3 Cara Menanam Anggrek dari Biji Tanpa Sterilisasi

cara menanam anggrek dari biji

Ada beberapa cara menanam anggrek dari biji, biasanya dibiakkan dengan menggunakan teknik subkultur atau dengan teknik sterilisasi yang membutuhkan keahlian tertentu. Namun, kami mencoba beberapa cara menanam anggrek dari biji bagi pemula terkait pengalaman kami sebelumnya.

Beberapa waktu lalu, kami memutuskan untuk mencoba membeli bibit anggrek dari biji karena harganya cukup terjangkau. Sebelum itu, kami sama sekali tidak sampai berpikir pada pertanyaan, apakah mudah menyemai bibit anggrek dari biji? Kami hanya mencobanya.

Ditambah untuk membiakkan dan menanam anggrek dari biji secara alami itu memiliki tantangan sendiri, yakni media tanam dan enkas tang benar-benar harus steril.

Ketika menyemai biji anggrek menjadi bibit, jawaban untuk keberhasilannya adalah berdasarkan keberuntungan. Bagi pemula, kami rasa cara menanam anggrek dari biji, menyemai bibit anggrek hingga tumbuh itu gampang-gampang susah.

cara menanam anggrek bulan dari biji
Cara Menanam anggrek bulan dari biji

Ada banyak hal yang harus diperhatikan seperti media tanam, suhu, kelembapan, cara perawatan anggrek, penyemprotan, dan banyak hal. Ditambah sewaktu barang datang, hanya ada biji-bijian saja, tanpa ada catatan atau instruksi cara menanam biji anggrek tersebut.

Baca juga: Kenapa Daun Anggrek Menguning?

Akhirnya, kami belajar sendiri dengan mencari buku seputar anggrek di perpustakaan daerah, kemudian terkadang browsing. 

Sayangnya, informasi yang tersedia di internet terkesan random, banyak cara, hingga membuat saya bingung, mana yang paling tepat mengenai metode cara menanam biji anggrek hingga menyemai biji anggrek bisa berkecambah.

Dan yang paling sulit kami rasa adalah proses sterilisasi yang membutuhkan banyak ketelitian dan bahan kimia tertentu, proses pergantian media, dan juga tempat penyimpanan untuk bibit anggrek botol.

Hal itulah yang membuat kami berdecak heran, sesulit itukah? Akhirnya, kami coba saja cara random, menggunakan media seadanya, tanpa banyak bahan, seperti yang kami lihat di beberapa contoh praktik di Internet.

Dan percobaan kami pertama kali untuk eksperimen cara menanam anggrek dari biji ini adalah anggrek bulan, Phalaenopsis sp.

Cara menanam anggrek dari biji hingga cara menyemainya

Cara ini memiliki potensi biji anggrek berkecambah cukup berisiko dan mungkin tingkat persentase keberhasilannya sangat sedikit. Yang perlu kita cermati dengan metode ini hanyalah pengaturan kelembapan, curah waktu penyinaran oleh cahaya matahari, serta penyemprotan.

Cara Semai Biji Anggrek secara Alami
Cara Semai Biji Anggrek secara Alami

Ada beberapa hal yang memang menjadi perhatian dalam menanam anggrek dari biji ini. Hal ini tidak boleh Anda kesampingkan. Jika tidak, maka biji anggrek akan rentan mati.

1. Cara menanam anggrek dari biji dalam botol

Sebetulnya, ada teknik lain dari cara menanam anggrek dari biji yang mungkin Anda sudah pernah tahu. Namun, kami tengah mencobanya sendiri mengingat beberapa kali juga memesan stok bibit botol anggrek.

Bagaimana caranya? Cara menanam anggrek dari biji dalam botol adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan botol yang hendak digunakan untuk memasukkan media tanam dan biji anggrek
  2. Siapkan agar-agar yang akan digunakan sebagai media taman untuk menyemai biji anggrek, cukup ditabur di atas agar di dalam botol yang telah diberikan beberapa bahan penumbuh. Pati dalam agar-agar cukup sebagai makanan dalam pertumbuhan endosperma biji.
  3. Masak botol-botol yang ingin digunakan dalam air mendidih untuk menyeterilkan.
  4. Saat agar telah masak, masukkan dalam botol, tutup.
  5. Biarkan selama tiga hari dalam tempat teduh dan terhindar dari air. Pastikan botol kedap udara supaya tidak ada bakteri atau jamur yang masuk. Biasanya, kami menggunakan penutup botol yang terbuat dari karet.
  6. Setelah tiga hari, masukkan biji anggrek dari bakal buah yang telah Anda keringkan dan pastikan pula bakal buah telah cukup tua.

