Oleh karena itu, pastikan kamu telah mem-branding produk kamu dan memiliki naungan badan usaha secara resmi sebelum mendaftarkan produk mitra Indomaret.

Jika semua persyaratan telah terpenuhi, kamu bisa mendaftar menjadi mitra pemasok Indomaret di form berikut ini!

Indomaret Official – Formulir Penawaran Produk Online

Bila produk kamu belum memiliki izin edar resmi dan label halal MUI, maka alangkah baiknya kamu mempersiapkan lebih dahulu. Selain itu, kejelasan produsen juga harus dipertimbangkan, mengingat beberapa merek yang ada di Indomaret berasal dari perusahaan yang memiliki legalitas jelas.

Ketentuan tersebut berlaku untuk jenis barang makanan dan non makanan. Setelah semua legalitas dan kredibilitas produk serta nama produsen kamu dan barang yang kamu tawarkan jelas dan memiliki potensi, maka sebuah kesempatan akan menjadi peluang kamu untuk menjangkau pelanggan secara nasional perlahan akan berkembang.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.