Biasanya, alasan mengapa biji anggrek tidak tumbuh karena tidak dilakukan pengeringan, gagal dalam menjaga temperatur, adanya bakteri dan jamur, dan beberapa faktor lain.

Pengeringan biji juga dilakukan pada suhu yang pas dan biji tidak terlalu kering sehingga tidak kehilangan kadar air terlalu drastis.

2. Cara menanam anggrek dari biji secara alami

Apakah menanam anggrek dari biji memang hanya perlu ditaburkan saja? Ya, hanya perlu Anda taburkan di medianya saja jika cara semai biji anggrek yang Anda gunakan ingin yang sederhana.

Namun, tidak sembarang media. Media yang paling cocok adalah humus hitam. Atau Anda bisa gunakan Mizukoke, yakni semacam lumut yang diambil dari gunung kemudian dikeringkan.

Mizukoke
Mizukoke

Sebelum Anda taruh biji anggrek tersebut, Anda siapkan wadah untuk mizukoke, bisa plastik atau beruba nampan kecil. Anda semprot sedikit dengan air, maka mizukoke akan tampak lebih lembap dan mengembang. Setelah itu, Anda bisa menebar biji anggrek di media tersebut.

3. Cara menanam anggrek dari biji dengan media sabut kelapa

Cara menanam anggrek dari biji dengan media sabut kelapa memang yang paling umum dijumpai dalam masyarakat. Lalu, apakah menyemai biji anggrek menggunakan sabut kelapa itu susah? Iya, yang namanya menyemai biji anggrek itu tidak gampang, tetapi bisa.

Namun, kami lebih menyarankan apabila kamu menanam bibit anggrek dari seedling apabila menggunakan media tanam sabut kelapa.

Yang Anda perlukan adalah sabut kelapa tua dan cacahan daun pakis sebagai humus. Taruh cacahan pakis sebagai alas di sebuah pot kecil, kemudian bagian atas taruhnya serutan sabut kelapa.

Sebelum biji anggrek ditabur, Anda siram media tersebut dengan air desinfektan dengan kadar yang tidak terlalu tinggi.

Biarkan sejenak! Bila bau desinfektan sudah agak menghilang, taburkan biji anggrek secara random. Letakkan di tempat yang teduh, tetapi masih mendapat penyinaran matahari yang cukup, tidak terlalu panas.

Perawatan selama menyemai biji anggrek

Usahakan tempatnya teduh dan tidak terlalu lama disinari matahari. Pembasahan media dilakukan dengan penyemprotan, jangan disiram atau di-gambyor. Jangan terlalu banyak menyentuh media, hal ini bisa menyebabkan bakteri tumbuh.

Ada yang bilang, media yang paling baik digunakan adalah menggunakan pati. Ya, benar. Biji anggrek yang tidak dilengkapi dengan endosperma yang berupa zat makanan (tepung, protein, dan lemak) untuk menunjang pertumbuhannya.

Jadi, untuk menumbuhkannya, diperlukan tabung gelas khusus yang terbuat dari bahan mengandung makanan, seperti pati dan agar-agar. Sayangnya, media ini rentan mengundang pertumbuhan bakteri, sehingga tidak direkomendasikan untuk digunakan.

Jika memang ingin menggunakannya, maka ruangan serta media harus dipastikan steril dari bakteri. Mengapa? Sebab pertumbuhan bakteri dapat menyebabkan biji anggrek tersebut mati.

Di habitat aslinya, biji anggrek memang bisa tumbuh baik karena di akar anggrek dewasa, terdapat sejenis fungi bakteri simbiotik yang dapat membantu pertumbuhan anggrek. Jika biji anggrek terjatuh di atas jamur ini, maka biji anggrek dapat tumbuh karena menyerap makanan dari jamur itu untuk membantu pertumbuhannya.

Tips ketika menanam anggrek dari biji

Jika Anda hanya bisa menanam anggrek menggunakan sabut kelapa, saya menyarankan untuk menaburkannya langsung dengan tanaman anggrek yang telah tumbuh. Taburkan di sela-sela akar tanaman anggrek yang sudah dewasa.

Hal ini dikarenakan akar anggrek bersimbiosis dengan bakteri baik untuk menyokong pertumbuhannya, sehingga dapat menguntungkan pertumbuhan biji anggrek.

Cara menanam biji anggrek
Akar anggrek sudah secara alami bersimbiosis dengan bakteri penghasil makanan (pati)

Tidak perlu repot menggunakan sterilisasi seperti laboratorium untuk menyemai biji anggrek. Media yang umum seperti sabut kelapa pun bisa menjadi pilihan. Intinya, Anda hanya harus bisa memperhatikan bagaimana perkembangannya setiap saat.

Cara menanam anggrek dari biji sebenarnya memiliki beberapa cara. Namun, menanam anggrek dari biji yang paling terkenal adalah metode sembarang, karena orang cenderung suka yang simpel.

Baca Juga: Cara Menanam Bibit Anggrek dari Batangnya yang Telah Mati

Faktor penyinaran, penyemprotan, dan kelembaban menjadi pengaruh utama dalam menumbuhkan biji anggrek tersebut. Seputar Anakan Anggrek Sebetulnya, anggrek adalah jenis yang mudah dibiakkan.

Namun, tentunya dengan cara yang tepat. Pernah suatu kali, ibu saya – yang karena masih awam – berniat memindahkan anakan anggrek. Akan tetapi, justru malah mati. Kenapa? Setelah ditelisik, tanaman anggrek memang tidak bisa disentuh terlalu banyak, istilahnya dalam bahasa Jawa “dimek-mek.

Anda bisa dengan mudah mengembangbiakkan anggrek dengan cara membelah atau memisahkan anakan dari akar induknya. Jadi, tidak perlu repot-repot mengembangbiakkan dari biji.

Jadi, kalau Anda tidak berpengalaman dan tidak paham bagaimana menanam biji anggrek, menyemai biji anggrek dari awal, Anda hanya orang awam dan yang perlu Anda lakukan hanya terus belajar.

Saran kami tentang semai biji anggrek

Kami tidak menyarankan untuk menanam anggrek dari bijinya. Lebih baik Anda menganakkan anggrek dari tunas yang tumbuh di indukan anggrek. Mengapa? Tentu saja karena menumbuhkan biji anggrek itu lebih susah dan lebih lama.

Apabila Anda menjumpai di internet yang menawarkan biji anggrek dengan harga murah, jangan cepat tergiur untuk membelinya. Kami sendiri tidak akan dan tidak tertarik untuk membelinya lagi setelah pengalaman selama ini.

Saat artikel ini ditulis, Kami belum punya cukup keahlian yang memadai dan sarana yang tidak mencukupi. Lebih baik, membeli anggrek yang berupa tanaman yang sudah cukup besar. Walau harganya agak lebih mahal, tetapi akan lebih gampang untuk memeliharanya.

Kematian yang rentan juga menghantui biji anggrek tidak tumbuh. Jadi, bukankah lebih baik untuk membeli anakan anggrek yang sudah cukup besar? Bibit anggrek remaja memang agak mahal, tetapi pemeliharaannya lebih mudah. Pertumbuhannya juga lebih cepat.

Salam sukses, Angphotorion!

Salam Angphot! Kamu bisa belajar bersama kami dalam link whatsapp Angphotorion dan Channel Telegram Angphot untuk belajar cara menanam dan merawat anggrek dan tanaman hias lain bersama sekaligus melakukan jual beli dengan aman. Kamu dapat mengajukan pertanyaan serta berkonsultasi gratis bersama kami.

Kami juga menyediakan kesempatan sebagai reseller dan mitra dalam naungan Angphotorion. Selengkapnya lihat ketentuan dalam halaman kami. Katalog anggrek, aglonema, produk makanan sehat dan hidroponik, buku, serta karya kreatif bisa kamu lihat di Katalog Angpot.

2 thoughts on “3 Cara Menanam Anggrek dari Biji Tanpa Sterilisasi”

    1. Media tanam anggrek yang disarankan adalah bahan-bahan layang, seperti sabut kelapa atau sekam. Dan anggrek bukan ditanam di tanah, ya kak, kecuali untuk jenis anggrek tanah.

Leave a Reply